Karir   

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar


contoh surat izin tidak masuk kerja

Terkadang saat sedang semangat kerja, tiba – tiba ada hal yang mendadak terjadi dan menghalangi untuk masuk kerja seperti sakit, cuti menikah, ada urusan keluarga dan urusan mendadak lainnya. Untuk yang sedang bekerja, tentu meminta izin tidak masuk kerja adalah hal yang wajib dilakukan.

Jika ingin meminta izin, maka perusahaan mengharuskan pegawainya untuk membuat surat izin tidak masuk kerja. Surat ini berisi alasan mengapa Anda tidak dapat masuk kerja di waktu tertentu. Surat yang dibuat harus jelas dan tidak memberikan kesan bertele – tele. 

Untuk membuat contoh surat izin tidak masuk kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Tanggal izin kerja

Hal pertama yang harus dicantumkan dalam surat izin kerja adalah tanggal izin kerja. Catat dengan jelas pada surat tanggal berapa Anda izin tidak masuk kerja. Hal ini ditujukan agar tim HRD dan pimpinan mengetahui dengan pasti kapan Anda tidak masuk kerja, dengan begitu tugas dan tanggungjawab Anda selama tidak masuk akan diarahkan pada rekan kerja yang lain.

 

Baca juga  10 Add-on Google Docs Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Siapa yang menerima surat izin tersebut

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar 1

Setelah tanggal, bagian lain yang harus diisi adalah informasi tentang siapa yang menerima surat izin kerja tersebut. Sebelum menyebut nama atasan atau tim HRD yang akan dituju, lebih baik menyebutkan kata – kata sapaan seperti “Kepada Yth.”  atau langsung “Kepada yang terhormat”. Contoh surat izin tidak masuk kerja untuk bagian pembuka adalah sebagai berikut.

Kepada yang terhormat,

Bapak Bayu Kurniawan, ST

Pimpinan PT. Qarib Transportasi

Jalan Laksamana Imam Sucipto 203, Yogyakarta

 

Berikan data Anda dengan lengkap dan jelas

Dalam surat izin tidak masuk kerja, Anda harus juga memastikan bahwa identitas diri yang diberikan sudah jelas dan lengkap. Yang harus dicantumkan adalah nama lengkap, posisi Anda di perusahaan tersebut seperti jabatan dan divisi, nomor kepegawaian jika ada dan alamat. Hal ini ditujukan agar tim HRD dapat mendata dengan jelas. Jika misalkan di dalam satu perusahaan yang besar, ada dua orang dengan nama dan jabatan yang sama, maka nomor kepegawaian dapat digunakan sebagai pembeda.

 

Baca juga  Contoh Penutup Makalah

Alasan izin tidak masuk kerja

Bagian ini adalah bagian yang cukup penting dalam tata letak surat izin tidak masuk kerja karena di bagian inilah Anda menyebutkan secra jelas dan mudah dimengerti tentang alasan mengapa Anda tidak dapat masuk kerja. Anda harus menuliskan alasan dengan logis dan benar adanya. Alasan yang bisa dipakai untuk tidak masuk kerja antara lain adalah urusan keluarga yang mendesak, cuti menikah, sakit dan banyak hal lainnya. Untuk izin karena sakit, maka Anda perlu mencantumkan surat dokter sebagai dokumen pendukungnya. Pastikan untuk membuat surat secara resmi dan sesuai dengan standarnya.

 

Durasi izin tidak masuk kerja

Saat membuat surat izin tidak masuk kerja, selain mencantumkan tanggal berapa Anda tidak masuk kerja, Anda juga perlu mencantumkan berapa lama Anda akan tidak masuk kerja. Hal ini butuh dicantumkan agar pimpinan perusahaan mengetahui dengan pasti berapa lama Anda tidak dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dari perusahaan. Terutama jika tugas yang Anda adalah tugas yang sangat penting, maka pihak HRD akan mencari pengganti sementara untuk menjalankan tugas yang harus Anda kerjakan.

 

Baca juga  Kurang Berani Speak Up?! Nih Ciri-cirinya!

Ucapan terima kasih

Di bagian akhir surat izin tidak masuk kerja, cantumkan juga ucapan terima kasih kepada pihak yang bersangkutan. Bagian ini juga penting untuk dituliskan agar selalu tercipta keharmonisan dan kesopanan di lingkungan kerja. Contoh surat izin tidak masuk kerja yang biasanya digunakan sebagai bagian penutup dan ucapan terima kasih adalah sebagai berikut.

  • Demikian permohonan izin saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
  • Atas perhatian dan diberikannya permohonan izin saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih.
  • Demikian surat ini saya sampaikan untuk dapat dimaklumi dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan