5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen

3 menit


55
55 upvote
5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 1

Makanan khas jawa adalah merupakan kuliner yang paling sering di cari oleh pecinta makanan di Indonesia. Salah satu tradisi kuliner yang paling terkenal di dunia ini adalah cita rasa kuliner dari indonesia yang bisa kamu temui di beberapa negera juga.

Selain itu, makanan khas jawa tidak lepas dari ciri khasnya yang bumbu dasarnya adalah dari rempah – rempah. Makanan khas jawa identik dengan daerah di jawa tengah, seperti Yogyakarta dan Jawa Timur. Sedangkan di wilayah jawa bagian barat biasanya kita sebut dengan makanan khas sunda. Karena itu, kami sudah menyiapkan 5 makanan khas jawa yang paling sering di cari, enak dan selalu bikin ngangenin rasanya.

1. Gudeg

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 3

Siapa yang tidak mengenal makanan khas jawa tengah yang satu ini, Yah gudeg merupakan makanan khas jawa yang berasal dari kota Yogyakarrta ini telah terkenal dimana – mana. Selain itu, Gudeg merupakan salah satu ikon makanan untuk wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta.

 Selain rasa khasnya yang manis, Gudeg juga adalah makanan yang paling di sukai oleh warga jogja setempat. Bahkan saat ini telah banyak yang membuka tempat makan gudeg sejak berpuluh – puluh tahun lamanya. Gudeg dimakan dengan nasi dan temani dengan kuah santan  yang kental, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng.

Baca juga  7 Pantai Eksotis di Cilacap yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Nasi Liwet

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 4

Nasi liwet juga merupakan makanan favorit bagi masyarakat jawa tengah. Berbeda dengan Gudeg yang berasal dari kota Yogyakarta, nasi liwet merupakan makanan khas dari kota Solo. Makanan ini hampir sama miripnya dengan nasi uduk tetepi yang bikin berbeda adalah nasinya yang gurih dimasak dengan kelapa. Biasanya, penyajiannya di temani dengan sayur labu siam, suwiran ayam serta tambahan daging ayam atau ikan yang dipotong kecil-kecil dan bubur gurih dari kelapa.

3. Tempe Mendoan

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 5

Kalau yang satu ini merupakan makanan khas jawa yang bukan makanan berat melainkan makanan ringan atau cemilan yang bisa menemani makanan berat yang kamu sedang makan. Tempe mendoan ini asal mulanya berasal dari Purwokerto dan Banyumas yang sudah dikenal dengan tempe mendoannya yang enak.

Baca juga  4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Namun, saat ini sudah tidak perlu lagi repot – repot mencari tempe mendoan ini karena sudah bisa kamu temui di restoran atau tempat makan dimana saja. Kalau di lihat dari bentuknya, sebenarnya tempe mendoan ini hampir sama seperti tempe goreng pada umumnya yang diselimuti dengan tepung. Tetapi perbedaan yang paling terlihat adalah dari teksturnya.

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 6

Tempe Mendoan yang digoreng dengan menggunakan minyak panas yang takarannya lebih banyak dan bertekstur lebih lunak dan tidak terlalu matang, sedangkan tempe goreng lebih keras dan lebih renyah. Biasanya, untuk menyantap tempe mendoan juga telah disediakan sambal kuah kecap pedas yang menambah lezatnya memakan tempe mendoan ini. Jadi bukan hanya sebagai teman makanan berat, makanan khas jawa  yang satu ini dapat dimakan juga tanpa makanan berat sebagai cemilan.

4. Rawon

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 7

Rawon merupakan makanan dengan ciri khas kuah yang berwarna hitam ditemani oleh potongan daging yang di potong kecil – kecil. Makanan khas jawa yang satu ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal berkat rasa dari kuahnya yang menjadi ciri khasnya tersendiri. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih dan kerupuk sebagai penambah kelezatan makanan satu ini.

Baca juga  8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung

Sebenarnya rawon tidak telalu jauh berbeda dengan soto, tetapi dengan kuah hitamnya yang merupakan ciri khas dari rawon ini yang membuat berbeda dari soto. Makanan yang berasal dari khas jawa timur ini dapat kamu temui juga dibeberapa restoran dan tempat makan.

5. Pecel Lele

5 Makanan Khas Jawa Yang Paling Enak dan Bikin Kangen 8

Makanan khas jawa yang satu ini adalah yang paling gampang temui dimana saja sampai ada di seluruh pelosok pulau jawa. Pecel lele biasanya bisa kita temui di warung lamongan karena pada awalnya memang terkenal di lamongan. Selain itu, di warung lamongan ini, kamu tidak hanya akan menemukan pecel lele saja, melainkan ada beberapa menu lainnya seperti, pecel ayam, telur, ikan, dan lainnya.

Karena harganya yang terjangkau murah, banyak orang lebih memilih mengkonsumsi makanan khas yang satu ini setiap harinya. Dengan campuran lele atau lauk lainnya, makanan khas ini juga ditemani dengan sambal pedas dan lalapan, membuat semua orang sangat menyukai pecel lele ini. Terlebih lagi, lauknya bisa dipilih tidak hanya lele saja.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

55
55 upvote
Rendy Ng

Legend