Karir   

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik & Benar, Apa Saja Isinya?


contoh surat rekomendasi

Surat rekomendasi sangat diperlukan untuk menunjang suatu hal seperti pekerjaan baru, beasiswa, dan yang lainnya. Oleh karena itu, surat rekomendasi sangat penting dan tidak dapat dibuat secara sembarangan. Anda perlu meluangkan waktu untuk membuat surat rekomendasi agar tampak menarik dan terpercaya. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mempelajari surat rekomendasi tetapi tentu saja Anda tetap memerlukan adanya contoh sebagai acuan yang valid.

Dengan adanya contoh surat rekomendasi, Anda juga menjadi jauh lebih memahami apa saja yang harus ada di dalam sebuah surat rekomendasi. Terlihat mudah tetapi penuh ketelitian, berikut bagian-bagian yang wajib ada di dalam surat rekomendasi, dapat Anda jadikan referensi untuk menunjang kegiatan yang memerlukan rekomendasi.

Informasi Pembuat Surat 

Informasi pembuat surat tentu saja wajib ada di dalam surat rekomendasi. Hal ini meliputi semua informasi umum seperti nama, jabatan, hubungan apa dengan orang yang direkomendasikan, dan kepentingan lain. Anda dapat meminta hal ini pada orang yang sangat mengenal Anda seperti dosen wali, dosen pembimbing, atasan, dan siapa saja. Banyak yang salah mengartikan bahwa yang berhak mengeluarkan surat ini adalah orang dengan jabatan paling tinggi, hal ini perlu diluruskan bahwa yang dapat Anda mintai rekomendasi sebaiknya yang benar-benar mengenal Anda.

Hal ini berbeda apabila syarat khusus yang diminta oleh institusi adalah rekomendasi atasan atau direktur. Pastikan semua data valid karena pihak institusi tentu saja akan memeriksa data orang tersebut. Sebaiknya, kerjakan dengan jujur semua hal seperti ini karena sangat riskan apabila terdapat kebohongan. 

 

Baca juga  Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Isi atau Tubuh Surat

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik & Benar, Apa Saja Isinya? 1

Lalu selanjutnya ada isi atau tubuh surat. Hal ini berisi informasi utama tentang surat ini mengapa dikeluarkan. Hal yang sangat penting adalah identitas orang yang direkomendasikan agar institusi yang menerima semakin percaya bahwa hubungan antara keduanya dekat. Anda juga dapat menjelaskan mengapa surat ini dikeluarkan dan memberi penilaian secara jujur terhadap orang yang direkomendasikan dalam surat. Hal ini termasuk ke dalam contoh surat rekomendasi yang paling penting karena berisi tujuan utama.

Dengan surat rekomendasi yang benar, tentu saja Anda semakin yakin ketika surat rekondisi di lampirkan. Sebaiknya hindari kesalahan tulisan seperti salah kata atau huruf karena hal ini sangat memengaruhi penilaian kepada Anda. Anda terlihat kurang profesional karena tidak teliti dalam hal sepenting ini. 

 

Baca juga  Pengertian dan Contoh Teks Diskusi

Penutup, Kaku Surat, & Cap

Bagian ini sudah kerap Anda temukan di setiap surat yaitu kaku surat. Apa saja isi dari kaku surat? Kaku surat berisi tempat surat di keluarkan dan tanggal lengkapnya dan siapa yang menandatangani surat rekomendasi tersebut. Tentu saja hal ini harus Ada karena membuat surat menjadi resmi. Kebanyakan surat yang Anda lihat pasti memiliki tanda tangan lengkap di dalamnya. Sebelumnya, Anda dapat memberi penutup yang singkat tetapi cukup merangkum semua maksud surat dibuat.

Lalu apabila surat dikeluarkan oleh institusi resmi seperti sekolah atau perusahan, tentu saja terdapat cap resmi dari perusahaan. Hal ini akan melengkapi surat Anda karena surat dikeluarkan oleh institusi yang memiliki tanda resmi berupa cap. Tiga hal dalam akhiran surat rekomendasi harus ada dan sudah seharusnya orang yang membuat surat paham betapa pentingnya. 

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan surat rekomendasi, Anda dapat meminta secara pribadi apabila atasan Anda sudah memahami Anda. Tetapi untuk siswa sekolah, pada umumnya masih sangat  mudah untuk mendapatkan surat rekomendasi hanya dengan menyiapkan tujuan ke bagian Tata Usaha sekolah dan proses dapat selesai dalam 2 hari kerja.

Apabila dalam dunia kerja, Anda harus meyakinkan diri terlebih dahulu apakah sudah dapat meminta rekomendasi dari atasan atas semua kinerja kerja Anda selama di perusahan. Selain profesional dalam bekerja, Anda harus memiliki hubungan yang erat sehingga atasan akan memberikan pendapat terbaik nya untuk Anda. Hal ini menjadi penting mengapa Anda harus memiliki kepribadian dan kerja yang baik ketika masuk ke sebuah perusahaan. Itulah bagian-bagian yang ada di dalam contoh surat rekomendasi yang dapat Anda jadikan referensi. 

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik & Benar, Apa Saja Isinya? 2

Baca juga  Mengenal Surat Referensi Kerja

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket