3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan

Agar dapat memenangkan persaingan saat melamar pekerjaan, perhatikan 3 hal berikut ini


54
54 upvote
3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan 1

Tingginya angka pengangguran membuat persaingan dalam memperebutkan lowongan pekerjaan begitu ketat. Tidak heran setiap kali ada perusahaan membuka lowongan kerja, berkas lamaran yang masuk bertumpuk-tumpuk, padahal tenaga kerja yang dibutuhkan hanya beberapa orang.

Banyaknya pelamar kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang tersedia tersebut membuat HRD (Human Resource Departement) Perusahaan benar-benar selektif dalam menyeleksi setiap berkas lamaran yang masuk. Artinya, hanya calon tenaga kerja yang memenuhi kualifikasi saja yang bakal diterima.

Baca juga  Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya!

Karena itulah, agar dapat lolos dari rangkaian seleksi dan dapat diterima kerja, perhatikan 3 hal berikut ini:

1. Kirimkan Berkas Lamaran Selengkap Mungkin

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan 3

Surat lamaran, CV, dan berkas-berkas yang lain bukan hanya sekedar formalitas belaka, namun merupakan sarana yang dipakai oleh phak perusahaan untuk mengevaluasi para calon tenaga kerja. Karena itu lengkapi surat lamaran dengan berkas-berkas yang lengkap, seperti piagam penghargaan, sertifikat, dan sebagainya.

Baca juga  Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

2. Kuasai Tekhnik  Wawancara

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan 4

Pastikan sesi wawancara yang Anda jalani tidak saja berlangsung dengan lancar, tapi juga mampu memikat pihak perusahaan untuk menempatkan Anda sebagai salah satu kandidat yang akan mengisi lowongan yang tersedia.

Untuk itu persiapkan sebaik mungkin dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan diajukan, dan persiapkan pula cara terbaik untuk menjawabnya.

3. Tunjukkan Kelebihan yang Anda Miliki

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan 5

Jangan merasa takut dan sungkan untuk menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, entah itu dari sisi pengalaman berorganisasi, ketrampilan yang dikuasai, dan sebagainya. Apalagi jika kelebihan tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Baca juga  Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup?

Cara menunjukkannya bisa melalui berkas lamaran kerja maupun saat sesi wawancara. Dengan menunjukkan nilai plus yang ada pada diri Anda, tentu akan menjadi perhatian tersendiri bari pihak perusahaan.

Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan saat melamar kerja, agar mendapat perhatian lebih dari HRD perusahaan dan dapat diterima kerja di tengah ketatnya persaingan. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

54
54 upvote
aguskurniawan

Emperor