Karir   

Fungsi, Susunan, & Contoh Notulen Rapat


contoh notulen rapat

Dalam melakukan kegiatan rapat pastinya yang paling penting dan wajib adalah notulen. Ya, notulen rapat adalah suatu ringkasan mengenai jalannya rapat pada saat itu dari mulai acara sampai pada akhir acara. Notulen ini ditulis oleh notulen yang memiliki kemampuan yang baik dalam pencatatan. Anda juga ingin menjadi notulen? Lihat beberapa fungsi, susunan, dan contoh notulen rapat yang bisa Anda simak agar bisa lebih tepat dan lebih profesional nantinya. 

Apakah Fungsi dari Notulen Rapat ?

Fungsi, Susunan, & Contoh Notulen Rapat 1

Yang pertama harus Anda tahu adalah fungsinya dari notulen itu sendiri sehingga Anda bisa memaknainya dengan lebih baik lagi.

  • Untuk Mendokumentasikan Hasil Keputusan Pada Rapat

Fungsi yang pertama adalah untuk mendokumentasikan hasil keputusan yang telah dilaksanakan pada rapat. Hasil keputusan dari rapat ini bisa dilihat di waktu mendatang untuk menindaklanjuti berbagai keputusan yang sebelumnya telah dilakukan.

  • Untuk Mengukur Kesuksesan suatu Pelaksanaan Rapat

Notulen juga sangat berguna untuk mengukur kesuksesan dari suatu pelaksanaan rapat itu sendiri. Semakin baik dokumentasi dari rapat maka berjalannya rapat pun juga bisa dikatakan sukses.

  • Untuk Mendokumentasikan Keberjalanan Rapat
Baca juga  5 Tips Berburu Lowongan Kerja

Yang berikutnya adalah untuk mendokumentasikan keberjalanan rapat yang mana di dalam notulen tersebut berisi tentang informasi lengkap dari acara rapat tersebut dari mulai tema, siapa yang hadir, bagaimana keputusan akhirnya, dan lain sebagainya.

 

Susunan Notulen Rapat

  • Kepala Notulen

Yang pertama adalah kepala notulen yang merupakan bagian pertama dari notulen rapat ini. Bagian ini harus ditulis pada awal-awal pembuatan notulen itu sendiri. Kepala notulen ini berisi beberapa poin berikut ini:

  1. Nama dan juga tema rapat yang akan dibahas
  2. Waktu acara rapat dilaksanakan yaitu memuat hari dan tanggal acara dilakukan. Jangan lupa untuk menyertakan waktu dalam bentuk jam juga.
  3. Tempat acara rapat dilaksanakan
  4. Dan yang terakhir adalah pihak-pihak yang terlibat dalam rapat seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, seksi-seksi, notulis sendiri, dan juga nama-nama atau jumlah peserta rapat yang hadir.
  • Isi Notulen
Baca juga  Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL

Setelah bagian paling atas sudah ditulis sebagai pembuka maka selanjutnya adalah menulis isi notulen itu sendiri yang merupakan isi dari rapat yang sedang terjadi. Isi notulen ini menyangkut berbagai poin penting yang ada di dalam rapat dan disusun dengan sangat sistematis sehingga bisa dibaca pada waktu yang akan mendatang. Isinya dibagi menjadi 4 poin penting yaitu:

  1. Yang pertama adalah kalimat pembuka yang mendasari pembuatan notulen
  2. Selanjutnya adalah pembahasan pada rapat tersebut dari mulai inti rapat sampai pada beberapa pertanyaan dari peserta.
  3. Lalu pembacaan keputusan pada akhir acara rapat
  4. Dan yang terakhir waktu akhir acara atau penutup
  • Bagian Akhir Notulen

Dan yang terakhir adalah bagian akhir notulen yang menjadi penutup dari proses notulen tersebut dan bisa menjadi suatu kesimpulan dari notulen yang telah ditulis dalam isi di atas. Pada akhir notulen ini juga disertakan nama jabatan, kolom tandatangan, dan nama orang yang bertandatangan di notulen tersebut.

  • Tanda Tangan
Baca juga  5 Pekerjaan Tak Lazim yang Dilakukan oleh Pria

Dan yang terakhir adalah tanda tangan dari pihak-pihak perwakilan dalam rapat misalnya adalah ketua rapat, wakil ketua rapat, sekretaris, dan juga perwakilan peserta rapat pada saat itu serta yang tak kalah pentingnya adalah tandatangan dari notulis itu sendiri.

 

Contoh Notulen Rapat

Jika berbicara contoh, ada banyak sekali contoh notulen rapat yang harus Anda tahu. Dari yang tingkat kecil saja misalnya notulen rapat karang taruna, OSIS, desa, puskesmas, seminar, kantor, dan masih banyak yang lainnya. Intinya sama saja akan tetapi untuk isi dari notulen tersebut yang membedakan antara satu dengan yang lainnya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan yang cukup singkat akan tetapi lengkap mengenai notulen rapat dan juga contoh notulen rapat sehingga kini Anda sudah semakin tahu. Kini Anda sudah mengetahui sehingga pada pelaksanaan rapat sekecil apa pun biasakan untuk membuat notulen rapat. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membaca artikel ini.

Fungsi, Susunan, & Contoh Notulen Rapat 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket