Karir   

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya!


Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 1

Biasanya, bikin resume itu bisa jadi gampang banget. Tapi, hanya untuk yang punya pengalaman kerja. Buat yang belum, pasti susah. Mau nulis apa di resumenya? Kertas kosong nggak akan bikin perusahaan kepincut sama kita dan mempekerjakan kita. Iya kan?

Tenang, sebagai seorang shib yang care banget sama kalian semua, ogut mau kasih tips buat bikin resume meskipun kalian belum punya pengalaman. Entah itu fresh graduate, atau baru keluar dari rahim ibu. Ogut kasih nih!

Bikin Biodata Menarik

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 3

Hal pertama yang mesti kalian lakukan adalah membuat biodata yang menarik. Biodata yang menarik itu bukan cuma info umum kayak nama, tempat tanggal lahir, alamat kalian, nomor telepon, dan lain sebagainya. Bukan info umum itu. Info umum itu memang perlu dan penting. Tapi tambah juga info lain yang menarik. Misalnya hobi, minatmu apa, dan usahakan minat itu selaras dengan posisi yang sedang kamu kejar.

Baca juga  7 Pekerjaan Yang Paling Dicari di Tahun 2019

Tulis Prestasi dan Capaian Terbaikmu

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 4

Apakah kalian bilang “Aku nggak punya capaian dan prestasi sama sekali?!” Bisa jadi sih kalian nggak punya capaian dan prestasi sama sekali. Tentunya dengan catatan kalau kalian nggak ngapa-ngapain selama kalian sekolah. Entah di SMA kalian kerjanya bolos doank, atau di kuliah kalian kerjanya pacaran melulu. Tapi tenang, buat kalian yang tidak berprestasi, kalian tetap bisa nulis ini kok. Mungkin emang jadi nggak se”wah” yang berprestasi, tapi kalian tetap bisa nulis capaian-capaian kecil kalian. Misalnya jadi panitia di sebuah event, ikut ekstrakurikuler apa, dan lain sebagainya. Capaian sederhana aja.

Baca juga  3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan

Fokuskan Pada Pendidikanmu

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 5

Kalau yang ini khusus untuk yang punya capaian mentereng di pendidikan mereka. Misalnya, kalian pernah juara kelas, atau cantumkan nilai IPK kalian. Jika kalian punya lebih dari 3.0 maka itu bisa jadi nilai lebih. Jangan lupakan juga pengalaman organisasi dan penghargaan akademik atau non akademik.

Bikin Surat Pengantar yang Kuat

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 6

Kalau biodata dan prestasi, serta fokus pada pendidikanmu masih kurang, maka penyelamatnya ada pada surat pengantar. Surat pengantar ini seperti surat lamaran. Nah, kamu harus menyiapkan surat pengantar yang bagus, kuat, dan bisa mempengaruhi. Kuncinya, ringkas, dan tepat sasaran. Jangan lupa, pakai bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar.

Baca juga  5 Point Penting Dari Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Itu tadi beberapa tips untuk bikin resume, CV, atau portofolio. Apapun bahasamu, intinya sama, sesuatu yang menyampaikan pada perusahaan kemampuan dan pengalamanmu. Jadi, nggak perlu khawatir buat kalian yang baru lulus terus mikir “gimana bisa dapet kerjaan kalau ternyata yang dibutuhin itu pengalaman. Lha kita nyari kerja buat dapet pengalaman, kerjaannya udah nuntut pengalaman. Ngehek bener nih!”  Tenang bro! Pasti dapat kerja kok! Kalau enggak dapet, ya bikin usaha sendiri aja. Enak kan?

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya! 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments