Food   

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung


8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 1

Bangka Belitung adalah provinsi di lepas pantai tenggara Sumatera. Provinsi ini terdiri dari dua pulau utama yang dinamai sama dengan provinsi itu sendiri, pulau Bangka dan Belitung. Ada juga pulau-pulau kecil lainnya di provinsi ini.

Pulau-pulau tersebut berbatasan dengan Selat Bangka, Laut Natuna, Laut Jawa, dan Selat Karimata. Tidak heran, hal pertama yang mungkin kamu perhatikan dari provinsi ini adalah pantainya yang indah. Cobalah untuk mengunjungi pantai-pantai terbaik di Bangka Belitung saat bepergian ke sana. Keindahan ini bahkan memikat pembuat film untuk menggunakannya sebagai lokasi syuting film.

Tetapi, begitu kamu tiba di provinsi itu, kamu akan melihat bahwa ada banyak hal yang harus dilakukan di Pulau Bangka dan hal-hal lain yang dapat dilakukan di Pulau Belitung. Masakan lokal yang unik dan lezat akan menjadi hal berikutnya yang paling menarik bagimu. Bangka Belitung adalah rumah bagi masakan lokal Indonesia yang unik dan lezat. Salah satu masakan mie lokal bahkan dianggap sebagai salah satu hidangan mie Indonesia terbaik. Ini membawamu untuk mengadakan eksplorasi lebih lanjut tentang warisan kulinernya.

Di sini, terdapat daftar 8 masakan lokal Bangka Belitung yang unik dan lezat yang pastinya perlu kamu coba. Mari simak ulasannya dan lihat apakah kamu bisa menolak kelezatannya.

Lempah Kuning

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 3

Sebagai provinsi yang berbatasan dengan laut, masakan lokal Bangka Belitung terutama berasal dari hasil laut. Lempah Kuning adalah contohnya. Ini adalah masakan lokal yang populer di Pulau Bangka. Bahkan terdaftar sebagai warisan budaya nasional tidak berwujud.

Lempah Kuning terbuat dari ikan kembung atau kakap merah dan nanas. Kata kuning pada namanya mengacu pada warna kaldu. Kaldu terbuat dari kunyit cincang, lengkuas, terasi, dan cabai. Mempertimbangkan bagaimana itu dilihat sebagai warisan budaya, rasanya pasti luar biasa. Ini adalah masakan lokal Bangka Belitung yang wajib dicoba. Pastikan kamu mencobanya begitu kamu tiba di provinsi ini.

Baca juga  5 Makanan Khas Korea Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah, Yuk Di Coba!

 

Kemplang

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 4

Apakah kamu terbiasa dengan kerupuk saat makan? Ya, di Bangka Belitung, itu disebut kemplang. Dan Kemplang ini entah bagaimana mirip dengan kerupuk. Ini dikenal sebagai camilan kerupuk ikan gurih tradisional dan banyak wisatawan biasanya membeli ini sebagai oleh-oleh dari Bangka Belitung.

Kemplang memiliki aroma ikan yang unik dan lezat. Hadir dalam bentuk bundar tetapi tipis. Kemplang biasanya terbuat dari makarel Spanyol yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah lainnya. Ini kemudian dibentuk, dijemur, lalu dipanggang atau digoreng.

Panggangan akan menjadi rasa baru dan unik bagimu karena kerupuk biasa hanya digoreng. Kamu dapat menikmati makan Kemplang dengan mencelupkannya ke sambal terasi. Dan kemudian kamu bisa menikmati seleramu karena itu menyatukan rasa gurih, manis, dan pedas sekaligus.

 

Rusip

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 5

Kamu mungkin belum selesai menjelajahi beragam pilihan sambal di Indonesia. Tapi di sini ada satu lagi untuk dimasukkan dalam daftarmu, yaitu Rusip. Rusip adalah masakan lokal unik Bangka Belitung yang disajikan sebagai sambal.

Orang-orang di Bangka Belitung biasanya memiliki hidangan utama mereka dengan Rusip ini. Mereka akan mencelupkan piring mereka ke dalamnya dan kemudian memakannya dengan gembira. Rusip terbuat dari ikan teri yang dicampur dengan gula aren dan garam serta kemudian difermentasi setidaknya 7 hari. Fermentasi kemudian dicampur dengan jus lemon, cabai, dan bawang merah. Ini menyatu dengan sempurna, menciptakan kombinasi manis dan asam.

Kamu pasti akan menikmati rasa baru, unik, dan lezat melalui masakan ini. Cobalah menikmatinya dengan ikan goreng, serta sayuran seperti terong goreng, mentimun, dan selada. Kemudian, kamu akan menemukan sendiri pengalaman masakan lokal Bangka Belitung yang sebenarnya.

 

Mie Koba

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 6

Berikut adalah masakan mie lokal yang dianggap sebagai salah satu hidangan mie Indonesia terlezat. Ini adalah masakan populer dari Bangka Tengah. Mie ini memiliki kaldu kental dan gurih yang terbuat dari ikan tenggiri. Kaldu yang enak akan membuatmu ingin minum semangkuk Mie Koba.

Baca juga  5 Makanan Yang Dipercaya Dapat Membuat Panjang Umur, Yuk Intip !

Untuk menambah rasa lezat dari Mie Koba, beberapa topping ditambahkan. Kamu akan mendapatkan telur rebus, irisan seledri, dan bawang goreng di atas mie yang gurih. Selain itu, kamu dapat menambahkan sedikit rasa segar pada Mie Koba dengan menambahkan lemon untuk mendapatkan jusnya di mie.

Ini adalah masakan lokal yang unik dan lezat yang harus kamu coba segera setelah kamu tiba di sana. Sebagai informasi, Koba sendiri adalah tempat asal Bangka Tengah di mana mie ini mungkin pertama kali dibuat.

 

Siput Gong Gong

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 7

Berikut adalah masakan laut lokal lainnya dari Bangka Belitung. Siput Gong gong dikategorikan sebagai jenis kerang. Baru ditangkap dari laut dan kemudian dimasak untuk disajikan di mejamu. Siput Gong gong dapat ditemukan di daerah Tanjung Pinang dan Bintan.

Persiapan masakan lokal ini agak sederhana. Siput dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian direbus. Kemudian disajikan dengan sambal sebagai bumbu. Untuk memakannya, kamu perlu menggali dalam cangkang dan kemudian mencelupkannya ke dalam sambal. Ini adalah masakan lokal Bangka Belitung yang lezat, segar, dan unik. Pastikan untuk mencobanya ketika kamu berada di sana.

 

Rujak Daun Ubi Kembang Pepaya

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 8

Jika kamu telah melakukan perjalanan ke daerah lain di Indonesia dan mencoba masakan lokal mereka, maka kamu mungkin akrab dengan rujak. Rujak adalah versi tradisional dari hidangan salad buah maupun sayuran yang dicampur dengan bumbu manis dan pedas. Setiap daerah memiliki campuran bahan bumbu yang berbeda.

Namun, rujak di Bangka Belitung menawarkan sesuatu yang baru dan unik karena menggunakan daun ubi dan bunga kembang pepaya atau pepaya sebagai bahan utamanya. Daun dan bunganya direbus terlebih dahulu sampai matang. Mereka kemudian digoreng dengan bumbu seperti bawang, cabai, terasi, dan garam. Proses memasak mungkin berbeda dari rujak lain karena tidak menggunakan sayuran segar. Namun, rasanya luar biasa dan banyak yang suka memakannya. Orang-orang juga percaya bahwa rujak ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena terbuat dari bahan-bahan sehat.

Baca juga  Susu Goreng Camilan Kekinian Yang Bikin Nagih, Ini Dia Resepnya

 

Pempek Panggang

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 9

Pempek dikenal sebagai salah satu makanan Sumatra Selatan yang populer. Sebagai provinsi di dekat Pulau Sumatra, Bangka Belitung juga memiliki pempek sebagai masakan lokal mereka. Namun, metode penyajiannya berbeda dari yang ada di Palembang, Sumatra Selatan.

Pempek Palembang biasanya direbus atau digoreng. Tapi, pempek di Bangka Belitung dipanggang atau dibakar. Bentuknya kecil dan bundar. Setelah matang ketika selesai dipanggang, bagian tengah akan dipotong dan diisi dengan ikan parut, cabai hijau, dan kecap manis.

Pempek di Bangka Belitung juga disajikan dengan cuko, saus cuka segar. Kamu dapat dengan mudah menemukan masakan lokal ini sebagai makanan jalanan di sekitar Kota Pangkalpinang dan Kota Sungailiat. Ini adalah masakan yang harus dicoba jika kamu ingin mencoba bentuk lain dari pempek.

 

Lempah Kulat

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 10

Nah, jika kamu sudah membaca tentang lempah kuning yang terbuat dari makarel, sekarang inilah masakan lempah lain dari Bangka Belitung. Berbeda dengan lempah kuning, lempah kulat terbuat dari jamur. Kata kulat sendiri secara lokal dikenal sebagai jamur.

Jamur dimasak dengan santan. Kemudian, kaldu dibuat dengan memasak santan serta campuran cabai dan rempah-rempah lainnya. Kaldu itu sendiri terasa pedas dan gurih. Ini adalah makanan enak untuk dinikmati dalam segala kesempatan. Kamu dapat menemukannya dijual di penjual makanan kecil di provinsi tersebut. Dengan biaya hanya Rp 40.000 – Rp 50.000, kamu sudah bisa menikmati rasa lezat-gurih lempah kulat.

Dari daftar ini, mana yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu?

8 Masakan Lokal yang Lezat dari Bangka Belitung 11


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado