Hewan   

Asal Mutiara Dan Mengapa Harganya Begitu Mahal?


Asal Mutiara Dan Mengapa Harganya Begitu Mahal? 1

Mutiara merupakan salah satu perhiasan yang memiliki harga cukup mahal karena keindahannya. Tapi tahukah Anda bahwa Mutiara merupakan satu-satunya permata di dunia yang diekstraksi dari binatang hidup, yaitu kerang tiram. Lantas bagaimanakah bisa ada mutiara yang begitu indah berada dalam tiram? Dari manakah asalnya? Mari kita lihat uraian berikut!

Asal Mutiara Dan Mengapa Harganya Begitu Mahal? 3

Kita semua tahu, setiap binatang punya cara masing-masing untuk bertahan hidup, tidak terkecuali kerang tiram. Saat sebutir pasir atau benda padat masuk ke dalam tubuh, kerang akan mengeluarkan getah di perutnya untuk membalut pasir yang melukainya dengan Nacre, yaitu lapisan pelindung tubuh kerang. Kerang tersebut akan terus mengeluarkan getahnya untuk membungkus pasir kecil tersebut kemudian lapisan Nacre ini akan terus terbentuk memisah dari bagian tubuh kerang sehingga jadilah mutiara. Tapi tentu tidak semua lapisan mutiara berada dalam kondisi baik, tergantung darimana kerang tiram berasal dan kesehatan dari tubuh tiram itu sendiri.

Baca juga  5 Hewan dengan Jalur Migrasi Terjauh yang Pernah Ada

Jika melihat proses yang barusan kita baca dari ulasan di atas, sepertinya mutiara terbentuk dengan begitu mudah, tetapi jika memang semudah itu, lantas apa yang membuatnya jadi begitu berharga cukup mahal? Ini karena mutiara terbentuk bukan dengan sistem kebut semalam, tetapi memrlukan waktu antara lima hingga enam tahun untuk mendapatkannya.
Mutiara dari kerang pun harus melewati berbagai macam proses.

Baca juga  4 Hewan Ini Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi

Pemilihan tekstur yang mulus dan juga bentuk yang bulat sempurna, barulah mutiara ini lulus menjadi sebuah perhiaan yang mempunyai nilai jual sangat tinggi. Dan tahukah Anda, untuk mengambil mutiara dalam kerang juga bukanlah hal yang bisa disebut mudah. Sangat dibutuhkan kesabaran yang cukup ekstra ditambah ketelatenan yang sangat tinggi. Pekerja harus lembut dan sabar membuka cangkang sang kerang, proses ini tidak boleh dipaksakan karna jika dipaksakan akan sangat beresiko tinggi bagi keselamatan kerang tersebut. Tentu saja jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akan membuat nilai jual mutiara yang ada di dalamnya menurun, atau bahkan hal yang paling buru adalah tidak bisa dijual sama sekali.

Baca juga  Lacoste Hadirkan 10 Hewan Terancam Punah Gantikan Logo Buaya Andalannya

Bagaimana sekarang? Apakah Anda sudah tahu asal mutiara dan mengapa harganya bisa jadi begitu mahal?

Asal Mutiara Dan Mengapa Harganya Begitu Mahal? 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

El-Pedia

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments