Hewan   

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional


5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 1

Mungkin kamu merasa jijik dengan beberapa hewan antimainstream yang kerap diolah menjadi makanan. Namun perlu kamu tahu, beberapa hewan tersebut ternyata ada yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Hewan ekstrem yang digunakan sebagai obat tradisional, nyatanya membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, hewan menjijikkan tersebut sering digunakan untuk antiseptik. Simak ulasannya berikut ini.

1. Belatung 

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 3

Belatung biasa ditemukan di makanan yang membusuk, bangkai, atau tumpukan sampah. Karena hidup di area kotor sehingga belatung dianggap merugikan lingkungan. Padahal hewan putih ini sangat berguna di dunia medis untuk membersihkan luka. Mereka akan memakan daging-daging busuk dalam luka dan meninggalkan jaringan sehat untuk memulihkan luka. Namun tidak semua belatung bisa digunakan, harus dibawah pengawasan dokter.

 

2. Kuda Nil 

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 4

Sebenarnya Kuda Nil tidak memiliki kelenjar keringat, hanya cairan merah yang berfungsi sebagai tabir surya. Cairan inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sunblock dan diformulasikan dengan cara modern. Hewan ekstrem yang digunakan sebagai obat tradisional ini bisa menangkal sinar ultraviolet. Selain itu berfungsi sebagai antiseptik untuk membersihkan kuman di jaringan wajah, sehingga wajah tampak cerah dan cantik secara alami.

Baca juga  4 Tanda Tanda Hamster Akan Melahirkan

 

3. Cacing Tanah 

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 5

Jenis hewan invertebrata ini tersusun dari segmen-segmen yang berbentuk cincin. Setiap segmen mempunyai beberapa pasang seta untuk memudahkannya bergerak. Cacing termasuk mikrofauna yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem. Ia berfungsi untuk menyuburkan tanah, sehingga tanaman dapat tumbuh sehat dan besar. Terkadang, cacing berguna sebagai pakan ternak seperti ayam dan beberapa jenis burung.

Sedangkan di dunia kesehatan, cacing tanah kerap dijadikan obat yang ampuh mengobati berbagai penyakit. Untuk kebutuhan medis, hewan melata ini dirupakan dalam bentuk kapsul yang berisi ekstrak cacing tanah. Bahkan hewan ekstrem yang digunakan sebagai obat tradisional ini bisa menyembuhkan infeksi saluran pencernaan. Selain itu, cacing sering menjadi obat penawar untuk penyakit stroke serta penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga  Langkah Mudah Menjinakkan Landak Mini Untuk Pemula

 

4. Kecoak 

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 6

Hewan yang hidup di tempat kotor ini identik dengan kata tidak higienis dan membawa penyakit. Bahkan, beberapa orang beranggapan mereka harus dibunuh saat terlihat di depan mata. Sama halnya dengan kecoak yang tampak menjijikkan, padahal kelenjarnya bermanfaat untuk pengobatan. Hewan ini dimanfaatkan sebagai antibiotik karena dapat membunuh bakteri. Meski kurang diterima oleh masyarakat, paramedis tetap memanfaatkannya.

 

5. Lintah 

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 7

Hewan ini kerap diperlakukan buruk karena sifatnya yang menghisap darah manusia. Jadi, banyak orang berpikir jika lintah harus segera disingkirkan. Padahal, hewan ekstrem yang digunakan sebagai obat tradisional ini kaya akan manfaat yang tidak terduga. Lintah dimanfaatkan dalam pengobatan alternatif untuk animal medicine. Terapi lintah sudah populer sejak tahun 2000 lalu, terutama di kawasan Eropa dan Cina.

Baca juga  Hewan Peliharaan Yang Lucu Dan Mudah Untuk Dipelihara

Cara kerjanya, lintah akan menghisap darah dan memasukkan air liur ke dalam tubuh manusia. Di awal pengobatan, lintah hanya berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Namun saat dunia medis mulai berkembang, hewan ini dimanfaatkan untuk mengobati peradangan kronis. Bahkan di dunia kecantikan, kelenjarnya digunakan untuk bedah plastik dan rekonstrusi.

Bagi beberapa orang, hewan menjijikkan tidak bermanfaat dan cenderung merugikan. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, para hewan tersebut sering dipakai untuk keperluan medis. Mungkin kamu akan begidik ngeri saat melihatnya, namun khasiatnya bagus untuk kesehatan. Ada beberapa hewan yang diformulasikan dalam bentuk kapsul, sehingga tampak komersil. Tapi ada juga yang langsung diterapkan pada bagian tubuh tertentu.

5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado