Karir   

5 Syarat Ini Harus Ada Di Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja


contoh surat pengalaman kerja

Hendak melamar pekerjaan, maka biasanya akan diminta surat pengalaman kerja Anda. Hal tersebut bisa Anda ketahui melalui contoh surat pengalaman kerja yang memberikan keterangan berupa tempat Anda pernah bekerja, posisi yang pernah Anda tempati, dan lamanya Anda bekerja. Surat inilah yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang Anda lamar. Akankah Anda diterima atau tidak dan sesuai dengan perusahaan yang dibutuhkan atau tidak.

Surat ini dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Meski ada perusahaan yang tidak memberikan surat pengalaman kerja, namun tidak ada salahnya jika Anda menanyakan perihal ini untuk mempermudah mendaftar di tempat kerja yang akan dituju.

Fungsi Surat Pengalam Kerja

Adanya surat pengalaman kerja memiliki beberapa fungsi berikut ini.

  1. Menarik Dana BPJS

Di dalam suatu perusahaan, biasanya pihak perusahaan akan menyediakan fasilitas BPJS kepada para karyawannya yang berupa Jaminan Hari Tua (JHT). Hal ini akan menjadi hak para karyawan. Dan fungsi dari adanya surat pengalaman kerja adalah untuk menarik dana BPJS tersebut.

  1. Untuk Melamar Pekerjaan
Baca juga  Facebook dan Instagram Berpengaruh Kuat Terhadap Karir

Inilah yang biasa diperlukan oleh para pencari kerja. Di mana surat pengalaman kerja adalah salah satu persyaratan yang perlu dipenuhi pelamar. Biasanya surat ini akan dijadikan sebagai lampirannya ketika menyerahkan surat lamaran pekerjaan. Surat pengalaman kerja bisa menjadi bukti bahwa sebelumnya Anda sudah bekerja dan memiliki pengalaman di dunia kerja.

  1. Mengajukan Pinjaman Di Bank

Untuk Anda yang membutuhkan sejumlah dana, maka biasanya bank bisa menjadi tujuan. Dan untuk mendukung peminjaman di bank, maka Anda bisa turut menyertakan surat pengalaman kerja untuk melancarkan proses pencairan sejumlah dana tersebut.

  1. Pendukung Beasiswa

Surat pengalaman kerja juga sangat dibutuhkan ketika Anda akan melanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan jalur beasiswa. Adanya beasiswa akan sangat membantu Anda dalam membiayai pendidikan yang tidak murah. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh para karyawan yang masih memiliki minat besar untuk melanjutkan pendidikan. Anda bisa segera mempersiapkan melalui contoh surat pengalaman kerja.

 

Baca juga  Contoh Surat Penawaran Barang : Definisi, Komponen & Informasi Lainnya 

Syarat Yang Harus Ada Dalam Membuat Surat Pengalaman Kerja

5 Syarat Ini Harus Ada Di Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja 1

Ada beberapa persyaratan yang harus dicantumkan di dalam surat pengalaman kerja. Apa saja syarat-syarat tersebut?

  1. Kop Surat

Bagian kepala surat atau kop surat ini adalah bagian teratas dari surat pengalaman kerja dan harus ada. Karena surat ini dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tertentu, sehingga juga harus mencantumkan identitasnya melalui kop surat tersebut.

  1. Nama Dan Nomor Induk Karyawan

Syarat selanjutnya adalah mencantumkan nama dan nomor induk karyawan. Bagian ini wajib ada di dalam surat pengalaman kerja yang menunjukkan identitas asli dari Anda selaku karyawan dan bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Periode Dan Jabatan Kerja

Bagian ini akan menjelaskan mengenai berapa lama Anda bekerja dan jabatan yang pernah Anda duduki. Hal inilah yang wajib ada dalam surat pengalaman kerja dan biasanya akan diperiksa oleh perusahaan yang akan Anda lamar.

  1. Kontribusi Dan Keterampilan

Bagian ini akan menunjukkan pengalaman Anda di tempat kerja sebelumnya. Di mana akan menjelaskan kemampuan atau keterampilan yang Anda miliki sebagai bekal berharga yang membuktikan bahwa Anda cukup memiliki keterampilan dan pengalaman kerja yang baik. Pengalaman ini haruslah ditulis sebenar-benarnya. Sehingga peluang Anda untuk diterima kerja semakin terbuka luas dengan posisi yang sesuai harapan. Hal ini bisa Anda ketahui lebih jelas melalui contoh surat pengalaman kerja.

  1. Adanya Stempel Resmi
Baca juga  Kartu Pra-Kerja, Apakah Bisa Menjamin Ketenagakerjaan di Indonesia Pasca-Pandemi?

Sebagai surat yang resmi dan dikeluarkan oleh suatu instansi, maka penting untuk membubuhkan stempel resmi dari instansi tempat Anda bekerja sebelumnya. Stempel ini sangat mempengaruhi legalitas dari surat pengalaman kerja Anda.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, maka surat pengalaman kerja Anda sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk melamar pekerjaan di tempat yang baru. Pastikan jika Anda mengakhiri tugas Anda di suatu instansi, maka Anda berhak mendapatkan surat tersebut. Adanya contoh surat pengalaman kerja bisa lebih membantu Anda untuk membuat surat tersebut secara baik dan benar serta memudahkan urusan Anda.

5 Syarat Ini Harus Ada Di Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja 2

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan