Hewan   

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi


4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 1

Manusia dan kebanyakan hewan lain melihat menggunakan gelombang cahaya. Cahaya memantulkan benda-benda di sekitar dan menjangkau mata, yang menyediakan informasi tentang dunia di sekitar kita. Gelombang suara dapat digunakan dengan cara yang persis sama untuk “melihat.”

Beberapa hewan menggunakan gema atau gelombang suara yang dipantulkan benda di sekitarnya untuk bernavigasi dan menemukan makanan di malam hari atau di lokasi gelap seperti gua. Ini dikenal sebagai ekolokasi. Berikut ini adalah beberapa hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi.

Kelelawar

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 3

Kelelawar mengeluarkan gelombang suara bernada tinggi di luar jangkauan pendengaran manusia dan kemudian mendengarkan gema yang dihasilkan ketika gelombang suara memantul dari benda-benda di sekitarnya. Lipatan di telinga kelelawar secara unik cocok untuk mendeteksi gema ini yang memberi mereka informasi tentang lokasi, bentuk dan ukuran benda di sekitarnya, termasuk benda yang sangat kecil seperti nyamuk. Kelelawar juga dapat menggunakan gema untuk memberitahu arah suatu objek bergerak.

Baca juga  8 Hewan yang Memiliki Suara Paling Keras di Dunia

 

Paus dan Lumba-lumba

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 4

Mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba juga menggunakan ekolokasi untuk menemukan benda-benda pada jarak yang jauh, di luar jangkauan penglihatan, dan juga di kedalaman lautan yang sangat gelap. Paus menggunakan ekolokasi untuk navigasi dan menemukan makanan. Lumba-lumba juga mengeluarkan gelombang dengan jaringan hidungnya dan menggunakan gema untuk menemukan jalan mereka dan berburu. Mereka juga menggunakan ekolokasi untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok lainnya dan menghindari pemangsa.

Baca juga  5 Kemampuan Nen Paling Overpowered dalam Anime Hunter x Hunter

 

Oilbirds dan Walet

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 5

Ekolokasi jarang terjadi pada burung. Dua spesies burung yang hidup di gua-gua dan diketahui telah mengembangkan ekolokasi adalah Oilbirds Amerika Selatan dan burung walet. Oilbirds memancarkan gelombang dan menggunakan gema untuk membiarkan mereka menavigasi dalam kegelapan total. Walet menggunakan ekolokasi untuk navigasi dalam gelap dan juga tujuan sosial. Telinga burung-burung ini, tak seperti kelelawar, tidak menunjukkan modifikasi apa pun yang membuatnya sangat cocok untuk ekolokasi.

Baca juga  5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

 

Tikus

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 6

Tikus dikenal memancarkan suara ultrasonik dan menggunakan gema untuk menemukan serangga maupun mangsa lainnya. Mereka membuka dan menutup mulutnya dengan cepat untuk memancarkan gelombang dari suara intensitas rendah saat mereka semakin dekat dengan mangsanya. Tikus juga menggunakan ekolokasi untuk navigasi. Mereka menemukan jalannya melalui serasah daun atau dalam kegelapan terowongan di gorong-gorong dengan bantuan gema yang dihasilkan oleh suara yang mereka keluarkan.

4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado