Food    , Kesehatan   

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan


7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 1

Siapa sih disini yang tidak mengenal minuman teh? hampir jarang bukan. Faktanya minuman tersebut merupakan salah satu minuman yang amat populer di seluruh dunia lho. Teh sendiri merupakan minuman infusi (infused water) yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk, bunga, atau tangkai pasca dikeringkan. Sejak pertama kali minuman teh diperkenalkan di Cina dan kemudian menyebar ke seluruh dunia minuman tersebut sudah dikenal sebagai salah ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Keunggulan minuman teh tak hanya itu saja, memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang melegakan juga merupakan daya tarik tarik dari minuman ini.

Minuman teh juga memiliki beberapa jenis tergantung dari jenis bahan dan metode penggolahan. Tentunya manfaat dan cita rasa dari berbagai jenis minuman teh juga memiliki perbedaan, manun disitulah merupakan keunikanya. Oleh karena itu, teh yang berbeda tersebut bisa digunakan untuk mengobati berbagai ragam penyakit sesuai dengan kegunaan jenis teh yang ada. Nah, disini berikut penulis akan merangkum berbagai jenis teh dan manfaat kesehatan dalam mengkonsumsinya.

Charmomile Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 3

Teh charmomile merupakan teh herbal yang berasal dari bunga Chamomile (Matricaria recutita L) yang merupakan kerabat dari bunga matahari dan sering kali dikatakan mirip dengan bunga aster. Dikarenakan teh ini bukan berasal dari daun teh pada umumnya (Camellia sinensis), teh ini memiliki kandungan bebas kafein. Teh chamomile memiliki jenis kandungan flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes yaitu senyawa yang memiliki fungsi sebagai obat.

Baca juga  6 Manfaat Susu Beruang Untuk Kesehatan, harus tau

Daya tarik utama teh charmomile adalah khasiatnya yang menenangkan dan meminumnya dapat membantu mengurangi stres dan bahkan insomnia. Teh charmomile juga dapat membantu meringankan gejala sakit perut, sakit kepala, dan gangguan usus. Penderita diabetes dan maag juga bisa mendapatkan manfaat dari teh ini.

 

Black Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 4

Jenis teh ini merupakan jenis teh yang amat populer di dunia. Teh hitam mendapatkan label sebagai salah satu teh tersehat yang amat mudah Anda dapatkan. Dalam pengolahan daun teh hitam (Camellia sinensis) akan diproses oksidasi yang dapat menghasilkan senyawa kafein dan warna dari daun teh menjadi lebih gelap. Proses oksidasi tersebutlah yang membedakan dari jenis teh lainya.

Senyawa antioksidan yang lahir dari proses oksidasi daun teh hitam tersebut tentunya amat berguna untuk memerangi radikal bebas. Teh hitam juga memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan dapat mengurangi kadar kolesterol.

 

Oolong Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 5

Ditinjau dari segi rasa dan aroma teh jenis Oolong ini hampir mirip dengan teh hitam, sementara perbedaanya adalah dari segi pengolahan yang lebih singkat daripada teh hitam. Teh ini memiliki kadar kafein yang lebih rendah daripada teh hitam dan membuatnya berada di sekitaran teh berkadar kafein normal.

ditijau dari segi kesehatan Teh ini mengadung Enzim yang berfungsi untuk mencerna lemak dalam tubuh, untuk itu teh ini amat direkomendasikan untuk anda yang sedang dalam proses diet. Selain berfungsi dapat menurunkan berat badan, teh ini juga berfungsi untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga  Ingin Kulit Wajah Lebih Cerah ? Terbukti Coba Pakai Cara ini Saat Mencuci Muka

 

Green Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 6

Jenis teh hijau ini berasal dari daun teh pada umumnya, tetapi perbedaanya terletak pada proses pengolahanya. Berbeda dengan teh hitam yang melalui proses oksidasi, teh hijau ini tidak melalui proses tersebut. Itulah yang menyebabkan warna dari teh ini hijau seperti daun yang masih alami.  Saat diseduh teh ini juga dapat mengeluarkan aroma yang menenangkan diibaratkan seperti berada di tengah daun teh yang asri.

Teh ini sudah dikenal di dunia sebagai salah satu teh yang berkhasiat untuk mencegah kanker dan memperbaiki metabolisme tubuh. Teh ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuanan dan meningkatnya daya ingat.

 

White Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 7

Bisa dikatakan bahwa rasa dari teh putih ini tidak terlalu kuat dibandingkan dengan jenis-jenis teh lainya, tetapi bukan berarti teh putih ini tidak berkhasiat lho. Rasa yang tidak terlalu kuat dari teh putih ini disebabkan oleh proses produksi penanaman daun teh yang singkat dan pengolahan yang sangat sederhana.

Proses yang singkat tersebut mengakibatkan tingkat dari kafein teh putih ini sangat rendah dan sangat kaya akan antioksidan. Untuk itu manfaat dari teh putih ini sangat dianjurkan pada kalian yang ingin mepercantik diri, yaitu berfungsi menjaga kesehatan kulit, menghilangkan jerawat, mengurangi kerutan, hingga memperbaiki sel-sel rusak diakibatkan oleh radikal bebas.

Baca juga  6 Dagangan yang Sering Jadi Bahan Investigasi Acara Televisi

 

Jasmine Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 8

Jenis teh ini memiliki basis seperti minuman teh pada umumnya, namun yang membedakan adalah dalam teh ini diberikan sentuhan dari bunga melati (Jasminum sambac).  Hasilnya teh melati ini dapat menghasilkan aroma dari bunga melati yang menenangkan dan juga bermanfaat untuk menyegarkan hati suasana seseorang.

Tak hanya itu, aroma dari bunga melati ini dapat digolongkan sebagai terapi untuk menghilangkan stress dan juga dapat menghasilkan relaksasi yang membantu menjaga kesehatan mental hingga usia tua. Baik dari daun teh dan bunga melati ini juga sama-sama menghasilkan antioksidan yang tentunya bermafaat bagi kesehatan.

 

Peppermint Tea

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 9

Daun pappermint (Mentha x piperita) merupakan tanaman yang sudah dikenal sejak dulu oleh masyarakat Eropa sebagai salah satu tanaman obat. Daun ini diolah dengan diambil minyaknya kemudian banyak dijadikan tambahan makanan dan minuman, salah satunya teh. Teh Pappermint memiliki banyak manfaat terutama untuk meredakan gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, dan maag. Selain mengatasi gangguan pencernaan Teh pappermint juga berfungsi untuk jaringan penapasan seperti mengobati sinus, tenggorokan yang gatal, hingga untuk menyegarkan aroma pernapasan.

Nah itu dia nih, berbagai jenis minuman teh dan juga manfaatnya. Pada intinya minuman ini merupakan minuman yang sejak zaman dahulu sudah terkenal akan khasiatnya. Perbedaan dari segi bahan dan pengolahan membuat minuman teh ini sangat beragam, tentunya masih banyak jenis-jenis teh lainya dan tak kalah akan khasiatnya.

7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan 10


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

R.Dewanto

   

Si INFJ yang hidupnya amat random.