6 Online Tools Untuk Membantumu Menulis

Elu sekarang seorang penulis? Entah itu content writer, copy writer, atau apapun lah. Terutama yang online sih.


Elu sekarang seorang penulis? Entah itu content writer, copy writer, atau apapun lah. Terutama yang online sih. Udah tahu 6 online tools yang bisa bantu elu nulis nggak? Informasi ini selain berguna buat yang udah di dunia tulis menulis, dia juga berguna buat yang baru masuk. Nih, 6 online tools itu.

Google Docs

Sekarang ini jangan nulis di word aja. Kalau bisa elu harus nulis juga di google docs. Meskipun Word itu punya cloud onlinenya, tapi itu setau ogut berbayar. Tapi kayaknya gratis juga. Anyway, apapun yang mau elu pilih, bebas. Ogut cuma mau ngomong kalau sekarang data akan lebih aman ketika elu simpen itu secara daring. Jadi google bisa jadi salah satu pilihan.

Baca juga  3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan

Grammarly

Kalau yang ini khusus untuk content writer bahasa Inggris. Situs ini ngebantu kalian buat ngecek grammar kalian udah bener apa belum. Ini ngebantu banget buat menyempurnakan tulisan-tulisan yang udah kalian bikin. Ini gratis, dan kredibel kok. Jadi cocok banget buat para penulis. Ada extensionnya juga di Chrome.

Dropbox

Seperti yang ogut bilang, elu harus menyimpan data-data kerjaan atau tulisan elu secara daring sekarang. Karena ketika komputer lu mati, elu nggak kebingungan. Elu cukup ngebuka komputer lain dan ngebuka website. Nah, selain Google Docs yang ogut bilang tadi, ada juga Dropbox yang bisa elu pakai.

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Evernote

Kalau tools yang satu ini bisa ngebantu elu buat nyimpen artikel atau quote yang nggak sengaja elu temuin ketika sedang berselancar di internet. Jadi elu bisa bikin semacam catatan gitu lah. Kan kadang ide bisa muncul dari mana aja. Dari pada elu mesti bawa buku kecil kemana-mana, ribet, mending elu pakek aplikasi ini.

Trello

Aplikasi atau tools ini bisa ngebantu elu buat tetep produktif. Biasanya tools ini dipakek sama perusahaan yang kebanyakan penulisnya itu kerja di rumah. Ini berguna buat ngatur dan menjaga produktifitas mereka. Makek Trello awalnya memang agak sulit dan rumit. Tapi kalau udah kenal, gampang banget kok. Seriusan. Ogut udah pernah soalnya.

Baca juga  Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Copyscape

Kalau tools yang ini wajib buat para content writer. Ingat kan kalau salah satu syarat utama bikin content adalah nggak boleh plagiat? Nah, copyscape ini ngebantu elu buat nyari tahu apakah tulisan elu plagiat atau bukan. Jadi wajib banget nih buat para penulis konten. Kalau nggak punya ini, bisa jadi nggak maksimal kerja lu.

Jadi itu 6 tools online yang bisa kalian pakai. Semoga manfaat deh ya!


PukulTiga

Novice

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.