Berhati – hati dan Ketahuilah Penyakit Hewan Ternak Saat Musim Hujan


Biasanya pada saat musim hujan banyak sekali bakteri dan jamur yang mudah berkembang dan menyerang siapa saja. Khususnya untuk peternak hewan, sangat rentan terkena penyakit di kala musim hujan datang. Penyakit hewan ternak seperti kembung, demam dan cacingan sering terjadi di saat musim hujan. Dinas Pertanian sudah menghimbau dan menyarankan agar para peternak selalu menjaga kebersihan kandang dengan membuang kotoran hewan secara rutin serta mengatur sirkulasi udara di kandang.

Baca juga  12 Foto Cosplay Anak Kecil Bersama Anjing Kesayangannya, Bikin Gemas!

Seperti di lansir dari laman harnas, saat meemasuki musim hujan tingkat kelembaban sangat tinggi, dan khususnya hewan unggas sangat mudah terserang flu,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan.

Baca juga  6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Menurut Destika, untuk mencegah penularan serta menghindari terserangnya penyakit bermacam – macam pada hewan ternak perlu dilakukan upaya vaksinasi, baik pada ayam petelur atau ayam pedaging dan hewan unggas lainnya. “Vaksinasi memiliki fungsi mengurangi risiko hewan ternak terserang penyakit ketika musim hujan datang,” ujar Destika.

Selain itu, para peternak juga harus memperhatikan dan secara rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan kandang untuk menghindari serangan penyakit pada hewan ternak. Dan satu lagi bahwa para peternak tidak lupa dan selalu mewaspadai serangan wabah flu burung pada hewan ternak di daerah masing – masing karena dapat menimbulkan kerugian besar bagi peternak itu sendiri.


Rendy Ng

Legend