Hewan   

Cara Paling Tepat Mencegah Masuknya Ular Ke Dalam Rumah

Cegah sebelum terlambat! 2 menit


Cara Paling Tepat Mencegah Masuknya Ular Ke Dalam Rumah 1

Sejak beberapa waktu lalu, publik tanah air digegerkan dengan kejadian munculnya ular kobra di pemukiman warga. Uniknya, hal ini tidak terjadi di satu daerah saja, tetapi menjadi fenomena serius di berbagai kota besar dan kecil.

Kemunculan ular kobra tersebut terjadi di berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Apakah ular kobra termasuk hewan yang berbahaya? Tentu saja. Hewan ini bisa mengigit atau menyemburkan racun kepada binatang peliharaan maupun manusia. Resikonya bervariasi, mulai dari luka serius hingga berujung kematian.

Seperti diberitakan Tirto, fenomena teror bayi-bayi kobra di beberapa wilayah di Pulau Jawa ini bukanlah tanpa alasan. Pergantian musim menjadi kambing hitam dan penyebabnya. Hal ini karena saat itulah saat yang tepat bagi telur kobra untuk menetas dan memunculkan bayi-bayi ular berbisa tersebut.

Lantas bagaimana cara melindungi rumah maupun kediaman kita dari kekhawatiran munculnya serangan bayi ular kobra itu? Ada pemahaman tradisional yang dipercaya banyak orang bila menabur garam dipekarangan, halaman maupun depan pintu rumah mampu menangkal teror ular yang berniat masuk ke rumah.

Baca juga  5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Benarkah hal itu? Sayangnya tidak. Hal tersebut disampaikan oleh seorang peneliti reptil dari Pusat Penelitian Biologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Amir Hamidy.

Semua itu ternyata hanya mitos belaka dan tidak efektif untuk menangkal kedatangan bangsa ular yang akan memasuki rumah. Lantas jika demikian, bagaimana cara mencegah ular masuk ke dalam rumah?

 

Tutup Celah Pintu, Jendela dan Ventilasi Rumah

Ular bisa masuk ke dalam rumah melalui celah-celah yang ada. Untuk itu perhatikan dan tutup saja celah-celah pintu, jendela maupun ventilasi.

Anda bisa menutup dengan kain atau menggunakan kawat kasa. Hal ini sangat efektif dalam mencegah ular memanfaatkan itu sebagai akses masuk ke rumah.

 

Bersihkan halaman rumah

Setelah didalam rumah sudah bersih dan juga sudah diberi pengharum yang menyengat, kamu juga harus membersihkan halaman rumah kamu guys. Hal yang mesti diperhatikan adalah memastikan tidak ada tumpukan material di luar rumah, dan membersihkan daun-daun kering yang membusuk. Sebab tempat-tempat seperti itulah yang menjadi lokasi favorit ular kobra untuk bersarang.

Baca juga  5 Tips Sebelum Memulai Bisnis

 

Jaga Kebersihan

Salah satu kegemaran ular adalah mendiami tempat-tempat yang lembab. Untuk itu, rajin-rajinlah membersihkan rumah, khususnya ruangan yang berpotensi menjadi sarang ular.

Beberapa ruangan seperti dapur, gudang maupun garasi harus selalu bersih. Hindari menumpuk pakaian, barang-barang atau sampah sehingga bisa memancing kedatangan ular.

 

Kapur Barus, Minyak Tanah dan Bensin

Ternyata ada cara yang efektik untuk melindungi rumah dan pekarangan dari serangan ular. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kapur barus.

Bagaimana caranya? Tumbuk kapur barus hingga halus lalu sebarkan ke area sekitar rumah. Selain kapur barus, bensin dan minyak tanah juga bisa jadi jalan keluar bagi Anda yang ingin melindungi rumah dari ular.

Seperti diketahui, ular sangat sensitif pada bau-bauan. Tetapi dalam menggunakan minyak tanah dan bensin, Anda harus hati-hati karena bersiko menimbulkan kebakaran.

 

Beri Pengharum

Seperti kapur barus, minyak tanah atau bensin, Anda juga bisa menggunakan aneka pengharum ruangan untuk mencegah kedatangan ular. Dengan bau-bauan, ular akan berpikir dua kali untuk mendekat.

Baca juga  4 Hewan Asli Indonesia ini Ternyata Sudah Dinyatakan Punah

 

Sering Memangkas Rumput

Di dalam zoologi, ular adalah hewan berdarah dingin, jadi tak heran mereka suka tempat yang teduh. Mereka memanfaatkan rumput yang tinggi untuk melindungi diri agar tetap terlindungi dari panasnya matahari dan para predator alami, seperti biawak, anjing, elang maupun burung hantu.

Jadi pastikan saja ilalang dan rumput di daerah sekitar Anda pendek atau bersihkan dengan baik. Itu bisa menjadi langkah yang tepat dalam mencegah masuknya ular ke rumah.

Jangan menumpuk daun-daun kering, yang bisa jadi sarang ular selanjutnya. Segera bersihkan dan perkecil resiko teror ular kobra.

 

Bersihkan Pohon Merambat

Ini juga adalah hal perlu Anda perhatikan. Segera pangkas tumbuhan merambat atau semak-semak yang ada di pekarangan atau daerah sekitar rumah Anda.

Terlebih jika pohon terebut memiliki rambatan yang menempel pada dinding atau bagian rumah. Bersihkan dengan segera, karena itulah hal yang bisa dimanfaatkan ular sebagai akses utama untuk masuk ke rumah.

Cara Paling Tepat Mencegah Masuknya Ular Ke Dalam Rumah 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

Legend   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.