Karir   

Cara Membuat & Contoh Kata Pengantar yang Baik


contoh kata pengantar

Dalam pembuatan makalah, laporan, skripsi, hingga tesis, pasti ada halaman kata pengantar. Halaman kata pengantar umumnya berisi ucapan puji syukur dan terima kasih dari penulis. Contoh kata pengantar yang baik juga memuat uraian yang menggambarkan karya tersebut.

Mengingat pentingnya kata pengantar dalam suatu karya tulis, penyusunannya haruslah dilakukan secara baik dan benar. Salah satunya adalah menggunakan bahasa yang sopan, tepat, dan sesuai dengan kaidah bahasa.

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar yang baik dan benar memiliki struktur seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Pembukaan

Pembukaan pada kata pengantar berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya skripsi, laporan, makalah, tesis, maupun karya tulis lainnya. Pada bagian ini pula penulis dapat mengucapkan rasa terima kasihnya kepada orang-orang yang terlibat dalam pembuatan karya tulis.

Isi

Pada bagian ini penulis memberikan gambaran isi karya tulis yang dibuatnya. Penjelasan ini mencakup pada judul dan isi karya tulis. Meski begitu, isi karya tulis yang dipaparkan dalam kata pengantar tidak perlu ditulis seluruhnya. Penulis cukup menjelaskan sedikit saja agar pembaca memiliki gambaran dan tertarik untuk membaca karya tulis tersebut.

Penutup

Bagian penutup dari kata pengantar berisi permohonan maaf yang ditujukan kepada pembaca. Tujuannya untuk meminta maaf jika selama membaca terdapat beberapa kekeliruan dalam karya tulis. Selain itu, bagian penutup juga membuat harapan penulis selama menyusun karya tulis tersebut. Penulis dapat menambahkan permintaan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk membuat karya tulis tersebut lebih baik lagi.

 

Baca juga  Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan

Cara Menulis Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Cara Membuat & Contoh Kata Pengantar yang Baik 1

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa cara penulisan kata pengantar yang baik dan benar haruslah sesuai dengan kaidah bahasa. Selain itu, kata pengantar haruslah disusun sesuai dengan struktur yang ada. Yakni berisi pembukaan, uraian singkat, dan penutup.

Kata pengantar sebenarnya berisi curahan penulis yang ditujukan kepada pembaca. Tak mengherankan jika sebagian besar penulis pun menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya terhadap keluarga maupun orang-orang terdekat yang telah mendukung dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.

 

Baca juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini beberapa contoh kata pegantar pada skripsi dan makalah.


Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Segla puji penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan skripsi yang berjudul [“judul skripsi”].

Skripsi ini dibuat dan diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata I pada Fakultas [nama fakultas] di [nama unversitas atau perguruan tinggi].

Selama penulisan skripsi, penulis menerima banyak bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat. Oleh sebab itu, penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

[Daftar ihak yang telah membantu proses penyusunan skripsi. Biasanya diurutkan dari yang paling berpengaruh. Mulai dari rektor, dekan, kepala program studi, dosen pembimbing, staff di tempat penelitian, orangtua, dan lain sebagainya.]

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masihlah jauh dari sempurna, oleh karenanya, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun. Penulis berharap, laporan skripsi ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak.

 

[Tempat, tanggal dan tahun penulisan skripsi]

Baca juga  Mengenal Surat Keterangan Penghasilan & tujuannya 

 

[Penulis]


Contoh kata pengantar makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan kasihnya sehingga kami mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul [judul makalah] tepat pada waktunya.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah [nama mata kuliah] pada studi [nama jurusan] [fakultas] [perguruan tinggi]. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi penulis dan pembaca terkait [topik makalah].

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu [nama dosen] yang telah memberikan tugas sehingga kami dapat menambah wawasan yang relevan dengan bidang studi yang kami ambil.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karenanya, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini bisa lebih baik lagi.

 

[Tempat, tanggal dan tahun pembuatan.]

 

[Penulis]

Demikianlah contoh kata pengantar dan struktur penulisannya.

Cara Membuat & Contoh Kata Pengantar yang Baik 2

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan