5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia

2 menit


70
70 upvote
5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 1

Penyakit anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh kita lebih rendah dari jumlah normalnya pada umumnya. Anemia juga bisa terjadi karena saat sel – sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Hemoglobin sendiri adalah protein yang kaya akan zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Protein inilah yang membantu sel – sel darah merah membawa oksigen dari paru – paru ke seluruh tubuh.

Penyakit anemia sendiri sebenarnya tidak boleh kita anggap sepele, karena jika menderita anemia dengan waktu yang cukup lama maka akan merusak jantung, otak, dan organ lain dalam tubuh serta bisa menyebabkan kematian. Karena itu, kita perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, Apa saja ? Berikut ini ada 5 makanan penambah darah yang bisa kamu coba untuk penderita anemia.

Baca juga  5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

1. Bayam

5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 3

Bayam sendiri mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori dan kaya akan zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia. Sayuran ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, vitamin A, B9, E, dan C, zat besi, dan serat neta karoten. Karena itu, bayam merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita anemia.

2. Daging

5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 4

Makanan yang mengandung zat besi lainnya yang bisa kamu temukan adalah dari daging. Dan perlu kamu ketahui bahwa untuk zat besi sendiri sebenarnya terdapat dua jenis yaitu heme dan non – heme. Zat besi non – heme biasa ditemukan pada tanamam hijau sedangkan zat besi heme bisa ditemukan pada daging. Karena itu, untuk penderita anemia, mengkonsumsi daging segar seperti daging sapi,  atau daging domba sangat dianjurkan karena memiliki kandungan yang kaya akan zat besi.

Baca juga  11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat!

3. Tomat

5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 5

Tomat memang dikenal dengan kandungan yang kaya akan beta karoten dan vitamin E, tetapi juga termasuk zat besi yang sangat baik untuk penderita anemia. Selain dapat menambah darah untuk penderita anemia, tomat juga mampu menambah vitamin C dalam tubuh serta mendorong penyerapan zat besi dengan cepat.

4. Madu

5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 6

Madu juga merupakah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat dan kandungan seperti kaya akan zat besi, vitamin, dan mineral. Selain itu, madu juga mengandung tembaga dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin.

Baca juga  Bukan Ramen atau Sushi, Berikut 5 Makanan yang Wajib Kamu Coba Saat ke Jepang
5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 7

5. Kismis

5 Makanan Penambah Darah Yang Wajib Kamu Coba Untuk Penderita Anemia 8

Kismis juga merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk bantu menambah darah. Hal ini karena kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya. Dan cara untuk menikmati buah yang satu ini adalah bisa ditambahkan ke dalam kue, oatmeal dan lain sebagainya.

Itulah ke – 5 makanan penambah darah yang sangat baik dikonsumsi untuk penderita anemia. Selain itu, penderita anemia tidak hanya harus mengkonsumsi buah dan sayuran saja, tetapi juga harus memperhatikan, mengatur dan menjaga pola hidup yang sehat agar. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

70
70 upvote
Rendy Ng

Legend