Karir   

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Hal – hal Penting yang Harus Diperhatikan


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris rasanya memang perlu diketahui oleh semua masyarakat, terutama mereka yang sedang berusaha untuk melemar pekerjaan yang diinginkan. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa inggris? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia VS Bahasa Inggris, Mana yang Lebih Baik?

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Hal – hal Penting yang Harus Diperhatikan 1

Saat ingin melamar sebuah pekerjaan tentunya ada banyak sekali berkas atau dokumen yang perlu dipersiapkan. Biasanya orang akan mempersiapkan seperti surat lamaran kerja, CV, foto hingga berkas – berkas penunjang lainnya. Namun tahukah anda bahwa diantara sekian banyaknya berkas, ternyata ada dua berkas yang diutamakan oleh perusahaan.

Dua dokumen inilah yang menjadi penilaian utama untuk menentukan apakah anda layak diterima atau tidak. Dokumen yang dimaksud adalah surat lamaran kerja dan CV/Curiculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup. Untuk surat lamaran kerja sendiri memberikan penilaian tentang bagaimana cara anda sebagai pelamar kerja dalam meminta kesempatan untuk bisa bergabung atau bekerja. Sedangkan untuk CV sendiri menjadi gambaran singkat mengenai data diri anda serta kompetensi apa sajakah yang anda miliki.

Mungkin kebanyakan orang akan lebih sering menggunakan lamaran kerja berbahasa Indonesia, namun tetap disarankan bahwa anda juga harus mempersiapkan diri membuat surat lamaran kerja berbahasa inggris. Terlebih jika perusahaan atau tempat tujuan anda melamar pekerjaan adalah sebuah perusahaan yang berkaitan dengan dunia internasional yang mana pastinya diwajibkan untuk menguasai bahasa Inggris.

Lalu manakah yang lebih baik untuk diterapkan ketika melamar pekerjaan? CV berbahasa Indonesia atau inggris? Perlu diketahui bahwa tak ada ketentuan yang mengharuskan saat melamar pekerjaan harus menggunakan bahasa Inggris, hanya saja memang tidak bisa dipungkiri bahwa ketika menggunakan bahasa Inggris memang memiliki nilai plusnya.

Namun hal tersebut bukan lantas menjadi alasan bahwa membuat lamaran berbahasa Indonesia tidak diterima. Bahasa apapun yang digunakan tetap yang menjadi penilaian utamanya adalah isi dari surat lamaran kerja serta CV nya. Bagaimana anda menciptakan personal branding, tentang bagaimana anda menyampaikan kemampuan apa saja yang anda miliki dan lain sebagainya.

Sehingga ketika anda mencari tahu tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris memang seharusnya anda juga tidak boleh mengesampingkan kualitas dari CV maupun surat lamaran kerja itu sendiri. Karena akan percuma saja ketika anda sudah menerapkan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dengan baik pada lamaran kerja anda namun self branding yang anda tunjukkan kurang berkualitas. Sehingga akan lebih baik lagi jika diperhatikan keduanya.

 

Baca juga  5 Film Tentang Karir yang Wajib Ditonton

Perhatikan Hal – hal Berikut Sebelum Membuat Lamaran Kerja Bahasa Inggris!

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Hal – hal Penting yang Harus Diperhatikan 2

Setelah anda melihat Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris selanjutnya anda bisa langsung menerapkan pada surat lamaran kerja milik anda tersebut. Namun tentunya dalam pembuatan surat lamaran kerja berbahasa Inggris wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Penggunaan bahasa yang profesional.
  • Tidak berbelit – belit.
  • Menggunakan grammar yang tepat.
  • Mendeskripsikan data diri secara lengkap dan jelas seperti nama, alamat, contact person dan email.
  • Jabarkan pekerjaan yang pernah dijalani sebelumnya, usahakan yang berkaitan dengan posisi yang ingin anda lamar.
  • Tuliskan pengalaman kerja yang terlama yang pernah anda jalani.
  • Tunjukkan dan ekspresikan dengan baik tentang ketertarikan dan minat anda untuk bergabung pada perusahaan yang anda lamar.
  • Tuliskan riwayat pendidikan anda dengan benar.
  • Jabarkan kemampuan yang anda miliki agar perusahaan tahu tentang kompetensi yang anda tawarkan.
  • Gunakan format penulisan dan bahasa yang tepat, cek kembali sebelum melamar pekerjaan.

Dengan beberapa point di atas maka akan sedikit membantu anda dalam menciptakan surat lamaran pekerjaan yang tepat dan berkualitas.


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui seperti apakah konsep atau Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang benar. Oleh sebab itu, perhatikan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris sebagai berikut.

 

Yogyakarta, September 19th, 2020

 

Attention to :

Head of HRD

Garuda Hotel, Wirobrajan Street, Yogyakarta

 

Dear, Mr/Mrs

Based on the advertising on Kompas Newspaper on Sepetember 15th, 2020 about job opening as Receptionist, so i want to fill that position.

Here is my bio :

Name    : Niken Ayu

Gender  : Female

Birth      : Yogyakarta, 14 Februari 1994

Address : Yogyakarta

Email     : nikenayu@gmail.com

Phone    : 081234567890

I can speak english well and have skill to operate the computer properly. I also attach files and i hope will get the chance for the next test so that i can explain more about my competences. Thank you for yout attention.

 

Best Regards,

Niken Ayu

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Hal – hal Penting yang Harus Diperhatikan 3
Baca juga  Fungsi & Cara Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan