Karir   

Contoh Penutup Makalah


contoh penutup makalah

Makalah merupakan salah satu tulisan yang biasanya dijadikan sebagai suatu tugas sekolah atau tugas kuliah. Biasanya, di makalah berisi suatu topik yang dibahas dengan lebih mendetail per topiknya. Dengan membuat makalah, biasanya seseorang akan lebih mengerti akan suatu hal, karena dengan informasi yang mendetail tentunya akan menambahkan wawasan bagi yang membacanya.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa makalah terdiri dari beberapa bagian. Yaitu pembuka, isi, dan penutup. Pembuka dan isinya biasanya memiliki korelasi yang kuat sedangkan penutup biasanya cenderung berisi kesimpulan dari pembahasan sebelumnya. 

Nah, contoh penutup makalah sebenarnya bisa Anda temukan banyak sekali di makalah atau karya tulis sebelumnya yang pernah ada. Biasanya penutup makalah berisikan kata – kata terakhir yang mengakhiri pembahasan di dalam makalah tersebut.

Sehubungan dengan itu, kali ini Saya ingin membahas jenis – jenis bentuk kesimpulan dalam contoh penutup makalah. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

 

Baca juga  Macam-macam Metode Pengumpulan Data & Kelebihannya 

Kesimpulan Perbandingan (Comparison)

Pertama, jenis kesimpulan yang biasanya ada dalam contoh penutup makalah adalah jenis kesimpulan perbandingan. Kesimpulan ini, sesuai namanya akan membandingkan dua elemen satu sama lain atau mungkin bisa saja membandingkan elemen yang dibahas itu sendiri diikuti dengan pendapat pro dan kontra.

Contoh :

Jelas saja bahwa lulusan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan lulusan tahun lalu. Sebab, lulusan tahun ini diperkaya dengan pendalaman materi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Ditambah lagi tenaga pengajar yang memang sudah sangat ahli di dalamnya juga sangat mendukung kualitas dari lulusan tahun ini.

 

Kesimpulan Sebab dan Akibat (Causation)

Kedua, jenis kesimpulan yang biasanya ada dalam contoh penutup makalah adalah jenis kesimpulan sebab dan akibat. Biasanya, jenis kesimpulan ini adalah dengan membahas suatu hal misalnya seperti peristiwa, fenomena, atau kejadian langsung yang memiliki hubungan dengan kejadian yang lainnya dan tidak bisa dipisahkan.

Contoh :

Jadi, dapat dikatakan bahwa penyebab dari adanya mahasiswa yang dikeluarkan dari universitas adalah karena mereka tidak memiliki nilai yang baik selama pembelajaran 2 semester terakhir. Karena tidak ada peningkatan pada kinerja pembelajaran mereka, mau tidak mau dengan berat hati akhirnya pihak universitas memutus hubungan pembelajaran mahasiswa tersebut dan menganjurkan untuk mencari universitas yang lainnya.

 

Baca juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Hal – hal Penting yang Harus Diperhatikan

Kesimpulan Penilaian (Assessment)

Contoh Penutup Makalah 1

Selanjutnya, kesimpulan yang biasanya digunakan dan ada pada contoh penutup makalah adalah kesimpulan berupa penilaian. Biasanya, di dalam kesimpulan jenis ini, pihak penulis akan memberikan pandangan yang subjektif terhadap sesuatu yang menurutnya benar.

Contoh :

Menurut Saya, kopi yang Saya beli di pusat perbelanjaan tidak memiliki keistimewaan tertentu. Rasanya biasa saja dan warnanya juga kurang pekat. Namun, dengan segala kekurangannya, pihak pusat perbelanjaan juga tidak memberikan harga yang sedikit miring dan malah memberikan harga yang mungkin dapat dikatakan mahal dalam ukuran sekantung kopi. Tentu Saya tidak akan membeli untuk kedua kalinya kopi di pusat perbelanjaan sebelumnya.

 

Kesimpulan Rekomendasi (recommendation)

Kemudian, ada pula jenis kesimpulan rekomendasi, yang mana jenis kesimpulan ini memberikan suatu penegasan metode atau suatu tindakan yang dianggap baik atau bisa saja dalam bentuk yang negatifnya dengan tujuan pembaca dapat mengambil hal yang lebih baik dari yang penulis alami.

Contoh :

Apabila sudah ada tanda – tanda dan gejala demam berdarah di tubuh Anda atau keluarga Anda, ada baiknya Anda untuk segera memeriksakan kondisi Anda atau keluarga ke klinik terdekat. Pastikan Anda mendapatkan pertolongan dan pengobatan pertama untuk mencegah penyakit terus berkelanjutan dan semakin parah sehingga pengobatannya pun jauh lebih sulit dilakukan. Itulah yang Saya alami agar para pembaca dapat memahami gejala demam berdarah lebih baik dan tidak menyepelekan penyakit seperti ini.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai jenis kesimpulan yang biasanya dapat ditulis pada makalah yang Anda buat sebagai pelengkap tugas Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda kedepannya dalam menentukan penutup makalah Anda ya! Selamat mencoba!

Contoh Penutup Makalah 2

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan