Karir   

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu


5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 1

Sangat sayang sekali jika karir yang sudah dibangun susah payah hancur karena hal-hal sepele. Padahal membangun karir bukan perkara mudah.

Karir seperti sebuah anak tangga yang jika terpeleset akan jatuh ke bawah. Butuh waktu, perjuangan, tenaga dan pikiran untuk bisa kembali menatap ke depan.

Untuk itu sangat penting mengetahui apa saja yang perlu dihindari agar karirmu tidak berakhir sia-sia.

Sudah banyak contoh bagaimana pekerja yang sebetulnya memiliki prospek yang baik harus menerima konsekuensi dari kecerobohannya.

Dalam artikel kali ini, kamu akan menemukan banyak hal yang bisa dipertimbangkan, dipikirkan dan terlebih lagi dihindari agar jangan sampai usahamu selama ini berhenti karena hal sepele.

Unggahan Media Sosial

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 3

Kamu harus tahu dan paham jika perusahaan jaman sekarang sudah tidak mau lagi mempekerjakan para pegawai yang berpotensi bikin perusahaan dalam kesulitan.

Baca juga  5 Resiko Menunda Pekerjaan Bagi Para Freelancer

Mereka tak ragu untuk menegur atau bahkan memecat para karyawan yang hobi mengumbar rahasia perusahaan ataupun menyebarkan kebencian lewat sosial media.

Justru sebaliknya, gunakanlah dengan bijak. Tidak perlu menggunakan media sosial untuk berghibah atau mengurusi hidup orang lain yang sebenarnya tidak ada manfaatnya sama sekali untuk karirmu.

Justru media sosial, jika digunakan dengan bijaksana bisa meningkatkan dan mempercepat promosi atau mendapatkan perhatian positif dari atasan. Semisal kamu bisa mengunggah ide kreatif atau hasil karyamu yang selama ini tidak diketahui oleh atasan ataupun rekan kerjamu.

 

Telat

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 4

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Beberapa CEO, manager, dan owner sangat tidak mentolerir pekerja yang telat.

Telat juga bisa mengindikasikan kamu sebagai seorang yang tidak siap, kurang cekatan atau lebih parah lagi : tidak loyal. Kalau sampai atasan punya penilaian seperti itu padamu, maka bersiaplah karena kinerjamu akan terus menerus diawasi.

Baca juga  7 Aplikasi Office Android Terbaik

Kalau memang perkara utamanya adalah jarak, kamu bisa bernegosiasi untuk mutasi ke cabang yang lebih dekat. Atau jika tidak, maka mau tidak mau, kamu harus berangkat lebih pagi lagi.

 

Dendam Pribadi 

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 5

Punya dendam pribadi juga bisa membuatmu kehilangan karirmu. Bersikaplah profesional. Pisahkan urusan pekerjaan dengan personal.

Ada baiknya untuk meminta atasan atau rekan kerja lainnya untuk memediasi urusan kalian. Selesaikan dengan baik atau itu akan terus menerus mengganggu kinerjamu dan membuatmu tidak betah.

 

Affair

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 6

Cinta lokasi alias cinlok bisa terjadi di mana saja. Namun ingat bahwa kamu harus tetap profesional. Jaga kredibilitasmu. Jangan menjalin hubungan terlarang dengan rekan kerja yang sudah punya ikatan.

Beberapa institusi dan kantor punya aturan yang ketat tentang hal ini. Untuk itu waspadalah. Jangan hanya karena mengejar kesenangan semu kredibilitasmu tercoreng atau bahkan sampai dipecat.

Baca juga  5 Alasan Selebriti Korea Selatan Tidak Menggunakan Media Sosial

 

Bermain Game Online

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 7

Kalau ini fatal sekali. Jangan sampai kamu diskors oleh atasan apalagi dipecat karena sibuk main game online di kala pekerjaan menumpuk.

Bukan hanya itu saja, kamu juga berpotensi menjadi cibiran banyak orang. Terlebih kamu bekerja di sektor publik seperti tata usaha rumah sakit, pegawai bank, atau pegawai negeri sipil.

Kamu harus benar-benar membagi waktu dan bersikap profesional. Bermain game mungkin adalah hobimu namun kamu harus tahu bahwa ketika jam kerja kamu harus fokus dan menyelesaikan tugasmu.

Kecanduan game bisa menjadi hal yang fatal jika tidak kamu kendalikan. Jangan sampai deh karir yang susah payah dibangun hancur sekejap karena kamu ketahuan main game, apalagi menggunakan fasilitas kantor yang harusnya untuk kerja.

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.