Karir   

Tips Membuat Contoh Tinjauan Pustaka


contoh tinjauan pustaka

Seiring perkembangan dunia pendidikan, saat ini karya ilmiah sudah dapat ditemukan di bangku SMA. Sejak SMA, Anda sudah dilatih bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar sehingga mudah melanjutkan bangku perkuliahan yang membutuhkan karya ilmiah. Membuat karya ilmiah dapat meningkatkan kreativitas dan cara berpikir Anda menjadi lebih menarik karena dibutuhkannya ide-ide yang luar biasa dan jarang ditemukan.

Salah satu bagian di dalam karya ilmiah tersebut adalah tinjauan pustaka. Apakah terdengar asing? Mungkin beberapa dari Anda sudah akrab dengan kata studi literatur  yang memiliki arti sama dengan tinjauan pustaka, sama hal nya dengan kata studi kepustakaan. Bagian ini tidak boleh Anda lewatkan di dalam karya ilmiah. Berikut adalah tips membuat contoh tinjauan pustaka.

 

Memahami Fungsi dari Tinjauan Pustaka

Sebelum membuat tinjauan pustaka, Anda harus mengetahui apa saja fungsi dari tinjauan pustaka sendiri. Tinjauan pustaka berfungsi untuk mendapatkan dan memahami informasi yang menjadi dasar permasalahan yang akan Anda kaji pada karya ilmiah Anda. Lalu untuk prosedur penelitian, hal ini akan membantu Anda dan berperan sangat besar untuk melanjutkan penelitian.

Teori-teori yang Anda gunakan juga dapat dipahami apabila ada tinjauan pustaka yang jelas dan terstruktur. Sering sekali karya ilmiah terkena plagiarisme karena banyaknya karya ilmiah yang ada di internet, dengan menggunakan tinjauan pustaka sebagian dasar informasi Anda, Anda akan menghindari hal ini. Ide Anda terlihat sangat berbeda karena hal ini murni dari pikiran Anda sendiri. Topik yang ada juga dapat berkembang menjadi lebih kompleks dan bermanfaat apabila Anda membuat tinjauan pustaka. 

Ketika orang lain membaca penelitian Anda, atau seperti dosen yang menguji skripsi Anda mereka tidak akan bingung ketika membaca atau memahami ide Anda dan dapat mengembangkan ide Anda untuk penelitian yang lebih bermanfaat kedepannya. Tidak perlu panjang dan membuat orang lain merasa bingung untuk memahaminya, cukup gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan singkat agar orang lain bisa mengerti maksud Anda dengan cepat.

Dukungan yang baik akan membuat Anda semangat untu melanjutkan penelitian bukan? Oleh karena itu, Anda sebaiknya memahami fungsi dari tinjauan pustaka terlebih dahulu sebelum membuat contoh tinjauan pustaka agar Anda tidak bingung terhadap apa yang Anda kerjakan. Terutama untuk seorang pemula yang belum memahami tentang penelitian ilmiah, tentu saja membutuhkan waktu agar bisa membuat tinjauan pustaka yang baik dan benar.  

 

Baca juga  Seluk Beluk Surat Penawaran Harga

Membuat Kata Kunci

Tips Membuat Contoh Tinjauan Pustaka 1

Biasa disebut dengan outline, Anda perlu membuat kata kunci yang Anda jadikan untuk acuan dalam membuat tinjuan pustaka dan bagian lain dari karya ilmiah. Kata kunci ini merupakan kata yang kerap muncul dan terlihat mencolok di dalam tinjauan pustaka Anda.

Hal ini sangat penting karena menjadi fokus penting dalam menyelesaikan tinjauan pustaka yang menjadi hal penting di dalam karya ilmiah. Kata kunci akan diletakkan keberadaannya di bagian bawah tinjauan pustaka dan diberi keterangan yang jelas bahwa kata tersebut adalah kata kunci pada tinjauan pustaka ini. 

 

Baca juga  Contoh Application Letter atau Surat Lamaran Kerja

Sumber Literatur

Mencari literatur adalah tips selanjutnya yang perlu dilakukan. Anda dapat melihat karya lain yang memiliki tema sama dengan Anda agar mudah menemukan literatur yang dibutuhkan. Jika ingin yang lebih mudah, Anda dapat mencari di web yang valid dan memilih sumber yang sudah terbukti agar Anda tidak menggunakan literatur yang salah.

Hindari sumber-sumber yang terlihat tidak profesional karena sumber seperti ini banyak sekali di internet. Lalu, Anda dapat menyusun semua hal yang sudah siap dengan bahasa Anda sendiri. Hal ini akan menjauhkan Anda dengan plagiarisme karena Anda menggunakan kata-kata hasil dari pemikiran sendiri.

Anda juga dapat melanjutkan bagian lain dengan cepat karena Anda memahami sepenuhnya tinjauan pustaka yang Anda buat. Apabila Anda merasa stuck Anda dapat melihat bagian judul karena dari judul Anda dapat membuat batasan pada penelitian Anda. Sehingga Anda dapat mengurai kembali kalimat demi kalimat untuk dapat membuat contoh tinjauan pustaka hasil dari usaha Anda sendiri. 

Tips Membuat Contoh Tinjauan Pustaka 2

Baca juga  Beberapa Rintangan Besar dalam Menulis & Cara Mengatasinya

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket