Karir    , Sains   

Ketentuan & Syarat Contoh Artikel Ilmiah yang Benar


contoh artikel ilmiah

Bagaimana contoh artikel ilmiah yang benar? Istilah artikel sendiri merujuk kepada tulisan-tulisan yang sering kita lihat di website atau blog. Bahkan setiap hari mungkin kita sering membaca artikel dari berbagai tema, entah itu artikel ilmiah, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Biasanya sebuah artikel ditulis seseorang lewat berbagai macam metode, seperti menggabungkan kata demi kata menjadi sebuah kalimat menarik dengan mengarang tulisan, serta membuat tulisan informatif yang bermanfaat bagi pembacanya.

Pengertian Artikel Ilmiah

Pengertian artikel berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sebuah karya tulis seseorang yang dibuat lengkap, sama seperti esai pada surat kabar atau majalah. Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli, salah satunya Rillian E.Wolseley, menjelaskan pengertian artikel sebagai sebuah karangan tulisan dengan panjang yang tak bisa ditentukan, dan bertujuan dalam menyampaikan fakta dan gagasan dengan maksud mendidik, meyakinkan, atau menghibur.

Menurut para ahli lainnya, Al-Aqli mengungkapkan bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis dari tiap disiplin ilmu dan tiap-tiap pembahasan tersebut dilakukan pengkajian dan diselesaikan dengan jelas, tuntas, dan lugas, agar pembaca bisa mendapatkan inti sarinya.

 

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Ciri-Ciri Contoh Artikel Ilmiah yang Benar

Artikel ilmiah yang baik memiliki beberapa ciri, diantaranya :

  1. Memiliki isi yang berdasarkan pada fakta dan bukan sekedar realita semata.
  2. Artikel berisi sebuah karya ilmiah dengan tulisan yang singkat, padat, juga jelas.
  3. Artikel adalah hasil karya tulisan original.
  4. Tulisan bersifat fakta, yaitu mengungkapkan dengan data-data yang tela diketahui penulis.
  5. Berisi karangan sesuai fakta yang didapat dari narasumber atau objek dan bukan hasil dari pemikiran penulis semata.
  6. Berisi tulisan artikel yang memaparkan tentang biografi tokoh tertentu, hasil penelitian, peristiwa, dan lain lain.
  7. Artikel merupakan sebuah tulisan yang berbentuk gagasan dan umumnya membicarakan kebutuhan pembacanya.

 

Apa Saja Persyaratan Artikel Ilmiah?

Ketentuan & Syarat Contoh Artikel Ilmiah yang Benar 1

Dalam penulisan contoh artikel ilmiah ada beberapa persyaratan khusus supaya tidak dibuat sembarangan, serta bisa menjadi karya yang mudah dipahami oleh pembaca dengan baik. Adapun persyaratan artikel tersebut, ialah sebagai berikut :

  1. Bahasa yang digunakan dalam sebuah artikel haris disesuaikan model tulisan artikel yang akan dibuat.
  2. Tulisan pada artikel harus dibuat sendiri alias original dari hasil karya sendiri.
  3. Biasanya sebuah topik artikel yang diangkat dari sebuah artikel ialah berdasarkan sebuah kejadian yang terjadi atau suatu respons.
  4. Ide yang ada pada artikel ialah ide yang berasal dari penulis maupun narasumber, atau bisa juga dengan mengambil rujukan dari jurnal, media internet, Koran, dan buku.
  5. Penulisan artikel sendiri tidak terikat waktu, bentuk berita, teknik penulisan, dan gaya bahasa. Selain aktual, gaya penulisan dan panjang pendek artikel harus diperhatikan.

 

Baca juga  Cara Membuat Kata Pengantar Laporan

Model Penulisan Artikel Ilmiah

Artikel sendiri mempunyai berbagai model penulisan, diantaranya yang perlu Anda ketahui ialah :

  1. Penulisan Populer

Model penulisan populer ini biasanya di dalam artikel menerapkan tulisan yang bersifat menghibur, ringan, dan mudah dimengerti. Untuk penggunaan bahasa artikel sendiri biasanya bebas, dan memakai bahasa artikel seperti pada Koran atau majalah.

  1. Penulisan Ilmiah

Model penulisan ilmiah ini di dalamnya menggunakan tulisan bahasa resmi dan baku, selain itu juga memperhatikan ejaan paling tepat. Selain itu, menggunakan  penulisan yang sudah disahkan oleh hukum dan model artikel ini cenderung sulit. Sehingga memerlukan pembelajaran khusus bagi penulisnya.

  1. Penulisan Ilmiah Populer
Baca juga  5 Film Tentang Karir yang Wajib Ditonton

Model penulisan yang selanjutnya ialah penulisan artikel ilmiah populer. Dimana penulisan artikel ilmiah populer ini ialah perpaduan dari model artikel populer dan ilmiah, biasanya ditujukan untuk kalangan luas atau umum.

Dalam sebuah artikel juga ada beberapa metode penulisan, diantaranya metode penulisan argumentasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan narasi.

Pemilihan bahasa dan kata-kata penulisan artikel wajib memakai Bahasa secara umum, supaya bisa dimengerti dengan mudah mengenai masalah atau pembahasan yang dibicarakan. Untuk artikel sendiri terdiri dari pendahuluan, dilanjutkan dengan isi lalu penutup. Untuk sistematika penyusunannya tak diatur seperti halnya pada skripsi maupun buku yang harus ditandai oleh pembagian bab.

Contoh artikel ilmiah biasanya hanya ditandai oleh peralihan paragraf. Selain itu, beberapa jenis artikel yang bisa Anda pelajari lainnya ialah artikel eksploratif, prediktif dan deskriptif.

Ketentuan & Syarat Contoh Artikel Ilmiah yang Benar 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket

Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket