Karir   

Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri


contoh surat resign

Jika Anda memiliki rencana untuk resign dari tempat kerja dan membutuhkan contoh surat resign yang tepat untuk dijadikan sebagai panduan dalam membuatnya, maka kini Anda telah menemukannya dengan tepat. Pasalnya berikut ini penulis akan sajikan penjelasan singkat mengenai surat resign, bagian yang terdapat di dalamnya,  hingga contoh format yang dimilikinya. Berikut penjelasannya:

Mengenal surat resign

Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri 1

Surat resign atau lebih dikenal dengan surat pengunduran diri ini adalah surat yang umumnya diminta oleh pihak perusahaan apabila Anda ingin keluar dari tempat tersebut dengan cara terhormat. Dalam proses pembuatannya surat ini terdiri dari beberapa bagian penting di dalamnya. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan berikut :

Tanggal pengunduran diri

Tanggal pengunduran diri menjadi bagian pertama yang harus Anda perhatikan. Jika Anda adalah pegawai kontrak, maka Anda pun dapat menyesuaikannya dengan berakhirnya tanggal kontrak tersebut. Namun kebanyakan dari perusahaan umumnya membuat peraturan untuk memberitahukan keinginan Anda untuk resign dari satu bulan sebelumnya.

Dalam hal ini Anda dapat membuat surat pengunduran diri satu bulan sebelum Anda mengajukannya. Dengan demikian, pihak perusahaan pun dapat melakukan pencarian dari pekerja pengganti Anda. Sehingga urusan kantor dapat berjalan dengan lancar dan tidak terganggu dengan keluarnya Anda dari perusahaan tersebut.

Alasan yang jelas

Bagian selanjutnya adalah pemberian alasan. Untuk bagian yang satu ini pastikan Anda menggunakan alasan yang tepat tanpa harus menjelekkan perusahaan tempat Anda bekerja. Seperti halnya menggunakan alasan untuk melanjutkan studi, pindah ke tempat yang lebih baik atau bahkan alasan yang bersangkutan dengan urusan keluarga dan lainnya.

Bahasa formal

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan dari pembuatan surat resign adalah penggunaan bahasa. Bahasa yang baik untuk digunakan adalah jenis bahasa yang formal. Pasalnya dengan menggunakan bahasa tersebut tentunya Anda pun akan terlihat sebagai pihak yang lebih profesional dan menunjukkan bahasa surat yang diajukan tersebut adalah jenis surat resmi.

Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan kata-kata atau kalimat yang mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Dengan demikian, pihak perusahaan pun akan mengetahui dengan pasti dan cepat bahwa tujuan dari adanya surat tersebut adalah untuk proses pengunduran diri.

Isi surat

Untuk bagian yang satu ini ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan, dimulai dari :

– Tanggal pembuatan surat

– Pihak yang dituju seperti halnya atasan / HRD

– Salam Pembuka

– Tanggal pengunduran diri

– Nama Lengkap

– Jabatan

– Nomor kepegawaian

– Ucapan terima kasih dan permohonan maaf

– Salam penutup

– Tanda tangan serta nama terang


Contoh surat resign

Kepada Yth.

Kepala PT Maziya Mufida

Jl. Bina muda No. 234

Bandung

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Kanaka Atharrazka

Jabatan : Staff Keuangan

Nomor kepegawaian : 234369

Bersama dengan surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan yang saya miliki di PT Maziya Mufida. Terhitung pada tanggal 20 Mei 2019.

Saya ucapkan terima kasih pada pihak perusahaan karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar, berkembang juga bekerja dengan cara profesional. Selain itu, saya juga memohon maaf karena untuk saat ini saya harus melanjutkan pendidikan S2 saya yang tertunda, sehingga tidak bisa menjadi bagian dari perusahaan ini kembali. Dengan demikian saya berharap agar perusahaan PT Maziya Mufida dapat berkembang dan lebih maju dari sebelumnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran penuh, serta berdasarkan pada keinginan pribadi tanpa adanya paksaan dari pihak lainnya.

Terima kasih,

Kanaka Atharrazka.

 

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa pembuatan surat pengunduran diri dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja pastikan agar setiap poin penting yang ingin disampaikan Anda cantumkan di bagian dalamnya. Dengan demikian, pihak perusahaan pun dapat mengetahui dengan jelas tujuan dari pemberian surat tersebut.

Itulah kiranya penjelasan singkat serta contoh surat resign yang baik dan benar yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri 2
Baca juga  Contoh Penutup Makalah

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan