Hewan   

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini


8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 1

Kenapa Rusia sering disebut negeri ‘beruang merah’? Tentu saja karena masa lalunya terkait merah atau komunisme. Lantas mengapa beruang? Karena negara Vladimir Putin itu adalah salah satu kekuatan hebat dunia.

Beruang memang sejak lama sering menjadi simbol kekuatan, agresivitas dan kewibawaan. Lantas bagaimana nasib hewan itu sekarang? Ternyata sama seperti hewan besar lainnya, beruang juga rentan terhadap bencana kepunahan.

Walau belum mengalami kepunahan seperti harimau Jawa atau tikus goa Flores, namun beberapa spesies beruang dari jenis tertentu benar-benar membutuhkan perhatian kita semua. Lantas apa saja jenis-jenis beruang yang tersisa di dunia hingga hari ini?

Beruang Cokelat

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 3

Beruang cokelat atau ursus arctos adalah salah satu jenis beruang dengan sebaran wilayah hidup paling luas. Beruang ini bisa ditemui di berbagai tempat, antara lain : Rusia, Eropa Timur, Balkan, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Eropa Selatan, Eropa Barat, Afrika Utara, Mongolia dan anak benua India.

Makhluk ini adalah omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan seperti jamur, buah berry, bunga, dan biji pinus.

Rata – rata berat dari beruang coklat jantan bisa mencapai 180 kg dan 135 kg untuk beruang betina. Sangat berat jika dibanding rata-rata manusia. Sedangkan tubuh beruang coklat bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter lebih. 

Jangan salah meski menyandang nama beruang coklat, pada kenyataannya hewan ini tidak sepenuhnya berwarna coklat.

Beruang di India dan wilayah sekitarnya memiliki bulu agak kemerahan dengan sedikit warna perak. Sedangkan di negeri tirai bambu Cina, beruang ini punya dua variasi warna, yaitu coklat kekuningan dan coklat dengan pola putih di beberapa bagian tubuhnya.

Baca juga  10 Hewan Paling Pintar Di Dunia Saat Ini

Dan yang paling terkenal dari spesias beruang coklat adalah sub-spesies yang hidup di Amerika Utara, dimana bulunya berwarna sedikit gelap. Ya, beruang itu adalah beruang grizzly.

Beruang Kutub

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 4

Beruang kutub memiliki nama ilmiah ursus maritimus. Sesuai dengan namanya, habitat alami dari beruang kutub adalah Arktik atau kutub utara.

Selain hidupnya di daerah es, beruang kutub mudah dikenali dari bulunya yang terlihat berwarna putih.

Posisi beruang kutub sangat terancam oleh perburuan dan pemanasan global. Global warming memang benar-benar menjadi ancaman serius karena telah mengubah kondisi hidup alami beruang kutub.

Perlu perhatian serius dari semua pihak agar populasi beruang kutub bisa tetap terjaga dan terhindar dari bencana kepunahan.

Panda

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 5

Panda atau ailurupoda melanoleuca adalah hewan khas negeri Cina. Beruang panda punya ciri khusus yang mencolok, yaitu corak hitam melingkar di sekitar mata, telinga dan mengelilingi setengah dari tubuhnya. 

Walau terkenal sebagai pemakan bambu, faktanya panda tidak hanya mengkonsumsi bambu, tetapi juga tumbuhan lain seperti rumput dan batang pohon. Selain itu mereka juga mengkonsumsi telur, ikan, bahkan burung.

Sebelumnya para ahli berdebat apakah panda termasuk jenis rakun atau beruang. Akhirnya para ahli memasukan hewan ini ke dalam golongan beruang.

Panda pada awalnya hidup bebas di pegunungan di Tiongkok tepatnya di Sichuan, Gansu dan Shaanxi.

Baca juga  8 Hewan yang Memiliki Suara Paling Keras di Dunia

Sempat mengalami ancaman, populasi panda kembali meningkat akibat perhatian serius dari pemerintah komunis Cina. Mereka melakukan penangkaran dan karantina untuk meningkatkan populasi beruang panda.

Beruang Madu

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 6

Ini adalah beruang yang hidup di Malaysia dan Indonesia, khususnya Kalimantan. Nama latin dari hewan ini adalah helarctos malayanus. 

Beruang madu juga dikenal dengan nama beruang matahari. Mereka punya bulu berwarna hitam yang pendek dan mulut berwarna terang, dengan daerah putih di atas mata.

Nasib beruang madu sungguh menyedihkan. Hewan yang meskipun memiliki rahang dan cakar kuat itu semakin sedikit jumlahnya karena aktivitas penebangan hutan yang merusak habitat alami mereka.

Beruang Sloth

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 7

Nama latin dari beruang ini adalah melursus ursinus. Hewan ini hanya dapat ditemukan di kawasan India.

Dinamakan sloth, karena hewan ini memiliki lidah yang panjang yang berfungsi mengambil serangga yang ada di dalam lubang-lubang kecil. Makanan utama dari beruang sloth yaitu buah – buahan, semut dan rayap.

Beruang Andes

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 8

Beruang Andes banyak ditemukan di beberapa wilayah di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Nama latin dari beruang ini adalah tremarctos ornatus.

Ukuran tubuh beruang jantan lebih besar yaitu sekitar 100 – 200 kg sedangkan untuk beruang betina mempunyai berat mencapai 35 hingga 82 kg.

Beruang Andes juga sering disebut beruang kacamata atau beruang spectacled Ternyata ini memiliki bentuk wajah lebih bulat jika dibandingkan dengan jenis beruang lainnya.

Baca juga  Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau

Beruang Hitam Asia

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 9

Beruang hitam asia memiliki nama ilmiah ursus thibetanus. Selain disebut beruang hitam Asia, hewan ini juga punya beberapa nama lain, yaitu beruang berdada putih dan beruang bulan.

Adanya pola berbentuk huruf V yang berwarna putih kecoklatan di sekitar dadanya merupakan ciri khusus dari beruang hitam Asia. 

Sekilas beruang hitam asia ini mirip dengan beruang coklat namun dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dan langsing. 

Beruang ini memiliki wilayah hidup yang luas dan banyak ditemukan di Korea, Tiongkok bagian timur laut, timur Rusia, kawasan pegunungan Himalaya, India, Jepang, dan Taiwan.

Beruang ini termasuk hewan yang pandai memanjat pohon dan bebatuan untuk mencari makanan, berjemur, istirahat, melindungi diri dari musuh serta berhibernasi.

Beruang hitam asia termasuk hewan omnivora. Di alam liar, mereka makan serangga, larva, telur, jamur, buah – buahan, biji – bijian, madu, dan lain sebagainya.

Beruang Hitam Amerika

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 10

Spesies beruang terakhir bernama beruang hitam Amerika yang dikenal dengan nama latin ursus americanus. 

Beruang hitam amerika termasuk jenis beruang yang sangat agresif dan galak. Mereka selalu ingin menguasai suatu wilayah dan tidak segan berhadapan dengan predator lainnya.

Beruang ini juga bisa digolognkan sebagai makhluk omnivora karena bisa makan tumbuhan maupun hewan lain. Di alam, makanan mereka berupa buah –buahan, serangga, madu, akar pohon, larva, dan ikan salmon.

8 Jenis Beruang yang Tersisa di Dunia Saat Ini 11


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments