Karir   

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda


5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 1

Menjadi seorang profesional tentu merupakan impian dari semua orang, karena dengan menjadi profesional itu artinya kemampuan kamu sudah semakin tinggi, kamu sangat menguasai bidang itu, dan kamu akan “mempunyai nilai” dalam pekerjaanmu. Peningkatan status menjadi seorang profesional juga dapat meningkatkan karir yang kamu miliki. Apabila suatu saat perusahaanmu mempunyai kebijakan pengurangan karyawan, maka kamu akan menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk dipertahankan. Bahkan, kamu juga bisa memulai karir profesionalmu sendiri dengan kemampuan yang kamu miliki.

Menjadi profesional tidak sama dengan banyaknya usia yang kamu miliki. Kamu juga bisa menjadi profesional di usia muda loh! Tapi menjadi profesional tidak bisa datang begitu saja meskipun kamu sudah berpenampilan seperti seorang profesional. Profesionalitas juga mencangkup kualitas kerja dan etika yang baik dengan partner kerjamu. Nah, kamu bisa melatih 5 kebiasaan baik untuk dapat menjadikmu seorang profesional di usia muda!

Manifestasikan Potensi Masa Depanmu

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 3

Baca juga  5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu

Manifestasi dalam artikel ini maksudnya adalah kamu bisa memikirkan suatu ide secara menyeluruh untuk mewujudkan sesuatu. Nah, perjalanan menjadi seorang profesional bisa kamu awali dengan memanifestasikan potensi masa depanmu. Tentukan tujuan karirmu dan pikirkan bagaimana kamu bisa mencapai hal tersebut. Seperti apa ‘loncatan-loncatan’ yang kamu perlukan untuk bisa mendapatkan peluang karir yang lebih tinggi. Kamu harus berpikir bagaimana membangun portofolio yang mengesankan agar dapat meningkatkan “value” yang kamu miliki. Selain itu, cari jaringan profesional sejenis dan terlibat aktif di dalamnya agar dapat meningkatkan pengetahuanmu dalam bidang itu dan mendapatkan teman dalam bidang yang sama.

 

Berkata “Ya”  Untuk Menerima Peluang yang Ada

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 4

Agar dapat menjadi profesional di usia muda, tentu kamu memerlukan banyak “jam terbang” dalam mengasah kemampuanmu. Biasakan menerima peluang yang ada di sekitarmu, atau kamu juga bisa menantang dirimu sendiri untuk menciptakan peluang yang ada. Peluang yang ada bukan hanya tentang pekerjaan yang kamu ambil, tapi juga pelatihan dan seminar yang dapat meningkatkan pengetahuan kamu. Meskipun begitu, kamu juga harus mempunyai batasan diri dalam berkata “ya”, karena waktu sangat berharga, jangan sampai kamu berkata “ya” untuk sesuatu yang justru akan merugikan dirimu sendiri ya!

Baca juga  Proses Kuliah Online Widyatama

 

Terus meng-update informasi

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 5

Seperti yang dikatakan oleh Francis Bacon, “Knowledge is Power” , pengetahuan akan menjadi kekuatan utama bagimu untuk dapat menjadi seorang profesional. Banyak orang yang sudah merasa dirinya tahu segalanya atau bertindk bodo amat akan segala perubahan yang sudh terjadi. Padahal satau satu hal yang membedakan antara profesional dengan amatir adalah ia tahu lebih banyak akan suatu hal di bidangnya, termasuk perkembangan dan perubahan yang terjadi. Kamu harus membiasakan diri untuk selalu mengupdate informasi mulai dari membaca berita, bertukar informasi dengan teman, maupun membaca artikel berbahasa asing sehingga dapat memperluas pengetahuan kita dari orang lain.

 

Merekam Pencapaianmu

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 6

Menjadi profesional tidak harus menjadi sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata. Namun, menjadi profesional artinya kamu harus selalu bertumbuh dari waktu ke waktu. Perjalanan menjadi seorang profesional tidaklah instan. Coba tulis dan rekam pencapaian yang telah kamu lakukan sehingga kamu akan mengetahui sudah sejauh mana kamu melangkah. Tulislah pencapaianmu sekecil apapun itu, maka hal tersebut akan menjadi motivasi atau bisa memudahkan mendapat inspirasi tentang perjalanan karirmu. Dengan merekam pencapaianmu, kamu juga secara tidak langsung “menghargai” dirimu sendiri atas apa yang telah kamu lakukan. Kamu juga bisa membagikan pencapaianmu di media sosial untuk membangun jaringan profesional yang kamu inginkan.

Baca juga  Kamu Kutu Buku? Nih, Pekerjaan yang Cocok Buat Kalian!

 

Manajemen Aktivitas Sehari-hari

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 7

Selalu ingat pesan ini ya, “hidupmu sangat berharga”. Jangan sampai karena terlalu fokus mengejar karir, kamu melupakan kehidupanmu yang lain. Kamu juga berhak untuk mempunyai kehidupan sosial yang baik, kesehatan yang baik, dan melakukan hobi yang kamu cintai. Semua ini justru akan mendukung karirmu jika dilakukan secara seimbang. Berlatihlah mengatur waktu 24 seharimu dengan lebih baik. Kamu perlu tau kapan waktunya kamu berolahraga, beristirahat, belajar, bekerja, dan hangout dengan teman. Dengan begitu, kamu bisa kembali membangun karirmu dalam sebuah energi yang positif dan optimis!

5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Lintangasa

   

Never Stop Learning, Because Live Never Stop Teaching