Karir   

Contoh Application Letter atau Surat Lamaran Kerja


contoh application letter

Jika Anda bingung mana contoh application letter yang cocok untuk digunakan maka akan lebih baik jika Anda tahu terlebih dahulu apa saja komponen dari application letter ini. lalu apa saja Application Letter ini? berikut ini adalah ulasannya. 

Apa itu application letter?

Hal pertama yang akan kami informasikan adalah mengenai surat application letter.  Application letter bisa disebut juga dengan surat lamaran. Surat lamaran adalah surat yang nantinya akan digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat ini ditulis oleh perorangan dan diberikan pada sebuah perusahaan. 

Jenis surat lamaran ini biasanya  ditulis dengan menggunakan tangan di kertas folio. Ada juga beberapa perusahaan saat ini yang memudahkan pelamarnya untuk menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model Soft copy dan mengirimkannya ke pihak perusahaan yang meminta  surat lamaran ini. 

 

Fungsi dari application letter 

Contoh Application Letter atau Surat Lamaran Kerja 1

Jika dilihat sekilas, sesungguhnya surat lamaran kerja adalah surat yang pada dasarnya digunakan untuk melamar pekerjaan. Akan tetapi sesungguhnya surat lamaran bisa juga digunakan untuk banyak keperluan lain. 

Salah satu tujuan dari pembuatan surat lamaran yang utama sesungguhnya adalah untuk berkomunikasi dengan perusahaan yang ingin Anda tuju. Komunikasi ini digunakan untuk memastikan bahwa kemampuan dan kompetensi Anda bisa tersampaikan dengan baik. 

Jika perusahaan yang akan Anda lamar  mengetahui kompetensi dan kemampuan yang Anda miliki secara jelas maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara untuk membuat surat lamaran dengan baik. jadi bukan hanya mencontoh contoh application letter saja tapi juga membuat surat lamaran tersebut dengan baik agar semua yang ingin Anda sampaikan pada perusahaan yang Anda inginkan tercapai. 

Meskipun isi dari surat lamaran ini penting akan tetapi akan lebih baik bagi Anda untuk membuat surat lamaran Anda lebih menarik dengan desain yang unik dan juga memiliki bahasa yang menarik dan menggerakkan. Pastikan bahasa yang Anda gunakan benar-benar efektif sehingga surat lamaran tidak terlalu panjang tapi juga bisa dapat digunakan untuk menyampaikan sasaran pembahasan dengan tepat. 

 

Baca juga  6 Situs Frelance Terbaik & Cocok Untuk Pemula

Komponen application letter

Setelah tahu apa saja faktor yang diperhatikan untuk membuat surat lamaran yang berkualitas, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai komponen dari surat lamaran yang akan Anda buat. Beberapa komponen dari surat lamaran yang tepat antara lain adalah :

  • Kepala surat
Baca juga  Empat Jari Buya Hamka

Kepala surat bisa mencakup tanggal pembuatan surat dan juga tempat Anda membuat surat tersebut. 

  • Salam pembuka

Salam pembuka surat ini merupakan bagian yang digunakan untuk melakukan pengenalan diri secara umum. dalam bagian ini Anda bisa menceritakan mengenai siapa Anda, pendidikan terakhir dan juga  hal-hal dasar yang menjadi requirement sebuah perusahaan untuk penuhi pelamarnya. 

  • Isi surat 

Setelah Anda membuat surat pembuka, hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membuat isi surat. Untuk membuat isi surat yang baik sudah dijelaskan sebelumnya yaitu Anda sebaiknya membuat surat yang jelas padat dan singkat. 

Dalam ulasan surat lamaran di bagian ini yang Anda harus membahas surat lamaran apa saja point utama dan kekuatan yang Anda miliki sebagai salah satu kandidat terbaik dari pelamar posisi tersebut. 

Dalam bagian ini Anda juga akan menyebutkan semua lampiran yang akan Anda masukkan dalam surat lamaran Anda sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan. Contohnya adalah fotokopi KTP, foto pas, ijazah dan  dokumen lainnya yang diminta oleh perusahaan. 

  • Penutup surat
Baca juga  5 Pekerjaan Tak Lazim yang Dilakukan oleh Pria

Bagian penutup surat ini adalah sebuah bagian yang digunakan untuk penutup surat lamaran yang Anda miliki. di sini Anda harus memberikan ucapan terima kasih dan harapan bahwa surat Anda akan lolos tes administrasi dan lanjut ke tahap selanjutnya. 

Bagian ini nantinya akan diikuti dengan nama terang dan juga tanda tangan Anda sebagai pelamar. Untuk tahu  konten  apa saja yang harus masuk dalam surat lamaran Anda, Anda bisa cek contoh application letter. Akan tetapi untuk isiannya, pastikan surat lamaran Anda dibuat dengan pikiran dan pengalaman Anda sendiri sehingga akan terasa lebih jujur. 

Contoh Application Letter atau Surat Lamaran Kerja 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket

Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket