Food   

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara


7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 1

Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting dan wajib bagi sebagian kalangan masyarakat. Selain itu sarapan setiap pagi adalah tahap awal memberikan energi ke dalam tubuh sebelum melakukan aktifitas. Di Indonesia sendiri sarapan pagi selalu diawali dengan kumpul bersama di meja makan. Dari ayah yang akan berangkat kerja dan sang anak yang sudah bersiap berangkat ke sekolah.

Biasanya bagi sebagian dari kita memulai sarapan pagi sekitar pukul 06.00 wib sampai dengan pukul 08.00 wib. Bahkan di setiap masing- masing rumah tangga selalu menghadirkan menu sarapan pagi yang berbeda. Tetapi apakah kalian pernah merasa penasaran dengan menu sarapan di berbagai negara? Berikut adalah beberapa menu sarapan pagi disetiap negara di dunia.

Indonesia

Di posisi pertama tentunya ada dari negara kita Indonesia. Untuk sebagian besar masyarakat, budaya sarapan pagi sudah tidak begitu asing. Selain menjadi sumber energi untuk memulai kegiatan keseharian, sarapan pagi bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghemat ongkos makan. Tentunya menu yang tersaji di meja makan masyarakat kita sangat beragam. salah satunya adalah Nasi uduk.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 3

Biasanya di beberapa daerah, sering dijumpai para penjual nasi uduk. Bahkan mereka menyiapkan dagangan mulai dari jam 5 pagi atau setelah shubuh. Konsumen mereka pun sangat beragam, mulai dari ibu rumah tangga yang tidak sempat masak sampai para pekerja lembur yang baru pulang kerja.

Nasi uduk sendiri adalah menu sarapan yang biasanya terdiri dari Nasi yang dimasak dengan santan, kemudian diisi berbagai macam lauk seperti mie goreng, Telur, Kacang, kerupuk, dll. Tergantung tempat dan kebiasaan para penjual di setiap daerah. Bahkan hanya dari satu menu saja sudah sangat beragam.

 

Jepang

Jepang mempunyai sistem kedisiplinan yang luarbiasa tinggi. Etos kerja dan semangat masyarakat jepang sungguh sangat diapresiasi. Salah satu kegiatan masyarakat “Negeri Matahari terbit” di setiap pagi tentu saja sarapan. Bahkan setiap pagi di berbagai stasiun kereta api sering kali di temui para penjual bento khusus untuk mereka yang ingin sarapan atau membawa bekal ke kantor.

Baca juga  6 Manfaat Dari Bawang Merah Yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kalian pecinta kartun- kartun jepang seperti Doraemon atau Crayon Shincan sering kali dijumpai adegan sarapan bersama seluruh keluarga. Hal ini membuktikan bahwa sarapan pagi menjadi satu budaya yang erat di masyarakat negara jepang.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 4

Salah satu menu sarapan masyarakat jepang yaitu Nasi. Tidak berbeda jauh dengan masyarakat Indonesia, nasi juga menjadi makanan pokok disana. Biasanya masyarakat jepang akan memilih beberapa lauk untuk menemani sarapan nasi mereka diantaranya ada Sup Miso yang berisi tahu, Rumput laut kering dan ikan, ada juga teh hijau hangat sebagai minuman pembuka. Walau tidak banyak mengandung gula, tentunya menu sarapan ini cukup mengenyangkan dan bisa menahan lapar hingga jam makan siang.

 

China

Di negara ini menu sarapannya cukup unik. Biasanya masyarakat tiongkok mempunyai beberapa menu sarapan pagi. Salah satu menu yang cukup populer disini adalah You Tiao. Jika banyak yang tidak tau, sebenarnya makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat indonesia dan bahkan sering kita beli di pedagang- pedagang pinggir jalan.

Penyebutan You Tiao sendiri hanya berbeda bahasa dengan kita masyarakat indonesia. Yap, Menu sarapan masyarakat china adalah Cahkwe. Cahkwe sendiri merupakan makanan tradisional sekaligus menjadi salah satu yang populer di china. Makanan ini adalah makanan berbahan dasar tepung beras yang di goreng sama seperti di indonesia.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 5

Selain Cahkwe, masyarakat tionghoa seringkali mengkonsumsi makanan hangat lain seperti sup atau bubur. Kadang mereka juga mengkonsumsi dimsum untuk menu sarapan dan ditemani dengan segelas susu kedelai yang masih hangat. Jelas sudah pasti jika kita mengkombinasikan beberapa menu ini akan terasa sangat kenyang dan tahan lapar hingga jam makan siang nanti.

Baca juga  5 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

 

Amerika Serikat

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 6

Amerika sendiri sudah sangat terkenal dengan makanan siap saji yang memang menjadi konsumsi utama disana. Produk- produk makanan seperti hamburger atau ayam goreng menjadi salah satu makanan laris manis dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Lalu seperti apa menu sarapan masyarakat di amerika ? tentunya warga masyarakat disana juga banyak yang masih menyempatkan waktu untuk sarapan.

Tidak jauh berbeda dengan menu- menu makanan siap sajinya, di amerika sendiri menu sarapan pagi mereka antara lain ada Roti panggang yang ditemani dengan Smokebeef, Kentang goreng dan Telur mata sapi. Selain itu masih ditambah dengan minuman susu hangat yang pastinya akan membuat perut kita masyarakat indonesia seperti akan meledak saking kenyangnya. Menu lain yang biasanya dijadikan sarapan untuk sebagian masyarakat amerika adalah oatmeal yang berbahan dasar tepung gandum.

 

Korea Selatan

Berbicara negara korea selatan pasti banyak dari kita langsung terbesit tentang Idol K-Pop. Padahal negara ini tidak hanya besar dari industri musiknya tetapi juga dari segi bisnis seperti Samsung. Selain itu ada salah satu budaya yang cukup sering ditonjolkan oleh masyarakatnya yaitu Sarapan. Seringkali jika kita menonton film atau drama korea selalu diselingi adegan makan bersama. Kegiatan ini sudah menjadi salah satu hal penting yang pastinya dialami oleh banyak keluarga disana.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 7

Menu sarapan di Korea selatan ini biasanya adalah Kimchi. Selain menjadi makanan khas, Kimchi selalu menjadi makanan andalan untuk menemani menu pokok ketika makan. Dipagi hari menu Kimchi ini akan dipadukan dengan sup hangat dan semangkuk nasi. Biasanya masyarakat korea selatan juga lekat dengan daging- dagingan ketika mengkonsumsi makanan.

Baca juga  Makanan Pedas Itu Sehat Nggak Sih?

 

Singapura

Walau menjadi negara yang cukup kecil, namun negeri singa ini manjadi salah satu negara yang cukup makmur di wilayah asia tenggara. Masyarakat negara Singapura juga dikenal dengan etos kerja yang baik dan negara yang cukup rapi. Tentunya hal itu juga tidak lepas dari ritual mayoritas masyarakat sebelum bekerja yaitu Sarapan. Sebagai salah satu negara yang giat akan bekerja, tentu saja sarapan pagi menjadi suatu hal yang penting untuk melancakan kegiatan sehari- hari.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 8

Salah satu menu sarapan masyarakat singapura adalah Kaya Toast. Makanan ini berbahan dasar roti yang biasanya dipanggang dan dibentuk seperti roti lapis dan di olesi dengan selai srikaya. Di dalamnya juga di isi dengan parutan kelapa, telur, serta daun pandan menciptakan rasa yang manis juga gurih. Kadang makanan seperti Kaya Toast juga ditambah dengan telur setengah matang yang dihidangkan secara tepisah.

Sajian sarapan pagi ini biasanya ditemani dengan segelas teh hangat. Cukup untuk membuat kalian kenyang dan fokus dalam menjalani kegiatan harian.

 

Meksiko

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 9

Pernah berfikir sarapan dengan makan kripik ? terasa aneh atau merasa bahwa itu bukan makanan, tetapi hanya sekedar cemilan ? tentunya hal ini tidak berlaku bagi Masyarakat Meksiko. Negara ini biasanya menyajikan sarapan paginya dengan menu kripik. Lebih tepatnya adalah Chilaquiles.

Makanan ini dibuat dengan semangkuk tortila yang diberi saus kental. Kemudian di atasnya ditambahkan keju, bawang bombay, dan telur. Walau terkesan seperti cemilan, biasanya masyarakat meksiko akan menambahkan beberapa menu lain seperti daging atau kacang- kacangan.

Itulah tadi beberapa menu sarapan dari berbagai negara yang ada di dunia. Setiap negara pastinya mempunyai menu- menu sarapan yang berbeda dan tradisi yang juga sangat bervariasi.

7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara 10


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments