Karir   

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis


5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 1

Kamu mau tulisanmu tidak hanya terendap di dokumen atau note? Yuk berkenalan dengan platform-platform di bawah ini.

1. Wattpad

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 3

Siapa sih yang tak mengenal aplikasi yang satu ini? Dengan warna orange dan cara penggunaannya yang mudah serta menyenangkan, Wattpad sudah memiliki lebih dari 15 juta pengguna tiap bulannya dan tak terhitung penulis yang sukses karena Wattpad.

Sebut saja Pidi Baiq yang sukses dengan novel Dilan-nya.  Lalu Eriska Febrianti penulis Dear Nathan dan Luluk penulis Mariposa  yang semuanya diangkat ke layar lebar. Untuk kamu yang tertarik menjadi penulis Wattpad, yuk buruan dowloand aplikasinya di play store lalu daftar dan mulai ikuti ketentuannya. Kamu akan menemukan banyak pilihan sesuai kategori tulisanmu.

Baca juga  5 Rayuan Film Dilan Yang Jadi Viral

 

2. Storial

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 4

Kamu tipe penulis yang suka ala-ala tulisan zaman dulu—dengan narasi super detail? Maka Storial sangat cocok buatmu, selain bisa menyalurkan hobi dan meraih banyak pembaca, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang satu ini.

Kamu tinggal daftar dan ikuti ketentuannya, lalu siap-siaplah berkenalan dengan banyak penulis sekaligus pembaca di sana. Oh ya, selain itu Storial juga sangat melindungi tulisanmu dari para plagiator loh. Orang lain tidak akan bisa mengcopas tulisanmu, bahkan sekadar menscren-shotnya, selain tentunya dari diri kamu sendiri. Jadi tunggu apalagi, cobalah dan rasakan sendiri.

 

3. Novelme

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 5

Melihat dari namanya saja kamu pastinya sudah bisa menduga, aplikasi ini memang lebih dikhususkan untuk para penulis novel atau novelis. Kamu bisa menyalurkan hobimu dan meraih banyak pembaca sekaligus keuntungan yang tak main-main. Selain pendapatan dari pihak pembaca kamu bisa mendapat pembayaran tiap bulannya dari pihak Novelme dengan kisaran 400.000 rupiah ke atas.

Baca juga  Mengenalkan Sastra Sejak pada Para Pelajar

Selain itu kamu juga bisa mengikuti lomba tiap season dengan gaji jutaan rupiah. Untuk kamu yang benar-benar serius ingin jadi novelis dan meraih banyak keuntungan, daftarlah di Novelme!

 

4. Cabaca

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 6

Platform yang satu ini masih terbilang baru. Dengan sistem kerang untuk penulis sekaligus pembaca, kamu bisa menikmati tulisan-tulisan berkualitas yang terseleksi dengan ketat.

Untuk menjadi penulis di Cabaca, kamu cukup daftar dan ikuti ketentuannya dengan mengirim sinopsis, data diri , dan tiga bab pertama tulisanmu. Pihak Cabaca akan menghubungi perihal naskahmu apakah diterima atau tidak. Seleksi ini berkisar 1-3 bulan setelah konfirmasi dari pihak Cabaca. Selamat mencoba.

Baca juga  Touch Love

 

5. Mangatoon / Noveltoon

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 7

Kamu suka menggambar dan menulis komik? Atau kamu suka membuat novel? Dua aplikasi ini cocok buat kamu.
Selain menyalurkan hobi dan meraih banyak pembaca, kamu juga bisa mendapat keuntungan berdasarkan koin. Pihak Mangatoon atau Noveltoon akan mengontrak  bila tertarik dengan karyamu. Untuk menjadi penulis di Noveltoon atau Mangatoon kamu harus melewati masa review selama 1-3 hari.

Selain itu kamu bisa mengikuti lomba-lomba dengan hadiah jutaan rupiah. Baru-baru ini Mangatoon/Noveltoon sedang ngadain lomba menulis novel remaja loh. Yuk buruan daftar dan berkenalan dengan sesama hobi dan pembacamu. Selamat mencoba.

5 Platform yang Siap menjadikanmu Seorang Penulis 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Salsa

   

Saya hanya penulis pemula yang lebih memfokuskan pada Fiksi, karenanya di sini kalian mungkin lebih mendapati karya-karya saya berupa cerpen. Saya menerima masukan dari siapa saja, silakan dm ig @penasalsa bila ada saran perbaikan. Terima kasih