Cara Meraih Kebebasan Finansial

4 menit


33
33 upvote
Cara Meraih Kebebasan Finansial 1

Setiap kali mendengar istilah “Kebebasan Finansial”, yang tergambar dalam benak setiap orang hampir selalu kekayaan yang berlimpah ruah dan tidak habis dimakan tujuh turunan. Pendapat tersebut memang tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Lantas apa yang dimaksud dengan kebebasan Finansial?

Arti Kebebasan Finansial

Istilah “Kebebasan Finansial” sendiri, memiliki banyak sekali arti. Seorang motivator keuangan kondang, Robert T. Kiyosaki lewat buku best sellernya yang berjudul “Rich Dad Poor Dad” mengatakan bahwa kebebasan finansial adalah kondisi dimana penghasilan pasif yang dimiliki seseorang lebih besar dibandingkan dengan pengeluarannya.

Pendapatan pasif yang dimaksud adalah pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja dan bersusahpayah, seperti bunga bank, laba bisnis, royalty, peningkatan harga investasi property dan sebagainya.

Pendapat yang berbeda namun hampir sama tentang “Kebebasan Finansial” disampaikan oleh Ligwina Hananto. Menurut Finansial Planner dari QM Financial ini, seseorang dapat dikatakan telah mencapai kebebasan finansial jika dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sudah tidak dengan bekerja aktif.

Hal ini disebabkan karena orang tersebut memiliki aset aktif sebagai sumber penghasilan yang nilainya lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran rutinnya serta pengeluaran untuk mencukupi tujuan finansialnya. Aset aktif inilah yang bekerja dan menjadi pabrik uang bagi si pemilik.

Dengan berpijak pada 2 pendapat tersebut di atas, serta merujuk pada pendapat-pendapat para ahli keuangan, dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat dikatakan telah mencapai kebebasan finansial bukan karena orang tersebut memiliki uang dalam jumlah yang banyak, melainkan uang yang dia miliki dapat menjadi mesin pencetak uang bagi pemiliknya.

Baca juga  Gaji Cepat Habis? Baca Tips Keuangan Ini!

Kebebasan finansial yang sesungguhnya adalah jika seseorang sudah tidak lagi merasa wajib untuk bekerja dan tidak dituntut untuk mengumpulkan uang lewat aktifitas fisiknya. Orang-orang yang telah mencapai kebebasan finansial ini kalaupun bekerja, sekedar untuk mengisi waktu atau mencari hiburan. Sehingga bekerja bukan lagi suatu beban melainkan telah menjadi aktifitas untuk memperoleh kesenangan.

Cara Meraih Kebebasan Finansial

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan kebebasan finansial, saatnya bagi kita untuk tahu lebih jauh tentang bagaimana cara meraih kebebasan finansial tersebut. Cara inipun juga berbagai macam dan berbagai versi serta dapat ditempuh dengan berbagai macam jalan. Berikut beberapa tips untuk meraih kebebasan finansial.

Tetapkan Tujuan Hidup

Tetapkan Tujuan Hidup

Menetapkan tujuan hidup ibarat membuat peta lokasi yang akan membantu Anda dalam menapaki kehidupan. Sebagaimana halnya peta lokasi, semakin jelas dan terperinci sebuah peta, akan membuat Anda lebih mudah dalam mencapai lokasi yang dituju.

Cara Meraih Kebebasan Finansial 3

Begitu juga dengan peta kehidupan, harus tergambar jelas dalam benak Anda seperti apa tujuan hidup yang ingin Anda capai, dalam hal ini tujuan finansial. Tetapkan secara spesifik, seberapa besar harta kekayaan yang harus Anda miliki untuk dapat mencapai kebebasan finansial.

Agar peta finansial yang Anda buat dapat lebih jelas, terukur dan terperinci, jangan hanya ditulis dalam angan-angan saja, tapi siapkan kertas dan pena, kemudian tuliskan harapan finansial yang ingin Anda capai dalam kurun waktu tertentu, catat pula gaya hidup Anda dan tegaskaan dalam catatan tersebut: pada usia berapa kemandirian finansial dapat Anda capai.

Semakin spesifik catatan yang Anda buat, akan semakin tinggi kemungkinan untuk dapat merealisasikannya, karena cara ini selain mensugesti alam bawah sadar untuk membantu Anda dalam mencapai apa yang diharapkan juga menjadi pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga  6 Cryptocurrency Paling Populer

 

Buat Rencana & Strategi untuk Mencapainya

Buat Rencana dan Strategi untuk Mencapainya

Rencanakan dengan cermat keuangan Anda dimasa mendatang. Setiap kali membeli sesuatu dengan nilai yang besar, cobalah untuk berhitung seberapa tinggi nilai dari sesuatu yang Anda beli tersebut di masa yang akan datang.

Sebagai contoh, dengan besar uang yang sama, Anda bisa memilih, apakah akan membeli tanah atau membeli mobil. Pada saat sekarang, keduanya memang memiliki harga yang sama Tapi ketika dijual sepuluh tahun kemudian, harga keduanya bisa dipastikan akan berbeda. Harga tanah kemungkinan akan melambung hingga sepuluh kali lipat sementara harga mobil akan turun dengan nilai yang sama.

Membuat rencana artinya juga menekan kebiasaan konsumtif. Di jaman sekarang, mengurangi kebiasaan konsumtif bukan sesuatu yang mudah. Namun, jika Anda terbiasa untuk berpikir ulang setiap kali mau membelanjakan uang, maka Anda akan jadi terbiasa dalam mengendalikan pengeluaran.

Dampaknya, rencana untuk mewujudkan kebebasan finansial akan lebih mudah dicapai, tinggal bagaimana mengatur strategi untuk mengalihkan dana yang didapat dari pengendalian pengeluaran tersebut menjadi sebuah investasi.

 

Cari Pemasukan Tambahan

Cari Pemasukan Tambahan

Jika Gaji Anda hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, bukan berarti Anda tidak  bisa mencapai kebebasan finansial. Caranya, tentu saja berusaha mencari tambahan penghasilan di luar gaji rutin. Penghasilan tambahan bisa diperoleh dengan berbagai macam cara (tentunya dari sumber yang halal).

Namun cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan hobi. Nimati dan tekuni hobi hingga Anda benar-benar menguasai bidang yang Anda sukai tersebut. Kemudian asah kepekaan terhadap lingkungan untuk menangkap setiap peluang yang ada di sekitar. Semakin sering Anda mengasahnya, maka semakin cepat pula Anda menangkap serta memanfaatkan peluang yang ada.

Jangan lupa, tujuan mencari tambahan penghasilan tersebut bukan untuk memperbesar pengeluaran Anda dan keluarga, tapi untuk dijadikan investasi atau setidaknya untuk dijadikan dana talangan.

Baca juga  5 Aplikasi yang Bakal Bikin Kamu Jadi Lebih Hemat

 

Memiliki Dana Talangan

Memiliki Dana Talangan

Memiliki dana talangan merupakan suatu keharusan, karena kita tidak pernah bisa menebak apa yang bakal terjadi di masa yang akan datang. Fungsi dana talangan ini semacam dana darurat yang dapat dimanfaaatkan untuk situasi dan kondisi yang mendesak, misalnya saat tertimpah musibah, harus menjalani rawat inap di rumah sakit, dan sebagainya.

Selain itu dana talangan juga berfungsi untuk persiapan jika sewaktu-waktu Anda kehilangan sumber penghasilan utama. Karena itu sangat disarankan dana talangan ini besarnya 3 kali lipat dari penghasil rutin bulanan.

Sehingga jika Anda sewaktu-waktu kehilangan sumber penghasilan, maka masih ada waktu 3 bulan bagi Anda untuk mencari sumber penghasilan baru dengan tanpa mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Apalagi sampai berhutang.

 

Hindari Hutang Perbanyak Investasi

Hindari Hutang Perbanyak Investasi

Hutang sekecil apapun akan membuat Anda tidak pernah merasa tenang dalam menjalani hidup, apalagi jika hutang tersebut berbunga, selain tidak tenang, Anda juga membuang uang dengan sia-sia.

Jika hidup sudah tidak tenang, pekerjaan pun sedikit banyak akan terganggu, dan kepekaan Anda dalam menangkap peluang usaha juga berkurang, yang akan disusul dengan berkurangnya penghasilan.

Selain menahan diri agar tidak berhutang, budayakan pola hidup sederhana, agar senantiasa ada uang untuk disimpan, dan simpanan tersebut bisa dijadikan modal untuk membangun usaha baru dan berinvestasi.

Dengan memiliki banyak usaha, sumber penghasilan Anda akan bertambah dan dengan memiliki investasi dalam bentuk apapun, Anda akan memiliki jaring pengaman bagi masa depan Anda dan keluarga. Sehingga  “Kebebasan Finansial” bisa Anda capai. 

Itulah 5 cara yang dapat Anda praktikkan untuk mencapai kebasan finansial.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

33
33 upvote
aguskurniawan

Legend