Hewan   

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan


10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 1

Bagi sebagian orang, alam tampaknya merupakan tempat yang tenang dan damai, tetapi ada juga sisi lain dari alam. Dunia adalah tarian brutal kehidupan dan kematian di mana banyak hewan dipaksa untuk mengembangkan mekanisme pertahanan yang menarik serta mengejutkan untuk mempertahankan diri dari pemangsa mereka. Berikut ini adalah beberapa cara hewan paling menjijikan untuk melindungi diri dari pemangsanya.

1. Burung Nasar Kalkun

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 3

Secara umum, muntah mungkin menjijikan, tetapi tidak banyak hewan yang memiliki mekanisme defensif seperti ini. Kecuali jika kita berbicara tentang burung nasar kalkun. Burung-burung ini jika baru saja makan, mereka tidak bisa lagi terbang. Itulah sebabnya muntah adalah salah satu jalur pertahanan terbaik mereka. Tidak hanya menjijikkan calon predator dengan zat asam yang berbau busuk, tetapi juga memungkinkan burung nasar memiliki kesempatan untuk bergerak lebih cepat dan bahkan mungkin terbang. Faktanya, regurgitasi begitu menjijikkan sehingga burung pemakan bangkai ini kadang-kadang akan muntah tepat di mata musuh-musuhnya, yang menyebabkan sensasi menyengat yang mengerikan. Anehnya, elang botak akan dengan senang hati memakan isi yang dimuntahkan burung itu karena tampaknya mereka lebih suka makan daging busuk dilapisi asam lambung yang bau daripada berburu sendiri.

2. Fulmar

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 4

Burung lain yang telah menguasai seni muntah defensif adalah fulmar. Burung-burung yang tampak tidak bersalah ini memiliki bakat jahat, yaitu kemampuan untuk memproyeksikan muntah sekresi berminyak berbau busuk pada siapa pun yang mengancamnya. Mereka bahkan dapat menyemprotkan muntah hingga 3 meter. Muntahannya tidak hanya berbau seperti ikan busuk, tetapi juga tidak akan lepas dan bahkan menempel pada bulu burung lain, membuatnya tidak bisa terbang atau berenang sehingga mereka akhirnya mati atau menyelam ke dalam air hanya untuk tenggelam. Seperti yang kamu bayangkan, fulmar sendiri kebal terhadap minyak lengket yang menggumpal pada bulunya dan pada kenyataannya, fulmar itu sendiri menggunakan sekresi sebagai sumber makanan berenergi tinggi untuk anaknya.

Baca juga  Pria Ini Ubah Ban Bekas Menjadi Tempat Tidur Lucu Buat Peliharaanmu

3. Hagfish

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 5

Hagfish bukan hanya ikan jelek dengan nama jelek, mereka juga memiliki salah satu kemampuan pertahanan paling unik di dunia, yaitu kemampuan untuk mengeluarkan lendir dalam jumlah besar. Ini mungkin tidak tampak seperti pertahanan yang sangat membantu, tetapi lendir menyulitkan predator untuk mencengkeram hagfish dan juga dapat meredam insang mereka, mencekik predator bawah air. Lendirnya sangat tebal sehingga hagfish itu sendiri kadang mati jika mereka tidak bisa memeras sisa air kotor dengan cukup cepat. Ikan ini dapat memancarkan hingga 5,25 galon lendir lengket.

4. Katak Berbulu

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 6

Katak berbulu dikenal dengan nama julukan “wolverine frog” atau “horror frog”. Katak ini dapat menghasilkan cakar yang bisa ditarik dengan mematahkan tulangnya sendiri dan kemudian memaksa ujung-ujungnya yang tajam menembus kulit. Jika kamu bertanya-tanya mengapa katak ini memiliki “rambut” aneh yang dinamai demikian, itu sebenarnya pertumbuhan katak jantan yang membantu mereka mengambil lebih banyak oksigen.

5. Kadal Bergaris Iberia

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 7

Seperti katak berbulu, kadal bergaris Iberia mendorong tulang-tulangnya melalui kulitnya untuk melindungi dirinya sendiri. Dalam hal ini, kadal mendorong tulang rusuk melalui kulitnya dan kemudian menutupi tulang dengan zat beracun yang dikeluarkan dari kelenjar eksternal yang dapat membunuh predator. Ketika seekor hewan mencoba menggigitnya, ia dengan cepat mengeluarkan zat beracun itu. Jika kadal selamat dari serangan, sistem kekebalannya yang hebat menyembuhkan gigitan dengan cepat dan mudah.

Baca juga  5 Hewan yang Sanggup Memakan Mangsanya yang Lebih Besar

6. Kadal Bertanduk

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 8

Jika kamu penggemar kadal, kamu mungkin berpikir kadal bertanduk itu agak imut, sampai kamu melihat mekanisme pertahanannya yang terkenal sedang beraksi. Itu karena kadal yang cantik ini memiliki kemampuan mengerikan untuk menyemprotkan darah dari bola matanya. Selain membingungkan para predator, darahnya juga terasa mengerikan, membuat makhluk-makhluk lapar menuju ke arah lain ketika mencari makan siang yang lezat. Namun, tampaknya tidak berpengaruh pada burung yang tidak terlalu peduli dengan rasa.

7. Semut Malaysia

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 9

Pernahkah kamu merasa sangat cemas dan khawatir sehingga kamu berpikir akan meledak? Nah, jika kamu adalah semut Malaysia, kamu benar-benar akan meledak. Seolah itu tidak cukup, ledakan itu akan menyemprotkan racun lengket ke mana-mana, sehingga menghentikan predator sebelum sampai ke sarangnya. Semut itu dengan hati-hati menunggu sampai predator tepat berada di sebelahnya dan kemudian mengencangkan otot perutnya sampai mereka meledakkan kelenjar racun besar dari kepalanya.

8. Kumbang Pengebom

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 10

Kumbang pengebom memiliki nama yang sangat tepat, mengingat kumbang itu mengeluarkan semprotan kimia berbahaya langsung dari anusnya ke predatornya. Faktanya, semprotan dibuat dengan kombinasi hidrokuinon dan hidrogen peroksida yang disimpan di dalam tubuh kumbang lalu ketika meletus, ia menyembur dengan panas tinggi. Semprotan panas tinggi ini membunuh sebagian besar serangga yang menyerang kumbang yang mungkin berhadapan, baik melalui panas langsung atau melalui komponen zat yang mengiritasi mata dan sistem pernapasan target kumbang. Hewan ini dapat menyemprotkan hingga 20 kali dan mereka memiliki target yang sangat akurat serta kemampuan untuk menembak zat pada sudut hingga 270 derajat.

Baca juga  Selain Hiu, Inilah 9 Ikan Paling Berbahaya di Dunia

9. Teripang

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 11

Beberapa orang ingin buang air besar ketika mereka merasa takut, tetapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan teripang, yang sebenarnya bisa meremas ototnya bersama-sama sampai mengeluarkan organ mereka keluar dari anusnya. Organ-organ ini terhubung ke tabung lengket yang dapat menjerat predator dan membiarkannya tidak bergerak sementara teripang kabur. Teripang kemudian akan menumbuhkan organnya selama beberapa minggu ke depan.

10. Sigung

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 12

Jika belum pernah dekat dengan semprotan sigung, kamu mungkin tahu mereka berbau busuk, tetapi kamu mungkin tidak menyadari seberapa buruk baunya. Faktanya, kotoran sigung sangat kuat sehingga dapat menyebabkan kebutaan jika disemprotkan langsung pada korban. Bahkan jika tidak langsung, itu masih akan menyebabkan masalah dengan penglihatan hewan dan juga mengerikan, yaitu rasa sakit yang membakar serta mual yang ekstrim. Ia bahkan dapat meneror beruang dan dicium oleh manusia sejauh 1,6 kilometer. Kabar baiknya adalah bahwa sigung berusaha menghindari penyemprotan karena hanya memiliki begitu banyak bahan kimia bau mereka dan butuh 10 hari penuh baginya untuk menghasilkan lebih banyak, selama waktu itu mereka sebagian besar tidak berdaya.

10 Hewan Ini Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri yang Menjijikan 13


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments