Karir   

Pendahuluan Makalah & 4 Komponen Penting


Pendahuluan Makalah 

Membuat makalah adalah salah satu pekerjaan yang memang tidak mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, ketika Anda membuat makalah Anda harus tahu terlebih dahulu hal apa saja yang akan Anda butuhkan untuk mengerjakan makalah tersebut termasuk bagian pendahuluan. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja bagian pendahuluan yang harus Anda buat dan contoh pendahuluan makalah, maka berikut ini adalah ulasannya. 

Komponen latar belakang 

Bagian pendahuluan dari sebuah makalah juga bisa disebut sebagai BAB I dalam pembuatan makalah. Bagian ini digunakan untuk menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab pembangunan makalah tersebut. Oleh karena itu, hal pertama yang Anda harus buat di bagian pendahuluan adalah mengenai latar belakang dilakukannya penelitian makalah tersebut. 

Bagian ini merupakan bagian yang disebut sebagai “jiwa” dari sebuah bagian pendahuluan dan merupakan landasan dari keseluruhan makalah. Baik tidaknya makalah yang akan Anda buat, ditentukan dari bagian ini. 

Pasalnya jika latar belakang masalah yang Anda gunakan tidak kuat, maka sesungguhnya tidak ada alasan untuk membuat makalah Anda. Oleh karena itu, untuk membuat bagian ini tentukan terlebih dahulu alasan kuat yang Anda butuhkan untuk membuat penelitian dan makalah Anda. 

 

Baca juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar

Komponen masalah 

Landasan yang dimiliki di bagian latar belakang yang disebutkan sebelumnya merupakan bagian yang digunakan untuk menjelaskan masalah secara umum. Meski begitu bagian tersebut harus dibuat dengan cara yang kuat seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 

Untuk membuat masalah dari sebuah makalah menjadi lebih jelas, maka bagian selanjutnya dari bagian pendahuluan dibuat yaitu bagian rumusan masalah. Rumusan masalah adalah masalah utama yang mendasari pembuatan makalah dan bagian latar belakang. 

 

Tentukan tujuan penelitian

Pendahuluan Makalah & 4 Komponen Penting 1

Hal selanjutnya adalah mengenai tujuan dari penelitian. Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu makalah. Makalah sendiri adalah sebuah tulisan dalam bentuk pelaporan mengenai sebuah penelitian. 

Penelitian ini digunakan untuk menjawab masalah yang sudah di ulas sebelumnya dalam komponen rumusan masalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Contoh pendahuluan makalah untuk bagian ini adalah :

  • Contoh rumusan masalah : apa yang menyebabkan air mendidih?
  • Contoh tujuan penelitian : mengetahui penyebab air mendidih

Dilihat dari contoh di atas, tujuan penelitian selalu digunakan untuk menjawab apa yang ingin diketahui dalam sebuah penelitian. Anda juga bisa menambah tujuan penelitian lain agar sesuai dengan masalah yang sedang Anda teliti. 

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah ketika Anda akan membuat sebuah tujuan, maka pastikan tujuan yang Anda buat ini merupakan tujuan yang memiliki sifat objektif dan memiliki arahan yang jelas. Ada banyak contoh dari tujuan penelitian dalam bagian pendahuluan yang tidak jelas mengenai tujuan penelitiannya. Hal ini sering kali disebabkan karena latar belakang masalah yang tidak memiliki pijakan yang jelas sebelumnya. 

 

Baca juga  Bosan Dengan Pekerjaan Kalian, Ini 4 Cara Mengatasinya!

Ruang lingkup penelitian

Bagian selanjutnya yang juga merupakan bagian terakhir dari bagian pendahuluan adalah bagian ruang lingkup penelitian. Bagian ruang lingkup penelitian adalah bagian yang digunakan untuk memberikan batasan-batasan pada penelitian yang akan Anda lakukan. 

Pemberian batasan-batasan ini dilakukan untuk memastikan penelitian dilakukan secara fokus dan menghindari hal-hal lain yang mungkin mempengaruhi penelitian yang sesungguhnya tidak berkaitan seperti kemunculan variabel lain yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian. 

Dengan pembatasan ruang lingkup penelitian ini juga akan membantu Anda menyelesaikan penelitian dan makalah Anda tepat waktu. Pasalnya ilmu adalah sesuatu yang akan terus berkembang jika digali secara mendalam. Jika penelitian tidak dilakukan dengan batasan, maka Anda akan kehabisan waktu untuk melakukan eksplorasi untuk bagian yang mungkin tidak berpengaruh dan tidak diperlukan. 

Demikian ulasan mengenai bagian pendahuluan dari sebuah makalah, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk membantu Anda membuat sebuah pendahuluan makalah dan lebih mengerti apa yang sedang Anda kerjakan.

Jika Anda ingin tahu lebih dalam mengenai ulasan pembahasan pendahuluan makalah ini Anda bisa cari contoh pendahuluan makalah secara lengkap untuk mengetahui perbedaan dan maksud dari komponen pendahuluan yang sudah di bahas di sini. 

Pendahuluan Makalah & 4 Komponen Penting 2

Baca juga  Fungsi & Cara Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan