Karir   

Contoh Cerita Fiksi


Contoh Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi pastinya sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Namun sepertinya masih banyak orang yang merasa kebingungan untuk menjabarkannya.

Mengenal Tentang apa Itu Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi 1

Pada dasarnya cerita fiksi bisa dikatakan sebagai cerita khayalan yang mana isi dari cerita, baik itu alur cerita, tokoh, latar tempat dan semuanya adalah berasal dari imajinasi sang penulis. Bahkan di dalam cerita fiksi ini sering kali tertulis alur cerita yang bahkan tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata. Namun oleh sang penulis diolah menjadi sebuah cerita yang rasanya seperti benar – benar terjadi.

Biasanya di dalam Contoh Cerita Fiksi penulis akan menjabarkan tentang banyak hal. Mulai dari tokoh, karakter atau sifat dari tokohnya, alur cerita hingga tema yang merupakan inti dari seluruh cerita tersebut.

Penulis juga akan membuat pembaca seolah ikut berada di dalam alur cerita yang ditulis. Bisa memahami dan merasakan konflik masalah yang terjadi, mulai dari awal terjadinya konflik, puncak konflik hingga proses penyelesaian konflik sampai akhirnya menemukan solusi baik itu akhir cerita yang bahagia maupun sebaliknya. Secara tanpa disadari pembaca juga akan ikut memahami setiap karakter, sifat dan tokoh yang ada sehingga ketika mengikuti alur cerita yang digambarkan secara otomatis akan ikut terbawa suasana.

 

Baca juga  Cara Membuat & Contoh Kata Pengantar yang Baik

Apa Sajakah Ciri – cirinya?

Contoh Cerita Fiksi 2

Ketika melihat sebuah Contoh Cerita Fiksi sebenarnya bisa dengan mudah menyimpulkan bahwa cerita tersebut merupakan cerita fiktif atau bukan. Hal tersebut bisa dibuktikan melalui ciri – ciri sebagai berikut :

Alur Cerita Sulit Diprediksi

Ketika melihat sebuah sinetron, tentunya terkadang orang akan sangat mudah menebak alur atau ending ceritanya. Namun berbeda dengan cerita fiksi dimana terkadang alur ceritanya sangat tidak bisa diprediksi. Selalu ada alur yang unik dan membuat penasaran, terutama mengenai endingnya.

 

Tema Cerita Berupa Fantasi

Secara keseluruhan sebenarnya cerita fiksi adalah karangan belaka. Bisa berasal dari imajinasi si penulis atau memperoleh ide dari sumber lain seperti buku atau film. Hampir secara keseluruhan cerita tidak mungkin terjadi di dalam kehidupan nyata.

 

Tema Cerita dan Latar Lebih Mengarah Pada Dunia Magic

Cerita fiksi juga erat kaitannya dengan dunia magic dan fantasi. Misalnya saja cerita tentang kerajaan bawah laut, cerita tentang seorang putri yang mampu berbicara dengan hewan dan lain sebagainya. Umumnya alur cerita akan dibumbui dengan magic seperti sihir, dunia peri dan masih banyak lagi.

 

Menggambarkan Tokoh dan Karakter yang Unik

Sering kali dalam sebuah cerita fiksi akan menjumpai beberapa tokoh dengan sifat dan karakter yang berbeda, dimana setiap karakter tersebut memiliki keunikannya masing – masing. Misalnya saja tokoh A yang memiliki kemampuan bisa terbang, tokoh B yang bisa menghilang dan lain – lain.

 

Gaya Bahasa Unik Tapi Mudah Dipahami

Kebanyakan cerita fiksi menggunakan bahasa yang unik. Tidak terpaku pada bahasa baku namun tetap mudah dipahami oleh pembacanya.

 

Baca juga  Dari Overthinking Menjadi Karya

Mampu Memberikan Imajinasi Pada Pembacanya

Disadari atau tidak, ketika membaca sebuah cerita fiksi para pembaca akan ikut terbawa dalam alur ceritanya. Bahkan tidak sedikit yang membayangkan seandainya alur cerita dari kisah fiktif tersebut bisa benar – benar terjadi. Hal ini menandakan bahwa cerita fiksi mampu menarik emosi pembacanya agar ikut masuk ke dalam alur cerita.

Dari ciri – ciri di atas, tentu bisa sedikit membantu anda dalam membedakan manakah yang termasuk cerita fiksi dan mana yang bukan.

 

Contoh Cerita Fiksi

Setelah melihat ciri – ciri dari cerita fiksi di atas, tentu selanjutnya orang akan penasaran dengan seperti apakah Contoh Cerita Fiksi itu. Berikut ini adalah sedikit Contoh Cerita Fiksi yang bisa dijadikan sebagai gambaran.


Riri dan Kucing Ajaib

Contoh Cerita Fiksi 3

Di suatu pagi yang cerah, Riri sedang berjalan – jalan mengitari taman bunga mawar kesayangannya. Seperti biasanya ia menciumi bunga kesayangannya itu. Kemudian memunguti dedaunan yang sudah mengering kemudian menyiraminya dengan air yang sudah dipersiapkan.

Ketika hendak berjalan menuju ujung taman, betapa terkejutnya Riri melihat seekor kucing tergeletak tak berdaya. Dengan tergesa – gesa Riri mengangkat kucing itu lalu membawanya pulang. Sesampainya di rumah, Riri meletakkan kucing malang tersebut pada sebuah selimut. Riri membersihkan badan si kucing yang kotor dan penuh dengan luka.

Kemudian setelah badan si kucing bersih, dengan sabar Riri memberikan makan kepada kucing itu. Hal ini dilakukannya setiap hari dengan penuh kasih sayang dan ketulusan sampai akhirnya si kucing sembuh.

Si kucing menyadari ketulusan Riri kemudian ketika melihat Riri sedang terlihat sibuk mempersiapkan makan untuknya, si kucing pun menghampiri Riri lalu menggosokkan badannya pada kaki Riri. Riri terkejut kemudian menggendong si kucing dan memeluknya.

Mata si Kucing dan Riri saling bertatapan kemudian betapa terkejutnya Riri mendengar si kucing berbicara layaknya manusia. Si kucing mengucapkan terima kasih karena Riri telah merawatnya selama ini. Dan sebagai bentuk rasa terima kasih, si kucing pun menawarkan hadiah untuk Riri. Riri boleh meminta apa saja, maka akan dikabulkan.

Namun ketulusan hati Riri membuat kucing tersebut meneteskan air mata. Riri tidak meminta apapun pada sang kucing. Riri hanya berharap bahwa si kucing selalu hidup sehat dan bahagia.

Mendengar hal itu si kucing lantas turun dari pelukan Riri kemudian menuntun Riri menuju sebuah pohon yang berada tak jauh dari taman tempat biasa Riri merawat bunga mawar kesukaannya. Sesampainya di sana ternyata pohon itu memiliki sebuah pintu, ketika pintu tersebut terbuka terlihat sebuah dunia yang begitu indah yang tak pernah Riri lihat sepanjang hidupnya.

Dengan tanpa ragu si kucing mengajak Riri masuk kemudian memperkenalkan kepada dunianya bahwa Riri adalah manusia bumi yang baik karena telah menolong dan merawatnya dengan penuh cinta. Sejak saat itulah, Riri sering kali berkunjung ke dunia lain tempat dimana kucing itu berasal. Riri dan kucing ajaibnya menjadi sahabat yang saling menyayangi selamanya.

Contoh Cerita Fiksi 4
Baca juga  Beberapa Rintangan Besar dalam Menulis & Cara Mengatasinya

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan