Food   

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik

6 menit


15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 1

Beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo memberikan pengumuman secara resmi bahwa Ibukota baru akan dipindahkan ke kawasan Kutai Kartanegara. Tentunya kalian telah mengetahui bahwa kawasan ini, berada di Kalimantan Timur yang mana terkenal dengan berbagai destinasi wisata menarik. Tak hanya itu, ada banyak makanan khas Kalimantan Timur yang pastinya khas dan nikmat.

Kamu bisa menemukan berbagai kuliner Kaltim mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga jajanan dengan cita rasa yang unik. Untuk itu, bagi kamu yang ingin berwisata kuliner di Kalimantan Timur, 15 kuliner khas ini wajib banget dicoba. Mau tau apa saja kuliner Kaltim tersebut? Yuk, cek ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Ayam Cincane

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 3

Ketika mendengar namanya tentu kalian akan dibuat penasaran dengan olahan ayam satu ini, Ayam Cincane. Makanan khas Kalimantan Timur yang berasal dari daging ayam yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah seperti, bumbu merah, lengkuas, jahe dan kemiri. Cita rasanya yang khas akan seketika nempel di lidah saat kamu mulai menyuap kuliner khas Kalimantan Timur ini. 

Perlu kalian tahu, sekilas, tampilan Ayam Cincane tidak jauh berbeda dengan masakan ayam dari daerah Nusantara lainnya. Bedanya Ayam Cincane terbuat dari ayam kampung dan memiliki tekstur daging yang empuk serta cita rasa gurih khas rempahnya orang Kaltim. Jadi, tertarik untuk mencoba bagaimana nikmatnya olahan ayam ini?

Tempat makan : Warung Selera Acil Inun 

Lokasi : Jalan Kadrie Oening Nomor 100, Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu. 

Harga : Rp45.000 – Rp55.000

 

Nasi Bekepor

Nasi Bekepor

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya yang cocok untuk masuk ke dalam wishlist kuliner Anda adalah Nasi Bekepor. Makanan ini berisikan nasi liwet yang dipadukan bersama bumbu rempah, minyak sayur dan ikan asin. Dalam proses memasak nasi bekepor menggunakan alat khusus bernama ketel, dimana beras bersama bumbu akan dimasukkan ke dalamnya kemudian ditunggu hingga pinggirannya sudah berkerak.

Olahan khas Kalimantan Timur satu ini akan makin terasa nikmat saat disajikan bersama daging masak bumi hangus atau sayur gangan asam kutai. Perpaduan cita rasa khas bersama tekstur ayam yang lembut bakal bikin kamu ingin menyuap lagi dan lagi.

Tempat makan : Warung Selera Acil Inun

Lokasi : Jalan Kadrie Oening, Samarinda 

Harga : Rp30.000 – Rp35.000

 

Baca juga  5 Makanan Menjijikkan Tapi Banyak Yang Suka

Gence Ruan

gence ruan

Bagi kamu pecinta olahan ikan, Gence Ruan menjadi menu masakan yang cocok untuk dicoba. Gence Ruan merupakan makanan khas Kalimantan Timur berbahan utama ikan haruan yang digoreng kering ataupun dibakar kemudian dilumuri dengan bumbu pedas manis. Perpaduan cita rasanya yang khas dengan tekstur daging ikan yang lembut bakal makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. 

Tempat makan : Rumah Makan Pangandaran

Lokasi : Jalan Swarga Bara, Sangatta Utara

Harga : Rp40.000 – Rp100.000

 

Sayur Asam Kutai

sayur asam kutai

Sayur asam yang ada di Indonesia sangat bervariatif, seperti sayur asam kangkung atau sayur asam ikan asin dan berbagai olah sayur asam lainnya. Tapi berbeda dengan makanan khas Kalti ini, Sayur Asam Kutai merupakan masakan berbahan dasar kepala ikan gabus yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah. Perpaduan cita rasa segar yang khas pastinya makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melengkapi Sayur Asam Kutai bersama tahu goreng agar cita rasanya makin pecah di mulut. Oleh sebab itu, saat berada di Kalimantan Timur wajib banget mencoba hidangan satu ini sebagai menu makan siang.

Tempat makan : Rumah Makan Selera Khas Kutai Sangatta 

Lokasi : Jalan Karya Etam, Sangatta Utara.

Harga : Rp20.000 – Rp25.000

 

Rabo Ruan

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 4

Masih seputar olahan ikan, kamu bisa mencoba makanan khas Kalimantan Timur, Rabo Ruan. Rabo Ruan merupakan hidangan yang terbuat dari olahan ikan gabus yang disuwir dan berbentuk abon. Cita rasanya yang khas karena diolah menggunakan rempah-rempah khusus membuat Rabo Ruan cocok dijadikan pelengkap segala macam suasana. Jadi, tertarik untuk mencoba kelezatan kuliner ini?

Tempat makan : Rumah Makan Pondok Borneo 

Lokasi : Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Nomor 15A, Samarinda

Harga : Rp30.000

 

Gangan Manok

gangan manuk

Bagi kalian pecinta bakso, maka makanan khas Kalimantan Timur ini wajib untuk dicoba. Gangan Manok, merupakan kuliner berbahan dasar daging ayam yang digiling dan dibentuk bulatan serta dimasukan ke dalam air kaldu. Perpaduan tekstur yang empuk serta kuah kaldu gurih dan kental bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap lagi dan lagi. 

Tempat makan : Rumah Makan Gangsar Jaya 

Lokasi : Jalan Poros SP1, Wanasari, Muara Wahau

Harga : Rp15.000 – Rp20.000

 

Sate Payau

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 5

Pada umumnya sate terbuat dari daging ayam, kambing, dan bekicot. Namun, berbeda dengan makanan khas Kalimantan Timur satu ini, sate di sini dihidangkan dengan bahan dasar hewan buruan, seperti daging rusa. Saat pertama kali mengkonsumsi olahan ini, akan muncul keinginan untuk terus memakannya. Sebab cita rasa yang manis dan gurih serta dagingnya yang sangat lembut. Akan terasa lebih nikmat ketika sate ini dicampur dengan bumbu kecap.

Tempat makan : Sate Payau H. Kuni

Lokasi : Jalan Air Putih, Samarinda Ulu.

Harga: Rp25.000 – Rp30.000

 

Baca juga  4 Jenis Soto Asal Jawa Timur

Pulut Nasi

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 6

Berbahan utama beras, namun pulut nasi termasuk kedalam kelompok jajanan pasar. Dikarenakan porsinya sedang, dianggap cocok untuk menu sarapan oleh masyarakat setempat. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan diikat menggunakan lidi kecil, membuatnya terlihat sangat sederhana. Meskipun begitu cita rasa yang dihadirkan sangat gurih dan pedas. 

Tempat makan : Pasar Seni Tenggarong 

Lokasi : Jalan Tepian Pandan, Panji, Kab. Kutai Kartanegara

Harga : Rp15.000 – Rp20.000

 

Kue Gegicak

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 7

Gegicak merupakan jajanan ringan khas Kaltim yang mempunyai tekstur kenyal dan lembut. Terbuat dari tepung beras ketan putih yang diberi daun pandan sebagai pewarna alami. Aroma daun pandan dan sausnya yang semerbak membuat hidangan ini sangat diminati. Rasanya sendiri terkenal sangat manis dan gurih yang pastinya membuat kamu merasa ketagihan untuk mencoba.

Tempat makan : area jajanan Sungai Mahakam 

Lokasi : daerah Tepian, Sungai Mahakam

Harga : Rp10.000

 

Pisang Gapit

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 8

Sesuai dengan namanya, jajanan yang sangat populer di Samarinda ini dibakar dengan cara digapit atau dijepit. Sebenarnya kata “gapit” sendiri berasal dari Bahasa Kutai dan Banjar yang memiliki arti dijepit. Olahan pisang ini sangat cocok untuk dijadikan camilan atau jajan ringan sembari menikmati waktu bersantai. Cita rasanya yang legit membuat lidah merasakan kenikmatan yang tiada banding.

Tempat makan : area jajanan Sungai Mahakam 

Lokasi : Tepian, Sungai Mahakam

Harga : Rp10.000 – Rp20.000

 

Bobongko

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 9

Makanan khas Kalimantan Timur ini termasuk kedalam kategori kue basah. Meskipun terlihat seperti camilan, masyarakat yang ada di sana sering menjadikan jajanan ini sebagai menu sarapan. Memiliki warna yang hijau dan bertekstur sangat lembut membuat kamu merasa ingin memakannya terus menerus. Cita rasa dari kudapan ini terkenal manis tetapi juga gurih. 

Tempat makan : area jajanan Sungai Mahakam 

Lokasi : Tepian, Sungai Mahakam

Harga : Rp5.000 – Rp10.000

 

Bubur Pedas

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 10

Sesuai dengan namanya, olahan masakan ini mempunyai rasa pedas yang dominan. Hal ini disebabkan oleh berbagai bumbu seperti lengkuas, jahe, ketumbar, dan lada hitam menyuguhkan cita rasa yang tidak biasa. Untuk menambah kelezatannya, biasanya Bubur Pedas disantap bersama berbagai toping pelengkap, seperti kacang goreng, ikan asin, bawang goreng dan kerupuk. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Tempat makan : Rumah Makan Idaman 

Lokasi : Jalan Ery Suparjan Nomor 139, Sangatta Utara

Harga : Rp15.000

 

Baca juga  8 Hidangan Mie Tradisional Lezat yang Wajib Kamu Cicipi

Kue Bingka Kentang

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 11

Sesuai dengan namanya, kudapan ini dibuat dengan bahan utama berupa kentang. Santapan lezat ini sangat digemari oleh warga Kaltim, selain itu kue ini memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis. Mempunyai cita rasa yang legit membuat kue bingka kentang cocok untuk disantap pada sore hari. 

Tempat makan : Pasar Seni Tenggarong 

Lokasi : Jalan Tepian Pandan, Panji, Kab. Kutai Kartanegara

Harga : Rp5.000/biji

 

Pepes Kepiting

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 12

Pada umumnya pepes terbuat dari daging ayam atau ikan, tetapi di Kalimantan Timur menggunakan bahan yang berbeda yakni menggunakan kepiting. Untuk menghadirkan cita rasa yang sedap, kepiting dibumbui dengan cabai rawit, cabai merah, serai, kemangi, dan beraneka rempah rempah lainnya sebelum dibungkus dengan daun pisang. Saat baru matang, pepes kepiting ini mengundang selera makan berkat aroma yang dihasilkannya.

Tempat makan : Rumah Makan Sangkulirang 

Lokasi : Jalan Tlk. Lingga, Sangatta

Harga : Rp35.000 -Rp50.000

 

Ayam Suwir Cabai Hijau

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 13

Jika kalian bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, kali ini kalian dapat mencoba ayam suwir cabai hijau. Memiliki tampilan yang mirip seperti oseng-oseng, tetapi isi di dalamnya bukan hanya sayuran. Masakan ini berupa daging ayam suwir dan ditumis bersama lengkuas, jahe, bawang bombay, daun bawang, daun salam serta rempah pelengkap lainnya. Dengan menggunakan rempah-rempah yang kuat, cita rasanya pun dapat menggetarkan lidah. 

Tempat makan : Rumah Makan Sangkulirang 

Lokasi : Jalan Tlk. Lingga, Sangatta

Harga : Rp25.000

 

Sambal Raja

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 14

Sambal khas Kaltim ini biasanya dimakan bersamaan dengan nasi bekepor. Berbeda dengan sambal lainnya yang hanya cabai diuleng bersama bumbu. Sambal raja ini di dalamnya ada berbagai sayuran, seperti kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah, dan telur rebus yang disiram bumbu pedas. 

Dijamin cita rasa yang dihadirkan akan membuat kalian merasa ketagihan. Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat, pepes kepiting ataupun sate payau. 

Tempat makan : Warung Selera Acil Inun 

Lokasi : Jalan Kadrie Oening, Samarinda 

Harga : Rp20.000 – Rp45.000

Nah itulah 15 rekomendasi makanan khas Kalimantan Timur yang bisa kamu jadikan sebagai referensi manakala sedang berkunjung ke Kaltim. Dengan mencicipi makanan khas yang ada membuat kalian dapat merasakan cita rasa yang berbeda-beda. Jadi, kalian tertarik untuk mencoba kuliner khas Kalimantan Timur yang mana nih?

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak & Unik 15

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Pioneer

Explorer