Food   

8 Hidangan Mie Tradisional Lezat yang Wajib Kamu Cicipi


8 Hidangan Mie Tradisional Lezat yang Wajib Kamu Cicipi 1

Keragaman etnis di Indonesia tidak hanya membuatnya beragam dalam budaya, tetapi juga dalam kuliner yang berasal dari seluruh bangsa.

Dari makanan Maluku yang lezat hingga makanan lokal murah terbaik di Jakarta, kamu dapat menemukan banyak hidangan lezat di setiap sudut Indonesia. Makanan berkisar dari makanan laut Indonesia untuk pecinta seafood, hidangan daging lezat, hidangan nasi lezat, hingga hidangan mie lezat, Indonesia memiliki semuanya.

Hidangan mie di Indonesia sangat direkomendasikan karena sangat lezat. Nama mie seringkali diikuti oleh daerah tempat mie tersebut berasal. Sebagai awal untuk menemukan hidangan mie lezat di Indonesia, berikut adalah daftar 8 hidangan mie lezat tradisional yang perlu kamu cicipi.

1. Mie Celor Palembang 

Mie Celor Palembang

Mie Celor berasal dari Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Hidangan mie ini dibuat dengan mie telur yang mirip dengan mie yang digunakan untuk udon, sedangkan mie ini lebar, panjang, dan lurus.

Hidangan mie ini menawarkan rasa kaldu baru karena kaldu berasal dari campuran santan, kaldu udang kering, telur, dan tepung, menciptakan kaldu kental nan lezat. Penggunaan kaldu udang kering juga membuat mie ini memiliki aroma dan rasa seafood yang kuat.

Sebagai topping, mie Celor biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, udang, bawang goreng, dan seledri, membuat hidangan mie begitu lezat. Ini adalah salah satu hidangan yang harus kamu coba dan cicipi ketika berada di Palembang untuk pengalaman lezat yang otentik.

 

2. Mie Aceh 

Mie Aceh

Sesuai namanya, hidangan mie ini berasal dari Aceh, provinsi di bagian barat Indonesia. Mie Aceh dibuat dengan mie telur yang dibumbui dengan bumbu kental yang membuat rasanya menjadi begitu kaya dengan sedikit rasa pedas. Rasa pedas bersama dengan aroma menggoda yang kaya rempah-rempah membuat mie Aceh menjadi begitu adiktif.

Baca juga  5 Menu Makanan Yang Selalu Ada dan Nikmat Untuk Disantap Saat Musim Hujan

Mie Aceh biasanya disajikan dengan kerupuk, bawang goreng, irisan jeruk nipis, dan acar mentimun. Kamu juga dapat menemukan mie Aceh yang disajikan dengan ayam, sapi, atau seafood. Mie Aceh biasanya memiliki warna saus kemerahan dan dapat disajikan dengan dua cara, seperti mie goreng atau mie kuah.

Hidangan mie ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia karena terkenal dengan rasanya yang enak. Tetapi tentu saja kamu harus segera pergi ke Aceh untuk bisa mencicipi rasa yang otentik.

 

3. Mie Jawa 

Mie Jawa

Mie Jawa adalah hidangan mie populer di Yogyakarta, Solo, dan di sekitar pulau Jawa. Hidangan mie ini berasal dari Yogyakarta dan kamu dapat dengan mudah menemukannya di setiap sudut Yogyakarta. Mie Jawa dapat disajikan dengan tiga cara, direbus, digoreng, atau dikeringkan.

Hidangan ini dibuat dengan mie telur kental yang dibumbui dengan bumbu lengkap. Sebagai pelengkap, mie dimasak dengan kol, ayam, dan tomat. Ketika kamu memesannya, mie akan dimasak dengan kecap yang menyatukan semua bahan dan memperkaya rasanya.

Mie biasanya diberi taburan seledri untuk menambah rasa dan aroma menggoda, daun bawang, acar, serta bawang goreng. Ini adalah hidangan mie yang lengkap dan lezat untuk perjalanan kulinermu.

 

4. Mie Bangka 

Mie Bangka

Mie Bangka berasal dari pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung, sebuah provinsi di pantai tenggara pulau Sumatera. Hidangan mie ini menggunakan mie telur tipis dan panjang serta dapat disajikan dengan daging ayam atau babi cincang.

Baca juga  Inilah 5 Kuliner Ekstrem di Korea Selatan, Sudahkah Kamu Mencobanya ?

Mie Bangka biasanya disajikan dengan banyak tauge, kecap, sayur caisim, dan pangsit. Hidangan pelengkap yang berasal dari pulau Bangka ini adalah semangkuk bakso yang diisi dengan tahu. Selain di Bangka Belitung, hidangan mie ini dapat ditemukan sebagai makanan jalanan di sekitar Jakarta, Bandung, dan Palembang.

 

5. Mie Cakalang Manado 

Mie Cakalang Manado

Mau cakalang atau mie goreng, rasanya sama enaknya. Ikan cakalang fufu yang sering diolah menjadi ikan asap akan memberi rasa berbeda dalam semangkuk tuna cakalang. Tidak salah jika kamu mencobanya saat bepergian ke Manado.

Mungkin dari bentuknya terlihat normal seperti mie pada umumnya. Tapi, saat mencobanya. kamu akan merasakan kenikmatan potongan fufu tuna atau tuna cakalang yang membuat rasa dan aroma mie terasa sangat khas dengan aroma ikan. Mie Cakalang dapat disajikan dalam bentuk masakan Manado atau sup yang banyak diburu orang di sini.

Manado adalah daerah yang terkenal sebagai penghasil tuna terbesar. Mie cakalang ini adalah mie yang berasal dari Manado. Dimasak dengan tuna dan disajikan dengan saus dan ditaburi dengan cakalang. Mie ini tidak akan lengkap jika tidak ditambah dengan sambal khas Manado. Saus cabai hijau itu dicampur dengan cuka, air, dan garam. Saat akan ke Manado jangan lupa mencicipi kuliner ini ya!

 

6. Mie Ongklok Wonosobo 

Mie Ongklok Wonosobo

Mie Ongklok adalah hidangan mie khas dari Wonosobo, sebuah kota di provinsi Jawa Tengah yang sulit ditemukan di luar wilayah Wonosobo. Jadi, kamu mungkin perlu melakukan perjalanan ke kota ini untuk pengalaman yang otentik dan baru jika ingin mencoba hidangan mie ini.

Hidangan ini dibuat dengan mie telur dan kubis yang dibumbui dengan saus jenang sebagai kaldunya. Kaldu jenang terbuat dari gula merah, udang kering, tepung, dan rempah-rempah, yang menciptakan kaldu yang lezat serta kental. Untuk topping, hidangan mie disajikan dengan bawang goreng dan irisan cabai di atasnya.

Baca juga  Konsumsi Makanan & Minuman Ini Kebanyakan Maka Kamu Akan Lemes

Hidangan mie biasanya disajikan dengan tempe kemul, hidangan tempe khas Wonosobo, makanan sehat yang terbuat dari kedelai. Mie Ongklok juga biasanya disajikan dengan sate ayam untuk kenikmatan lengkap.

 

7. Mie Koba Bangka 

Mie Koba Bangka

Mie Koba adalah hidangan mie lezat lain yang berasal dari pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung. Nama hidangan mie diambil dari suatu daerah di Kabupaten Bangka. Mie ini menawarkan rasa manis dan gurih yang berasal dari kaldunya.

Kaldu dibuat dari ikan tenggiri, gula aren, dan berbagai bumbu maupun rempah-rempah, menciptakan kaldu segar, manis serta gurih yang membuat ketagihan. Biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, bawang goreng, dan seledri.

 

8. Mie Kocok Bandung 

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok adalah hidangan mie yang berasal dari Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat. Nama kocok, yang berarti dikocok atau dicampur, mengacu pada proses memasak mie sedangkan mie dimasukkan ke dalam wadah bergagang panjang dengan lubang yang ditempatkan di air panas dan kemudian dibalik dengan gerakan yang membuat mie itu tercampur atau dikocok agar matang secara merata.

Hidangan ini dibuat dengan mie telur datar yang dibumbui dengan kaldu sapi kental. Disajikan dengan irisan daging sapi, tauge, bakso, seledri, dan bawang goreng. Kamu juga bisa mengiris jeruk nipis agar terasa lebih menyegarkan. Hidangan mie ini dapat dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima di kota-kota besar seperti Jakarta, tetapi tentu saja rasanya tidak seotentik daerah asalnya.

Bagaimana? Kamu pasti sudah gak sabar buat nyicipin beragam mie tersebut kan?

8 Hidangan Mie Tradisional Lezat yang Wajib Kamu Cicipi 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado