Gadget   

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya


Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 1

Menekuni sebuah hobi bisa berujung hoki. Salah satu hobi yang sedang naik daun adalah fotografi.

Di jaman yang serba digital ini, fotografi sangat dibutuhkan banyak orang. Maka jangan heran banyak orang tiba-tiba tertarik dengan aktivitas melukis menggunakan cahaya tersebut.

Nah, jikalau kamu salah satu orang yang juga berminat mendalami fotografer, ada satu hal yang harus dipahami sebelum mempelajari aneka teknik mengambil foto. Apa itu? Tentu saja macam-macam jenis kamera.

Kenapa penting memahami jenis kamera? Selain agar kamu tidak salah membeli, juga supaya skillmu maksimal. Ada kamera dengan tingkat pengaturan super rumit, ada yang bahkan cuma tinggal jepret.

Untuk itu silahkan baca artikel ini sampai selesai agar kamu tahu macam-macam kamera yang ada beserta fungsi dan kegunaannya.

 

Polaroid

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 3

Ini adalah senjata para juru foto yang biasa menjajakan jasanya di sektiar tempat wisata. Kamera polaroid sangat membantu kinerja mereka yang dituntut untuk bisa menghasilkan lembar foto dengan cepat.

Kalau kamu belum tahu, kamera polaroid adalah jenis kamera yang mampu mencetak foto sesaat setelah kamu menjepret sebuah obyek. Fitur yang sangat berguna bagi mereka yang butuh hasil instan.

Baca juga  5 Teknologi Canggih yang Terinspirasi dari Anime

 

Mirrorless

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 4

Salah satu jenis kamera kekinian yang sedang digandrungi banyak anak muda, termasuk mereka yang hobi mengambil foto di segala situasi.

Kamera mirrorless bisa dibilang adalah simplifikasi dari DSLR dimana ada beberapa fitur yang sengaja dikurangi, khususnya pentaprisma. Jadi gambar yang disorot akan langsung tampil di LCD saja.

Selain itu bentuk dari mirrorless umumnya lebih kecil dari DSLR walau untuk beberapa merk harganya tetap sebelas dua belas bahkan lebih mahal dari DSLR maupun prosumer.

 

DSLR

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 5

Senjata utama para fotografer masa kini, kamera tiper DSLR. Adapun kepanjangan DSLR adalah Digital Single-Lens Reflex.

DSLR memiliki body yang kokoh sehingga menunjang kestabilan ketika pengambilan gambar. Selain itu ada banyak fitur pengaturan yang terbilang sangat mumpuni, seperti pengaturan ISO, kecerahan hingga fitur video.

DLSR juga dilengkapi dengan pentaprisma dan viewfinder. Jadi kamu akan bisa mengintip sasaran sebelum menjepretnya.

 

Prosumer

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 6

Kamera prosumer atau bridge adalah bentuk simpel dari DSLR. Jenis kamera ini tidak memiliki pengaturan selengkap DSLR namun sudah sangat mumpuni untuk belajar fotografi.

Biasanya harga dari prosumer sendiri cukup terjangkau setidaknya dibanding DSLR. Walau begitu, dengan bodi yang kokoh dan hasil jepretan berkualitas bagus, jenis kamera satu ini layak kamu coba.

Baca juga  Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

 

Kamera Ponsel

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 7

Kemajuan teknologi membuat benda-benda canggih ukurannya makin kecil namun dengan fitur dan kualiatas makin baik. Salah satu pembuktian dari opini tersebut adalah hadirnya kamera di ponsel kamu.

Saat ini kamera ponsel sudah mengalami peningkatan kemampuan yang luar biasa. Bahkan ada fitur praktis yang tidak dimiliki oleh jenis kamera lainnya, semacam beauty mode atau auto bokeh.

Kelebihan lain dari kamera ponsel adalah kemudahan untuk langsung mengunggah file hasil jepretan ke media sosial.

 

Kamera Saku

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 8

Kamera saku merupakan upaya penyederhanaan dari DSLR. Dengan keunggulan utama berupa bentuk yang mini serta pas di kantong membuat kamera jenis ini laris manis di pasaran.

Untuk urusan harga bisa bervariasi. Pada umumnya lebih murah dari DSLR namun untuk merk dan seri tertentu bisa menyamai prosumer bahan DSLR.

 

Kamera Video

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 9

Sesuai namanya, sebenarnya fungsi utama dari jenis kamera ini adalah mengambil file jenis video. bentuknya juga didesain sedemikian rupa hingga menghadirkan kesan nyaman saat dipegang dalam waktu yang cukup lama ketika membuat video.

Selain video, beberapa merk kamera jenis ini juga bisa dipakai untuk menghasilkan file jenis gambar atau foto.

Baca juga  5 Smartphone Canggih dengan Teknologi TOF 3D Camera

 

Kamera Aksi 

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 10

Ini adalah senjatanya para selebgram dan youtuber. Action camera atau kamera aksi mengandalkan beberapa kelebihan lain, seperti fitur supermini dan mampu terkoneksi dengan gadget lain, semisal smartphone.

Fitur lainnya adalah kehandalan dan daya tahan di kondisi ekstrim, semisal di bawah permukaan laut. Ini membuatnya menjadi properti wajib bagi para petualang yang gemar mengabadikan berbagai momen mereka di alam liar.

 

Kamera Analog

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 11

Ini adalah senjata wajib om-om pecinta fotografi jaman dahulu. Waktu itu nyaris semua jenis kamera yang beredar adalah kamera tipe analog.

Apa itu kamera analog? Ini adalah jenis kamera non-digital yang masih menggunakan roll film untuk mengambil foto. Setelah dijepret, foto tersebut masih diolah dengan proses yang tidak sederhana untuk nantinya bisa jadi gambar yang memukau.

Kini keberadaan kamera analog nyaris punah karena kemajuan teknologi dan selera masyarakat yang lebih menyukai tipe digital.

Itu dia macam-macam kamera yang wajib kamu tahu. Silahkan sesuaikan dengan keinginan dan tujuanmu, jangan sampai salah beli. Walau begitu, sebenarnya skill dan kreativitas adalah dua hal yang utama dalam menghasilkan mahakarya memukau, bukan melulu pada harga dan merk kamera.

Berbagai Jenis Kamera Berdasarkan Fitur & Fungsinya 12


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.