Food   

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba


5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 1

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah lautan yang begitu besar dan luas. Selain itu, sebagian penduduk warga lokal indonesia bekerja sebagai nelayan dan menjadikan laut sebagai mata pencaharian. Para nelayan ini mencari berbagai macam jenis ikan untuk dijual dan diolah menjadi makanan. Salah satu jenis ikan yang paling banyak ditemukan adalah ikan tenggiri. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan khas di berbagai daerah dengan cita rasa yang begitu lezat. Apa saja ? Yuk simak 5 makanan olahan ikan tenggiri yang wajib kamu coba.

1. Pempek

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 3

Mendengar dari namanya saja, pempek merupakan salah satu makanan khas dari palembang yang sudah cukup terkenal dan merupakan makanan favorit dikalangan anak – anak sampai orang dewasa. Pempek adalah makanan olahan dari daging ikan tenggiri yang digiling dan dicampur dengan tepung kanji bersama beberapa bahan lainnya.

Baca juga  Tips Menghilangkan Bau Lumpur Pada Ikan, Biar Semakin Nikmat Untuk Menyantapnya

2. Kerupuk Kemplang

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 4

Kemplang adalah camilan khas bangka yaitu kerupuk dari bahan olahan ikan tenggiri. Kerupuk ini bentuknya bulat tetapi ukurannya tidak terlalu besar. Kemplang biasanya paling nikmat jika disantap bersama sambal terasi. Selain itu, camilan satu ini juga paling banyak dicari oleh wisatawan yang berlibur di Pulau Bangka untuk dijadikan oleh –  oleh.

3. Siomay

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 5

Makanan yang berasal dari Jawa Barat, Bandung ini juga merupakan salah satu makanan yang bahan dasar olahannya terbuat dari ikan tenggiri. Selain ikan tenggiri, bisa juga dibuat dengan bahan lainnya seperti daging ayam, ikan dan lain sebagainya. Siomay biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang menambah cita rasa dan gurih yang begitu nikmat.

Baca juga  11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat!

4. Otak – otak

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 6

Makanan khas dari bangka ini juga merupakan salah satu kuliner yang paling banyak digemari orang – orang karena bahan utamanya yang terbuat dari ikan tenggiri. Dipulau bangka sendiri, otak – otak disajikan dengan cara dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Biasanya otak – otak disajikan bersama sambal yang dibuat dari bumbu kacang.

Baca juga  5 Olahan Mie Legendaris Di Indonesia Yang Wajib Kamu Cicipi

5. Kellapate

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 7

Makanan khas dari madura ini juga diolah dari ikan tenggiri yang dicampur bersama santan dan sedikit tambahan cabai merah dan belimbing wuluh yang membuat cita rasa nya menjadi segar ketika disantap. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan yang ada saat lebaran oleh penduduk lokal madura.

Itulah ke – 5 makanan olahan dari ikan tenggiri yang wajib kamu coba. Dari kelima makanan diatas, apakah ada yang belum atau sudah pernah kamu coba ? Semoga bermanfaat ya !

5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments