Hewan   

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia


12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 1

Ikan air tawar sejatinya adalah ikan yang hidup di perairan seperti danau, rawa atau sungai dimana kadar garam pada air tersebut sangatlah sedikit.

Biasanya, ikan-ikan yang mendiami sungai memiliki ukuran yang kecil hingga sedang dan diburu sebagai lauk makanan sehari-hari. Namun, tahukah anda ternyata di dunia ini banyak sekali ikan air tawar ganas yang hidup di dunia ini.

Ikan-ikan ganas ini, mereka disebut sebagai predator yang sangat berbahaya, bahkan bagi manusia sekalipun. Kali ini Digstraksi akan memberikan daftar 12 Ikan air tawar terganas yang ada didunia, sehingga kamu bisa menambah wawasan kamu mengenai ilmu pengetahuan tentang jenis-jenis ikan ini.

Arapaima

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 3

Arapaima adalah salah satu ikan terganas di dunia, ikan ini termasuk dalam jenis ikan purba karena disebut-sebut telah ada sejak zaman dahulu kala. Di alam liar, ikan ini termasuk dalam predator puncak, dimana mereka akan memangsa ikan-ikan yang lebih kecil dari ukuran mereka.

Ikan Arapaima sendiir berasal dari sungai Amazon yang terkenal dengan tingkat keganasanya karena jenis biota air yang mendiaminya. Saat ini, ikan Arapaima sudah termasuk dalam jenis ikan yang terancam punah karena perburuan untuk dijadikan lauk oleh masyarakat setempat atau untuk diekspor ke berbagai negara.

Aligator Fish

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 4

Ikan Aligator adalah salah satu ikan terganas dengan ciri-ciri memiliki mulut dengan moncong yang panjang mirip seperti buaya. Ikan ini adalah ikan predator yang banyak dikoleksi oleh  para pecinta ikan, terutama pecinta ikan-ikan air tawar sebagai ikan hias.

Di alam liar, ikan ini sering memangsa ikan-ikan dengan ukuran lebih kecil dari dirinya, bahkan kadang mereka juga memangsa burung. Di dunia ini, terdapat 7 jenis ikan Aligator gar, diantara jenis-jenis itu, terdapat salah satu jenis yang sudah masuk dalam kategori langka dan masuk dalam penangkaran. Ikan tersebut adalah spesies Cuban Gar yang berasal dari negara Kuba.

Snakehead Fish

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 5

Snakehead Fish adalah spesies ikan air tawar yang dikenal ganas, terutama untuk ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari mereka. Di Indonesia, ikan snakehead Fish juga dipanggil dengan nama ikan Gabus, ikan Toman.

Ikan Gabus adalah salah satu jenis ikan predator yang saat ini menjadi hama di negara-negara dibanyak negara, salah satunya adalah Amerika. Ikan ini disebut sebagai hama karena kerusakan yang ditimbulkanya, menjadikan ekosistem yang mereka invasi menjadi rusak. Ikan Snakehead Fish berasal dari negara-negara seperti kawasan Asia, dan Afrika.

Belut Listrik

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 6

Belut Listrik juga menjadi salah satu ikan air tawar yang ganas di dunia. Hal ini karena mereka memiliki serangan yang mengerikan, yaitu bisa menghasilkan arus listrik yang sangat tinggi, menurut sebuah jurnal ilmiah, belut ini bahkan mampu menghasilkan daya listrik sebesar 650 volt.

Walaupun belut listik dinamakan belut, ternyata mereka bukanlah belut, melainkan sejenis Ikan air tawar. Di alam liar, belut listrik bisa ditemukan pada daerah sungai Amazon, dan ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 m.

Pari Air Tawar

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 7

Pari Air tawar adalah ikan air tawar yang juga termasuk ganas. Ikan ini, diketahui hidup di daerah Asia Tenggara dan Australia Utara. Tak banyak informasi mengenai keberadaaan ikan pari air tawar raksasa ini.

Menurut informasi, ikan ini bisa berukuran hingga 5 meter dengan berat mencapai 600 KG. Pada bagian ekor, terdapat sebuah jarum yang dapat menyuntikan racun dan sangat berbahaya bagi manusia.

Pari air tawar menjadi sangat sulit ditemukan karena pola hidup mereka yang sering mengubur diri mereka didasar sungai bersama dengan sedimen sungai tersebut. Saat ini, tak diketahui berapa jumlah ikan tersebut dialam liar, selain itu, para peneliti juga khawatir mengingat kerusakan pada sungai saat ini semakin besar dan mengancam spesies ikan pari raksasa ini.

Piranha

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 8

Piranha adalah sejenis ikan air tawar yang masuk dalam golongan ikan predator. Ikan ini menjadi salah satu ikan air tawar terganas di dunia karena kerakusanya saat memakan ikan lain atau hewan lain yang mereka lihat.

Dalam mencari mangsa, ikan Piranha melakukanya secara berkelompok dimana biasanya terdiri dari 50++ ikan dalam sebuah koloni.

