Hewan    , Teknologi   

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia


5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 1

Kemajuan teknologi ternyata tidak hanya berasal dari pemikiran manusia atau rangkaian rumus yang di ciptakan oleh manusia. Tetapi, ada juga lahirnya sebuah teknologi berasal dari alam sekitar. Beberapa hewan di bumi ternyata dapat menginspirasi para peneliti untuk menciptakan sebuah teknologi yang luar biasa. Dengan terus melakukan pengamatan, manusia telah mempelajari hal – hal yang dimiliki oleh beberapa hewan ini.

Mulai dari teknologi pesawat, sistem pembangunan dan alat bantu yang lahir karena kemampuan yang dimiliki hewan – hewan tersebut. Seperti dikutip dari laman Listverse.com, berikut ini 5 hewan yang menginspirasi para peneliti menciptakan teknologi manusia.

1. Kelelawar – SmartCanes

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 3

Kelelawar dikenal dengan kekuatan yang dimilikinya yaitu nokturnal. Kemampuan ini dapat merasakan sebuah objek yang ada di sekitar mereka dalam kondisi yang gelap. Kelelawar akan memancarkan frekuensi sonar tinggi yang dapat memantulkan sinyal pada objek atau benda yang berpotensi akan bertabrakan dengan mereka saat terbang.

Dan dari kemampuannya itulah, manusia menciptakan sebuah alat bantu untuk para tunanetra. Perangkat ini disebut SmartCane yang menempel pada tongkat. Saat gelombang kembali ke perangkat, maka tongkat akan bergetar dan memberikan petunjuk kepada tunanetra untuk menghindar dari jalur yang ingin dia lewati.

Baca juga  10 Rainmeter Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Desktopmu

2. Kupu – Kupu – Layar Anti Silau

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 4

Dilihat dari visual kupu – kupu memiliki sayap yang memukau untuk dilihat. Keindahan dari sayap kupu – kupu inilah yang menginspirasi para peniliti untuk menciptakan sebuah teknologi yang luar biasa. Tahukah kamu, bahwa sayap kupu – kupu ternyata memiliki prinsip anti silau walaupun mempunyai bentuk sayap yang sangat tipis ? Karena itulah, kelebihan dari sayap kupu – kupu ini membuat para peneliti menciptakan sebuah teknologi pada layar ponsel.

Pada tahun 2015, peneliti daro Jerman di Karlsruhe Institute of Technology menciptakan penemuan yang mengejutkan semua orang. Sebuah sistem nanoscopic yang di berhubungan dengan sayap kupu – kupu ini dapat menghilangkan sebagian besar cahaya yang dipantulkan ke layar ponsel. Saat kamu berada di tengah – tengah teriknya sinar matahari, kamu tetap bisa melihat layar ponsel, tanpa harus menambah kecerahan pada layar ponsel.

3. Rayap – Bangunan Hijau

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 5

Rayap merupakan hewan yang tergolong sebagai hewan yang merugikan untuk manusia, namun ternyata  hal itu tidak bisa dipungkiri bahwa rayap juga dapat menginspirasi manusia. Di Afrika, terdapat banyak rumah rayap yang begitu besar, bahkan melebihi tinggi manusia. Rayap yang hidup secara berkelompok ini bisa membentuk tempat tinggal yang kokoh dan kuat. Tidak hanya bentuk dan bangunannya yang kuat, tetapi rumah rayap ini juga mempunyai ventilasi yang sangat menajubkan.

Baca juga  Aplikasi Messenger Selain Whatsapp yang Bisa digunakan untuk Chatting

Hal ini terbukti ampuh untuk mengatur suhu di dalam rumah rayap yang begitu besar tersebut. Dari sinilah, para peneliti mempelajari sistem dari rumah rayap tersebut. Eastgate Center di Harare merupakan tempat perbelanjaan dan perkantoran terbesar di Zimbabwe. Bangunan itu dibangun dari prinsip arsitektur hijau yang terinspirasi oleh rumah rayap. Bangunan ini tidak memiliki sistem pemanas atau pendingin konvensional tetapi menggunakan sistem pasif yang terdiri dari kipas dan ventilasi untuk mengatur suhu dalam ruangan.

4. Hiu – Pesawat

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 6

Hiu merupakan hewan yang paling ditakuti di lautan, karena hiu merupakan predator paling ganas dan dikenal sebagai raja samudera. Tidak hanya unggul dalam memburu mangsanya, hiu juga dikenal dengan jenis kulit yang sangat di inginkan oleh para ilmuan. Tahukah kamu, rahasia kecepatan seekor hiu saat mengejar dan dapat menangkap mangsanya tidak hanya terletak pada kekuatan sirip dan ekor saja, melainkan juga pada permukaan kulit mereka yang disebut sebagai dentikel. Dentikel adalah sekumpulan gigi gigi kecil yang menyerupai sisik yang muncul ke permukaan kulit melalui jaringan epidermis.

Baca juga  Cara Menghapus Akun IG Secara Permanen

Dari hal tersebut, sebuah ide brilian kemudian datang dari tiga ilmuwan Fraunhofer Society. Sebuah organisasi penelitian asal Jerman ini mengembangkan cat khusus yang dipelajari dari kulit hiu tersebut. Cat ini akan diaplikasikan ke permukaan pesawat, agar dapat bergerak lebih cepat layaknya seekor hiu. Jenis kulit hiu ini ternyata dilaporkan dapat mengurangi hambatan saat bergerak.

5. Tokek – Alat Perekat

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 7

Tokek atau cicak besar ini mempunyai kemampuan untuk menapaki permukaan dinding. Kemampuan tokek ini membuat para peniliti bingung selama ribuan tahun. Dan hingga akhirnya pada tahun 2002, peneliti menemukan jawabannya. Ternyata, ada jutaan rambut kecil di kaki tokek yang disebut sebagai setae. Setae ini dapat membantu tokek dan hewan sejenisnya untuk menghasilkan kekuatan elektrostatik jarak pendek atau disebut sebagai van der Waal’s forces.

Tiga lulusan dari University of Massachusetts Amherst menciptakan sebuah perekat super yang terinspirasi dari mekanisme kaki tokek. Alat ini juga bisa lengket pada dinding dan menampung beban hingga 317 kilogram pada permukaan yang halus.

Itulah beberapa hewan yang menginspirasi manusia untuk menciptakan sebuah teknologi yang luar biasa. Percaya tidak percaya, hewan disekitarmu juga mungkin bisa menginspirasi untuk membuat sebuah karya yang luar biasa. Semoga bermanfaat !

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng