Food   

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur


4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 1

Sebagai bagian dari negara kuliner Republik Indonesia, Jawa Timur punya banyak sekali kekayaan citarasa. Variasi makanan di propinsi paling kanan di Pulau Jawa itu memang mengagumkan.

Ada yang gurih, bertabur santan dan punya banyak rempah. Ada juga yang manis dengan gula-gula merah yang merangsang nafsu pingin nyemil terus.

Namun salah satu panganan yang punya variasi beragam, baik bumbu maupun bahan adalah soto. Kenapa soto di Jawa Timur spesial? Karena makanan berkuah yang masih saudara dengan sop tersebut punya banyak versi, tergantung daerah masing-masing.

Lantas seperti apa saja soto asal Jawa Timur yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia?

Soto Lamongan

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 3

Berasal dari Lamongan, soto ini kemudian menyebar ke segenap penjuru mata angin. Inilah Soto Lamongan yang terkenal itu.

Baca juga  7 Minuman Tradisional Ini, Bisa Hangatkan Tubuhmu Saat Musim Hujan

Rasa Soto Lamongan sangat unik, yakni perpaduan antara gurih dan asin. Mungkin bisa dikatakan Soto Lamongan merupakan jenis soto paling mendominasi di Jawa Timur.

Seperti jenis soto ayam lainnya, Soto Lamongan juga menggunakan ayam, namun jenisnya adalah ayam kampung. Daging ayamnya dipotong menyamping.

Kuahnya juga kaya akan rempah-rempah dengan taburan daun bawang dan koya. Bahkan bisa dibilang, koya merupakan teman sejati Soto Lamongan.

 

Soto Ambengan

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 4

Salah satu varian soto yang sudah melanglang buana dan menjadi primadona, khususnya bagi warga Surabaya adalah Soto Ambengan.

Ternyata nama Ambengan berasal dari nama jalan tempat Pak Saidi berjualan. Ya, Pak Saidi adalah pelopor sekaligus Bapak Soto Ambengan. Dari rumah beliau, soto ini kemudian tersebar ke berbagai daerah.

Lalu apa ciri khas Soto Ambengan? Kuah! Berbeda dengan yang lain, Soto Ambengan memiliki kuah yang encer dan kuning, karena memakai kunir.

Baca juga  7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan

Bahan-bahannya adalah ayam, kubis, bihun, telor dan kaldu ayam. Soto Ambengan juga bisa jadi lebih nikmat dengan kecap, sambal dan koya atau bubuk yang berasal dari tumbukan kerupuk.

 

Soto Daging Madura

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 5

Orang Madura memiliki kontribusi yang sangat besar bagi budaya dan kuliner Jawa Timur. Suku yang terkenal dengan olahraga karapan sapi tersebut memang piawai melahirkan berbagai santapan lezat.

Salah satu kuliner khas Madura yang sangat terkenal adalah Soto Daging Madura. Sesuai namanya, soto ini menggunakan daging sapi, alih-alih ayam.

Selain penggunaan daging sapi, adanya tauge, irisan kentang goreng, daun seledri dan bawang goreng juga merupakan ciri khas dari Soto Daging Madura.

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Soto Daging Madura juga punya banyak variasi berdasarkan daerahnya, seperti Soto Bangkalan, Soto Pamekasan dan Soto Sumenep.

Baca juga  5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Rujak Soto Banyuwangi

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 6

Ini adalah soto yang paling ekstrem perbedaannya dengan saudara-saudara soto lainnya yang berasal dari Jawa Timur. Rujak Soto Banyuwangi cocok untuk kamu yang ingin mencicipi kuliner Jawa Timur yang memang unik.

Walau awalnya merupakan inovasi, namun panganan yang lahir di Banyuwangi ini akhirnya menjadi viral dan membuat banyak orang penasran.

Rujak dicampur soto? Mungkin kamu juga skeptis mendengarnya, tetapi percayalah fusionĀ ini nyatanya memiliki penggemar yang cukup banyak, bahkan dari kalangan turis.

Lantas seperti apa Rujak Soto Banyuwangi? Ini adalah rujak yang terdiri dari kangkung, bayam dan bumbu kacang yang sudah dicampur dan dihaluskan, lalu disiram kuah soto beserta dagingnya. Soto yang digunakan bisa soto babat, soto ayam atau soto sapi.

Nah itu dia kekayaan soto di Jawa Timur? Mana yang sudah pernah kamu coba?

4 Jenis Soto Asal Jawa Timur 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.