Karir   

Contoh Laporan PKL – Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL


contoh laporan pkl

Contoh laporan PKL – Cara membuat laporan magang/PKL atau prakerin ditujukan untuk mempermuda siswa maupun mahasiswa untuk melaksanakan program magang, dengan demikian akan memberikan manfaat optimal pada kegiatan tersebut.

Tujuan Pembuatan Laporan PKL

Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL 1

Ada beberapa tujuan pembuatan laporan PKL, diantaranya :

  • Tersedianya definisi dengan jelas tentang program praktik kerja lapangan atau PKL dan persyaratan yang wajib dipenuhi guna melaksanakan kegiatan tersebut.
  • Tersedianya tahapan-tahapan yang perlu dilakukan siswa maupun mahasiswa, untuk membimbing pelaksanaan PKL.
  • Tersedianya tata cara dan tahapan melakukan penelitian.
  •  Tersedianya pedoman dan tata cara penulisan laporan PKL yang sesuai dengan tatanan bahasa Indonesia.
  • Tersedianya kriteria penilaian dengan jelas yang mempermudah evaluasi terhadap pelaksanaan magang serta penyusunan tugas akhir.

 

Istilah Pedoman Cara Dalam Pembuatan Laporan PKL

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam pedoman pembuatan laporan PKL, diantaranya :

  1. Program PKL, ialah program praktik kerja atau latihan di suatu organisasi atau lembaga perusahaan yang sebanding dengan 3 SKS (satuan kredit semester), kegiatan akademik dengan 1 SKS berbentuk perkuliahan dan 2 sks berbentuk latihan kerja atau praktik kerja yang dilakukan di luar kampus. Bertujuan untuk membantu mahasiswa saat terjun ke dunia kerja secara nyata.
  2. Proposal program PKL, ialah rencana pelaksanaan latihan kerja atau praktik kerja, sekurang-kurangnya terdapat tujuan, rencana kegiatan, tempat PKL, biaya PKL, dan waktu kegiatan.
  3. Laporan program PKL, ialah berupa karya ilmiah hasil dari laporan kegiatan PKL yang dilakukan di lembaga non keuangan atau lembaga keuangan syariah, baik itu kantor akuntan publik, perusahaan, hingga pemerintahan.
  4. Pembimbing lapangan, ialah dosen yang biasanya ditunjuk Ketua Program Studi guna mengarahkan mahasiswa untuk melakukan program kerja lapangan di organisasi atau lembaga tertentu supaya dapat melaksanakan program PKL sesuai harapan organisasi atau lembaga di tempat PKL itu sendiri.

Maksud dan Tujuan Dilaksanakannya Program PKL

Maksud pelaksanaan program PKL itu sendiri ialah guna memberikan pengalaman bagaimana dunia kerja bagi para mahasiswa, di organisasi/lembaga/perusahaan, karenanya mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang didapat di perkuliahan dengan ilmu yang didapat  dari tempat PKL.

 

Baca juga  Seluk Beluk Surat Penawaran Harga

Lokasi Penyelenggaraan Program PKL

Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL 2

  1. Lembaga atau perusahaan bisnis yang biasanya dikelola secara syariah, entah itu dalam sektor riil maupun sektor keuangannya. Lembaga atau perusahaan bisnis tersebut minimal mempunyai karyawan sebanyak 25 orang.
  2. Lembaga penelitian khususnya namun tak terbatas pada hal yang memfokuskan kajian terhadap ekonomi syariah.
  3. Lembaga dakwah dengan program pemberdayaan ekonomi publik/masyarakat.
  4. Lembaga dakwah dan penelitian harus sudah beroperasi setidaknya 5 tahun.

 

Baca juga  Contoh Kata Pengantar Makalah

Apa Saja Kegiatan PKL yang Dilakukan Mahasiswa?

Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL 3

Kegiatan program PKL setiap mahasiswa tentu berbeda, sesuai kebutuhan lembaga atau organisasi tempat PKL itu sendiri. Tidak ada syarat yang bakku dalam mengatur kegiatan ini, namun selama melakukan PKL mahasiswa biasanya harus berkonsultasi rutin dengan pembimbing lapangan dan dosen pembimbing terkait kegiatan PKL. Lalu mahasiswa harus menyusun laporan PKL sesuai data-data yang diterima saat melakukan program PKL.

 

Isi Contoh Laporan PKL

Peserta yang melakukan program PKL harus menyusun laporan PKL yang mendeskripsikan tentang kegiatan yang telah dilakukan selama mengikuti PKL, temuan dan analisis berdasarkan temuan-temuan tersebut.

Adapun isi laporan biasanya terdiri atas :

  • Pendahuluan, berisi latar belakang kenapa program PKL dilakukan, tujuan serta sistematika penulisan.
  • Gambaran umum tentang tempat PKL. Berisi tentang sejarah berdirinya lembaga/organisasi/perusahaan tempat PKL, visi misi, tugas, fungsi, ruang lingkup bisnis dan perkembangan usaha.
  • Tinjauan PKL, menjelaskan tentang waktu dan PKL, deskripsi bagian/divisi tempat PKL serta deskripsi kerja.
  • Kegiatan dan pembahasan yang menggambarkan tentang kegiatan atau aktivitas yang dilakukan saat mengikuti PKL, dan pembahasan terhadap temuan yang relevan dengan teori yang dipelajari dengan praktiknya di lapangan tepatnya di tempat PKL.
  • Penutup, berisi saran dan kesimpulan, saran baik untuk instansi atau perusahaan tempat PKL atau untuk perbaikan kegiatan PKL di masa mendatang.

Dalam contoh laporan PKL, Anda juga harus mengetahui cara pembuatan dan sistematika laporan PKL, seperti bagian depan laporan, bagian isi laporan, dan bagian akhir laporan. Susunan laporan harus dibuat selengkap dan seinformatif mungkin.

Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL 4

Baca juga  Tips Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi 

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket