Karir   

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar


cara membuat makalah yang baik dan benar

Banyak diantaranya orang yang bertanya mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar. Pada dasarnya pembuatan makalah itu sendiri akan terasa sederhana dan mudah apabila Anda telah mengetahui apa yang dimaksud dari pembuatan makalah tersebut. Karena itulah bagi Anda yang hendak membuat makalah, ada baiknya jika Anda mengenal makalah itu sendiri terlebih dahulu. 

Apa itu makalah? 

Makalah dikenal sebagai uraian tertulis yang kemudian akan dikemukakan untuk mendapatkan pendapat serta bentuk pembahasan lebih lanjut. Selain itu, makalah juga seringkali disebut sebagai karya tulis yang di dalamnya memuat ide atau buah pemikiran dari seseorang yang kemudian dipublikasikan. 

Mengenal jenis makalah 

Makalah hadir dengan beragam jenis yang berbeda antara satu sama lainnya. Perbedaan tersebut umumnya dipengaruhi oleh maksud serta tujuan yang dimilikinya. Seperti halnya pada beberapa jenis makalah berikut ini : 

  • Makalah kerja

Jenis makalah yang satu ini berasal dari hasil studi penelitian. Dalam makalah tersebut penulis lebih bebas dalam memberikan opini yang bersifat subjektif. Utamanya dari segi pembahasan yang tengah diangkat olehnya. 

  • Makalah ilmiah
Baca juga  7 Pekerjaan Yang Paling Dicari di Tahun 2019

Sesuai dengan nama yang dimilikinya makalah ini berisi hasil studi ilmiah. Karena itulah pada makalah yang satu ini, pendapat yang diberikan tidak boleh berbentuk opini dan bersifat subjektif. 

  • Makalah posisi 

Jenis makalah yang satu ini umumnya disusun sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh pihak tertentu. Fungsi dari makalah yang satu ini adalah sebagai pemecah permasalahan yang ada. 

  • Makalah kajian 

Makalah kajian dikenal sebagai jenis makalah yang didalamnya berisi tata cara untuk menyelesaikan atau membuat pemecahan masalah. Karena itulah makalah yang satu ini bersifat kontroversial. 

  • Makalah tanggapan 

Jenis makalah yang satu ini dikenal sebagai bagian yang paling sering ditemukan oleh siswa atau bahkan mahasiswa sebagai bentuk tugas dari guru atau dosen. Makalah tersebut umumnya berisi tanggapan dari sosok penulis mengenai beragam hal atau permasalahan yang tengah dibahas atau pun permasalahan yang sedang terjadi. 

  • Makalah analisis

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, makalah ini berisi analisis yang dikenal dengan sifatnya yang objektif dan empiris. 

 

Baca juga  5 Resiko Menunda Pekerjaan Bagi Para Freelancer

Struktur makalah yang baik dan benar

Bagi Anda yang ingin membuat makalah yang baik dan benar, maka pastikanlah untuk mengikuti struktur penulis makalah berikut ini : 

  • Cover 

Cover dikenal sebagai sampul dari makalah yang didalamnya berisi judul, logo, identitas penulis hingga tempat dan tahun terbit

  • Kata pengantar 

Kata pengantar adalah bagian pengantar yang diberikan pada para pembaca agar mereka bisa mendapatkan gambaran umum dari makalah tersebut. 

  • Daftar isi 

Informasi yang memuat halaman dari setiap bagian makalah tersebut. 

  • Pendahuluan 

Ada beberapa bagian dari pendahuluan yang harus Anda persiapkan di antaranya :

  • Latar belakang

Latar belakang dikenal sebagai inti jawaban dari setiap permasalahan atau pertanyaan yang kemudian mengarah pada pembuatan makalah tersebut. 

  • Rumusan masalah 

Rumusan masalah umumnya diisi dengan beragam bentuk pertanyaan yang kemudian jawabannya akan Anda bahas di bagian isi atau pembahasan itu sendiri. 

  • Tujuan 

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, tujuan tentunya memuat apa yang ingin Anda tuju dari proses pembuatan makalah itu tadi. 

  • Pembahasan atau isi 
Baca juga  Profesi YouTuber Sedang Naik Daun, Ini Daftar 5 YouTuber Terkaya Di Indonesia

Bagian yang satu ini dikenal sebagai bagian yang paling penting karena memuat uraian pokok dari setiap pembahasan yang dilakukan . 

  • Penutup  

Untuk bagian penutup umumnya terdiri dari kesimpulan dan saran.

Kesimpulan tentunya memuat rangkuman akhir dari pembahasan yang telah Anda lakukan pada makalah tersebut. Sedangkan saran umumnya berisi pendapat mengenai tindak lanjut yang dapat dilakukan oeleh peneliti selanjutnya terkait makalah tersebut dan juga beragam jenis sarana lainnya yang ingin disampaikan oleh pihak penulis.  

Dengan mencantumkan setiap bagian dari struktur makalah di bagian atas tadi, maka dapat dipastikan penulisan makalah pun akan dilakukan dengan lebih tepat dan benar. apalagi jika Anda mengetahui dengan pasti jenis makalah mana yang akan Anda buat seperti halnya pada jenis-jenis makalah di bagian atas tadi. 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar yang dapat penulis bantu jelaskan kali ini. 

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket