10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren

Cuma hewan-hewan tertentu saja yang punya tanduk unik seperti ini!4 menit


44
44 upvote
10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 1

Tanduk dapat ditemukan di banyak spesies hewan, terutama pada jantan. Ini membantu mereka untuk menarik betina dan bertahan melawan predator maupun saingan. Tanduk adalah perpanjangan permanen dari tengkorak hewan di mana tanduk bercabang bagian dari tulang mati. Hewan melepaskan tanduknya setiap tahun dan akan tumbuh kembali di musim depan. Berikut ini adalah daftar 10 tanduk yang menakjubkan di dunia hewan.

Rusa Springbok

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 3

Springbok adalah antelop menarik yang ditemukan di Afrika Barat Daya. Antelop berwarna coklat dan putih juga merupakan simbol nasional Afrika Selatan. Mereka memiliki tanduk berwarna hitam dengan panjang sedang yang menarik (30-35 cm) dengan serangkaian cincin. Springbok jantan dan betina memiliki bentuk tanduk yang sama serta ujung yang tajam dari kurva tanduknya ke dalam.

Springbok memiliki banyak adaptasi luar biasa yang membantu mereka bertahan hidup di lingkungan yang keras di Afrika. Selama musim panas, mereka suka memakan banyak akar yang kaya akan kelembaban. Selama musim dingin mereka mencari semak. Springbok juga dapat mencapai kecepatan 100 km / jam.

 

Addax

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 4

Addax adalah kijang putih yang terancam punah yang mendiami gurun Sahara. Addax jantan dan betina memiliki tanduk memutar yang panjang, berukuran antara 88-119 cm. Mereka juga disebut sebagai sekrup antelop karena tanduknya yang bengkok.

Addax hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 hingga 5 anggota. Selama musim panas, mereka memiliki rambut berwarna putih dan berubah menjadi abu-abu atau coklat di musim dingin. Mereka terutama memakan rumput gurun dan semak-semak kecil.

 

Blackbuck

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 5

Baca juga  8 Hewan Mengerikan yang Ditemukan di Palung Mariana

Antelop blackbuck yang berasal dari anak benua India lebih dikenal karena tanduk jantannya yang panjang. Tanduk membentang hingga 71 cm dan memiliki 3-5 putaran. Tanduk blackbuck jantan juga terlihat dalam bentuk ‘V’. Blackbuck betina tidak memiliki tanduk. Blackbuck jantan berwarna cokelat gelap di mana betina memiliki rambut coklat kekuningan. Blackbuck jantan juga terlihat lebih besar dari pada betina.

 

Moose

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 6

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 7

Moose adalah spesies rusa terbesar yang hidup di belahan bumi utara. Mereka lebih dikenal karena tanduk rusa jantan yang besar. Tanduk mereka berukuran 182 cm dari satu ujung ke ujung yang lain. Tanduk tumbuh dari setiap sisi kepala rusa jantan. Tanduk lebar mereka terlihat seperti balok silindris dan memiliki sejumlah titik.

Kekuatan dan ukuran tanduk tergantung pada usia rusa. Makanan rusa juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tanduk mereka. Tanduk mulai tumbuh setelah rusa jantan menjadi 12 bulan. Tanduk mereka juga surut setiap tahun. Selama musim kawin, rusa jantan menggunakan tanduknya untuk melawan saingannya dalam menarik perhatian betina.

 

Mouflon

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 8

Mouflon adalah salah satu anggota keluarga domba liar, yang ditemukan di Iran dan Irak. Mouflon jantan memiliki tanduk melengkung besar yang menarik. Tanduk mouflon jantan memiliki panjang rata-rata 63 cm. Tanduk juga tumbuh sepanjang hidup mouflon jantan. Mouflon betina juga memiliki tanduk dan ukurannya sangat kecil. Pada saat yang sama, betina dari beberapa subspesies mouflon tidak memiliki tanduk.

Mouflon jantan menggunakan tanduk besar mereka untuk bertarung dengan mouflon lain dalam menarik perhatian betina. Perkelahian semacam itu juga memastikan dominasi mereka dalam suatu kelompok. Makanan mouflon terutama termasuk rumput dan semak. Mereka juga bermigrasi ke tempat-tempat baru untuk mencari makanan selama musim dingin.

Baca juga  Banyak yang Gak Sadar, Manusia Tak Dapat Hidup Tanpa 5 Hewan Ini

 

Oryx

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 9

Oryx adalah salah satu spesies kijang terbesar yang berasal dari Afrika. Mereka mudah dikenali dengan tanduk panjang dan leher seperti kuda. Tanduk mereka mencapai panjang 76 cm. Tidak seperti jantan, Oryx betina memiliki tanduk yang lebih panjang dan lebih tipis. Oryx juga menggunakan tanduk panjang dan tajam untuk bertahan melawan predator.

Mereka hidup dalam kawanan yang berisi ratusan anggota. Oryx memiliki indra penciuman yang sangat baik dan dapat hidup selama beberapa minggu tanpa air. Mereka juga dapat berlari dengan kecepatan 56 km / jam.

 

Badak Putih

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 10

Badak putih adalah spesies terbesar dari keluarga badak. Mereka memiliki dua tanduk, tanduk depan yang lebih panjang dan tanduk belakang yang lebih kecil. Tanduk badak putih sama sekali berbeda dari tanduk yang ditemukan pada sapi dan hewan lainnya. Faktanya, tanduk badak putih adalah jenis pertumbuhan khusus yang terbuat dari protein struktural yang disebut keratin. Tanduk depan yang lebih besar dari badak putih memiliki panjang hingga 60 cm.

Dalam beberapa kasus, tanduk depan badak putih betina mencapai hingga 149 cm. Badak putih hidup di Afrika Selatan. Mereka membentuk kelompok yang berisi hingga 14 badak dan memakan rumput.

 

Markhor

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 11

Markhor adalah salah satu spesies kambing liar yang terancam punah dan terbesar yang ditemukan di Asia Barat maupun Asia Tengah. Mereka memiliki tanduk memutar luar biasa yang panjangnya mencapai 1,6 meter. Tanduk Markhor jantan sekitar 50 cm lebih panjang dari tanduk betina.

Markhor hidup di hutan semak pegunungan tinggi. Warna dan panjang rambut mereka berbeda sesuai dengan cuaca. Selama musim panas, mereka memiliki rambut pendek berwarna kemerahan. Di musim dingin, rambut mereka tumbuh lebih panjang dan warnanya juga berubah dari merah menjadi abu-abu.

Baca juga  Cara Paling Tepat Mencegah Masuknya Ular Ke Dalam Rumah

 

Capra Ibex

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 12

Capra ibex juga disebut sebagai Alpine ibex, adalah spesies keluarga kambing liar yang ditemukan di daerah pegunungan Eropa. Capra ibex jantan memiliki tanduk panjang dan kuat, mencapai panjang 101 cm. Tetapi betina memiliki tanduk pendek dan tipis, panjangnya hanya 33 cm.

Selama musim kawin, ibex jantan menggunakan tanduknya yang kuat untuk bertarung dengan saingannya dalam memperebutkan ibex betina. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di medan berbatu pegunungan tinggi dan juga pandai mendaki ke lereng gunung yang curam. Rumput alpine dan semak adalah makanan utama dalam diet Capra ibex.

 

Caribou

10 Hewan yang Memiliki Tanduk Paling Keren 13

Caribou juga disebut sebagai rusa kutub yang ditemukan di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia. Tidak seperti spesies keluarga rusa lainnya, Caribou jantan dan betina memiliki tanduk. Tanduk Caribou jantan berukuran 99 hingga 134 cm. Caribou betina memiliki tanduk yang lebih pendek daripada jantan. Tanduk Caribou juga memiliki banyak titik di bagian atas dan bawah.

Selama musim dingin yang keras, Caribou menggunakan tanduk mereka yang kuat untuk menggali salju dalam mencari makanan. Caribou jantan juga menggunakan tanduk mereka untuk bertarung dengan saingannya di musim kawin. Mereka juga melepaskan tanduknya setelah musim kawin dan sepasang tanduk baru akan tumbuh di musim panas mendatang. Caribou juga merupakan salah satu hewan migrasi terbesar di dunia. Setiap tahun mereka melakukan perjalanan hingga 965 kilometer dalam mencari tempat yang lebih baik untuk mencari makanan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

44
44 upvote
Rado

Legend