Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya!

Tenang ya!


80
80 upvote
Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya! 1

PHK emang sesuatu yang nggak mengenakkan. Bukan hanya karena kita akan kehilangan pekerjaan, tapi juga karena rasa malu dianggap kurang “penting” atau kurang produktif untuk perusahaan. Pikiran soal kurang produktif jadi alasan kenapa kamu kenapa PHK adalah yang paling sering muncul. Tapi tahukah kamu, kalau alasan PHK nggak selalu karena kurang produktif. Bisa jadi kamu di PHK karena alasan lain. Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu di PHK yang bukan karena kurang produktif.

Perusahaanmu Mau Colaps

Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya! 3

Hal pertama yang mungkin terjadi adalah karena perusahaanmu mau bangkrut. Jadi mau nggak mau mereka harus mengurangi jumlah karyawan. Nah, kadang, beberapa perusahaan yang karyawannya banyak, nggak akan melihat seberapa produktif. Ada pertimbangan lain, entah karena jumlah gaji, atau karena hal lain yang tidak ada hubungannya dengan produktifitas. Intinya, perusahaan mau menyelamatkan diri, tapi dengan mengorbankan beberapa karyawan mereka. Emang agak kejam sih, tapi itulah dunia kerja.

Baca juga  Kerja & Kenyamanan Hati

Efisiensi Perusahaan

Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya! 4

Ini adalah alasan kedua. Bisa jadi perusahaanmu sedang tidak akan bangkrut. Tapi, perusahaanmu sedang berupaya bergerak seefisien mungkin. Sehingga mungkin divisimu yang tidak terlalu berpengaruh pada pertumbuhan dan pergerakan perusahaan harus disingkirkan. Nah, kamu yang kebetulan ada di divisi itu mau tak mau harus ikutan di PHK. Efisiensi itu buat sebuah perusahaan penting. Kayak prinsip ekonomi, sekecil apapun modal, harus bisa mendapatkan sebesar apapun keuntungan.

Baca juga  7 Langkah Tepat untuk Mengembangkan Tim yang Efektif di Perusahaan

Kamu Karyawan Kontrak

Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya! 5

Alasan ketiga adalah karena kamu seorang karyawan kontrak. Nah, kalau alasan ketiga ini, bisa jadi kamu dikontrak hanya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sifatnya sementara. Bisa jadi hanya dibutuhkan selama setahun, atau cuma beberapa bulan. Setelah kebutuhan sudah terpenuhi, maka kamu sudah tidak penting lagi untuk perusahaan.

Kamu Terlalu Vokal

Kamu Kena PHK? Nggak Selalu Karena Kurang Produktif Kok! Ini 4 Alasan Lainnya! 6

Ini alasan yang sering juga terjadi pada beberapa orang. Kadang, atasan-atasan di perusahaan itu rada ngehek. Di depan bilang “kritik nggak papa” tapi giliran dikritik, marah dan kalian kena PHK. Ini juga udah jadi semacam rahasia umum, kalau mau bertahan lama di perusahaan harus pinter ngejilat bos. Biasanya, kalian yang terlalu vokal untuk mengkritik kebijakan perusahaan akan dengan cepat di rumahkan. Karena nggak aman buat para petinggi.

Baca juga  Facebook dan Instagram Berpengaruh Kuat Terhadap Karir

Itu tadi beberapa alasan kenapa kamu di PHK. Bisa jadi memang karena kamu bukan kurang produktif. Ada banyak alasan lain. Jadi, jangan minder. Karena kadang, kita nggak tahu rencana tuhan. Bisa jadi kita diberikan PHK agar kita yang sebelumnya pengen usaha, akhirnya terpaksa usaha karena sudah di PHK. Pasti selalu ada hikmah dari itu semua kok!


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

80
80 upvote
PukulTiga

Emperor

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.