Ikan piranha adalah ikan yang berasal dari sungai Amazon yang terkenal sangat mematikan bagi banyak orang. Fakta unik dari ikan ini adalah, mereka dapat mencium bau darah dari jarak 2 mill, 2 kali lebih tajam dari Hiu putih dan 3 kali lebih tajam dari penciuman Aligator.

Ikan Muskelunge

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 9

Ikan Muskelunge adalah seekor ikan yang masuk dalam kategori ikan predator. Ikan ini, merupakan ikan predator terbesar di negeri Asalnya, yaitu Amerika Utara. Saat dewasa, ikan ini mampu tumbuh berkembang hingga mencapai panjang 1,8 meter dengan berat 32 Kilogram.

Ikan Muskelunge adalah sejenis ikan yang masih berkerabat dari ikan barracuda, karena bentuk badanya yang panjang, bergigi tajam dan saat ini, menjadi salah satu ikan yang dilarang masuk ke Indonesia, seperti ikan Aligator, dan ikan Arapaima Gigas.

Ikan Payara

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 10

Ikan payara adalah jenis ikan yang juga disebut sebagai ikan Vampir. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai gigi yang tajam seperti taring vampir. Ikan ini, terkenal karena tingkat kesulitanya saat diperlihara yang sangat tinggi. Mereka membutuhkan akuarium yang luas serta lebar.

Ikan Payara adalah jenis ikan predator yang berasal dari Amerika selatan. Ikan ini terkenal karena memiliki gerakan yang gesit, kemudian licin dan warna sisik tubuhnya yang berwarna perak mencolok. Di alam liar, ikan Payara bisa tumbuh hingga ukuran mencapai setengah meter. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memburu piranha sebagai makananya.

Hiu Banteng

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 11

 

Hiu Banteng adalah salah satu jenis ikan Hiu yang dikenal sebagai ikan predator yang ganas. Ikan ini juga sangat berbahaya bagi manusia karena perilaku mereka yang tidak dapat di prediksi dan cenderung menjadi ganas.

Mereka biasa ditemukan berada didaerah sekitar pesisir pantai, muara sungai bahkan bisa berenang jauh  menyusuri aliran sungai. Hal ini bisa terjadi berkat toleransi mereka terhadap air tawar yang tinggi. Walaupun mereka bisa berenang pada aliran sungai, Hiu Banteng bukanlah jenis Hiu Sungai sejati. Hiu Banteng akan memangsa ikan-ikan, kemudian penyu, burung, kerang, udang-udangan hingga mamalia yang ada didarat.

Ikan Macan

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 12

Ikan Macan adalah sejenis ikan predator yang sangat ganas. Ikan ini memiliki ciri-ciri pada gigi mereka yang berjejer rapi dan tajam. Sebagai ikan predator, ikan macan mampu tumbuh hingga ukuran 90 cm dan mereka sering kali memakan ikan-ikan kecil dan bahkan burung.

Ikan macan adalah spesies ikan yang berasal dari Afrika, dalam memburu mangsa, ikan macan dikenal sebagai ikan yang berkelompok, mirip seperti ikan piranha yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini, juga sesekali memangsa hewan-hewan besar.

Candiru

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 13

Ikan candiru adalah sejenis ikan ganas yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini, walaupun memiliki ukuran kecil(hanya berukuran 15 cm), sangatlah berbahaya bagi manusia. Karena mereka bisa masuk kedalam lubang-lubang yang ada pada manusia.

Ikan ini biasanya memakan insang ikan yang lebih besar di Amazon. Namun, terdapat sebuah kabar jika terdapat beberapa laporan terkait adanya ikan Candiru pada uretra manusia, masuk melalui lubang-lubang tubuh.

Karena hal tersebut, ikan ini masuk dalam kategori ikan parasit, sekali mereka masuk ke salah satu lubang, yang ada pada tubuh manusia, mereka akan tinggal di sana dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dan satu-satunya jalan untuk mengeluarkan ikan ini, hanya melalui operasi.

Lele Raksasa

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 14

Ikan lele raksasa atau The Giant catfish adalah sejenis ikan lele yang sangat ganas di dunia. Ikan ini memiliki ukuran panjang hingga mencapai 3 meter. Ikan jenis ini bahkan pernah masuk dalam daftar Guinness world record pada beberapa tahun yang lalu. Ikan ini memangsa ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari dirinya, bahkan terkadang akan memakan mamalia yang besar.

Di alam liar, ikan Lele Raksasa ini berasal dari Thailand,mereka hidup di sungai-sungai besar disana, seperti sungai Mekong. Saat ini, menurut informasi, Ikan Lele Raksasa sungai Mekong masuk dalam daftar hewan yang dilindugi karena populasinya yang semakin menurun.

Jadi, itu adalah 12 daftar ikan air tawar terganas didunia yang kami berikan untuk kalian. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai jenis-jenis ikan air tawar di dunia.

12 Ikan Air Tawar Terganas Di Dunia 15


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Indah Prameswari

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments