Hewan   

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada

Ada yang sampai melintasi samudera lho!3 menit


5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 1

Mamalia, burung, reptil, ikan, dan serangga, semua spesies utama dalam kerajaan hewan melakukan migrasi. Hal ini dilakukan untuk mencari makanan, melarikan diri dari kondisi cuaca buruk dan untuk berkembang biak. Tujuan, musim migrasi dan jalurnya berbeda untuk masing-masing hewan dalam melakukan migrasi. Beberapa dari mereka melintasi ribuan kilometer dan sejumlah negara selama perjalanan panjangnya. Berikut adalah 5 migrasi hewan terjauh dan terpanjang yang pernah ada.

1. Burung Dara Arktik (71.000 KM)

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 3

Burung laut mungil 113 gram ini melakukan migrasi hewan terpanjang di dunia, menempuh jarak tahunan 71.000 kilometer. Burung ini memiliki distribusi perkembangbiakan circumpolar yang meliputi wilayah Arktik dan sub-Arktik di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Itu setara dengan tiga perjalanan bolak-balik ke Bulan seumur hidupnya. Perjalanan panjang memastikan bahwa burung ini melihat dua musim panas per tahun dan lebih banyak sinar matahari daripada makhluk lain di planet ini. Dara Arktik adalah burung berumur panjang, dengan banyak yang mencapai usia 30 tahun. Mereka makan terutama ikan dan invertebrata laut kecil.

Baca juga  5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar

2. Sooty Shearwater (65.000 KM)

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 4

Perjalanan burung Sooty Shearwater membawa mereka dari membiakkan koloni di Selandia Baru ke tempat pemberian makanan musim dingin di Jepang, Alaska atau California. Jalur migrasi mereka mencakup seluruh wilayah Pasifik, membutuhkan waktu sekitar 200 hari untuk menyelesaikannya. Burung Sooty Shearwater menggunakan sistem angin global untuk mengikuti jalur migrasi yang benar. Mereka mengkonsumsi cukup makanan seperti cumi-cumi dari daerah pasifik dan kembali ke Selandia Baru untuk berkembang biak. Data menunjukkan bahwa beberapa burung melakukan perjalanan hingga 910 kilometer dalam sehari, dan menyelam ke kedalaman 68 meter untuk mencari makanan. Sooty Shearwater memiliki panjang 40–51 cm dengan lebar sayap 94-110 cm.

Baca juga  Cara Mengetahui Umur Sugar Glider Beserta Ciri-cirinya

3. Paus Bungkuk (22.000 KM)

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 5

Paus Bungkuk melakukan migrasi terpanjang dari mamalia di dunia. Mereka melakukan perjalanan melalui setiap bagian lautan dunia dan menempuh jarak 22.000 kilometer setiap tahun. Paus Bungkuk bermigrasi setiap tahun dari tempat makan musim panas di dekat kutub ke perairan berkembang biak musim dingin yang lebih hangat dan lebih dekat ke khatulistiwa. Para induk dan anak-anaknya berenang berdekatan, sering menyentuh satu sama lain dengan sirip mereka yang tampak sebagai gerakan kasih sayang. Paus Bungkuk adalah perenang yang kuat, dan mereka menggunakan sirip ekor besar untuk mendorong dirinya melalui air.

4. Gajah Laut Utara (21.000 KM)

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 6

Terkenal karena jarak migrasi yang panjang dan kemampuan menyelam yang luar biasa, gajah laut utara dinamai demikian karena hidungnya yang panjang seperti gajah. Hewan ini berkembang biak, melahirkan dan mabung (kehilangan bulu, rambut, atau kulit) di California dan Baja California (Meksiko), sebagian besar di pulau lepas pantai. Di luar musim kawin dan induk mereka memberi makan sampai ke Teluk Alaska. Gajah laut jantan dan betina dipercaya memakan mangsa yang berbeda. Makanan betina terutama cumi-cumi dan makanan jantan lebih bervariasi, terdiri dari hiu kecil, pari dan ikan lain yang hidup di dasar laut. Seekor gajah laut melakukan migrasi ini dua kali setahun.

Baca juga  5 Film Tentang Perjalanan Menemukan Jati Diri

5. Penyu Belimbing (20.000 KM)

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 7

Penyu Belimbing diberi nama karena cangkangnya, yang lebih seperti penyu kulit. Mereka adalah spesies penyu terbesar. Hewan ini dapat tumbuh hingga 213 cm panjangnya dan melebihi 900 kilogram. Penyu ini juga salah satu hewan yang paling jauh bermigrasi, melintasi Samudra Atlantik dan Pasifik. Penyu Belimbing Pasifik bermigrasi dari pantai-pantai yang bersarang di Segitiga Karang (ini meliputi 6 negara di Indo-Pasifik) sampai ke pantai California untuk memakan ubur-ubur yang berlimpah setiap musim panas dan gugur. Penyu Belimbing dapat menyelam hingga kedalaman 1.280 meter, lebih dalam dari kura-kura lainnya.

5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

Legend