Karir   

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan


kata pengantar laporan

Di dalam suatu laporan, biasanya akan diawali dengan adanya kata pengantar laporan. Di mana kata pengantar ini berfungsi untuk mengantarkan pembaca pada isi yang ada di dalam laporan tersebut. Jadi, meski banyak orang yang mengetahui bahwa kata pengantar selalu identik dengan lembar pernyataan terima kasih, namun tidak hanya itu saja.

Tetapi juga berisi tulisan yang mengajak atau memotivasi untuk membaca laporan tersebut. Lalu di bagian bawah pojok kanan pada umumnya akan dibubuhkan kota, tanggal, bulan, dan tahun penulisan, serta nama penulis.

Unsur Yang Diterapkan Di Dalam Kata Pengantar Laporan

Meski bagian kata pengantar sering kali dilewatkan oleh pembaca, namun bagian ini tetapkah harus ada. Hal ini dalam upaya mendukung profesionalitas laporan yang Anda tulis dan sesuai dengan prosedur penulisan yang baik. Ada beberapa unsur yang perlu Anda ketahui dan perlu diterapkan di dalam kata pengantar. Berikut adalah beberapa unsur tersebut.

  1. Unsur pertama adalah ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melancarkan penulisan laporan tersebut hingga selesai.
  2. Penjelasan tentang alasan dari penulisan laporan tersebut.
  3. Penjelasan mengenai adanya bantuan serta dukungan dari berbagai pihak akan pengerjaan laporan tersebut dan ucapan terima kasih.
  4. Meletakkan nama kota, tanggal, dan bulan.
  5. Perlu untuk dibubuhkan tanda tangan penulis.
  6. Harapan dari penulis akan laporan yang telah dibuatnya.
  7. Manfaat yang bisa didapatkan pembaca serta ketersediaan penulis untuk menerima kritik serta saran dari pembaca.

 

Baca juga  Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Teks Eksposisi

Struktur Penulisan Kata Pengantar Laporan

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan 1

Di dalam menulis kata pengantar laporan, ada struktur penulisan yang harus dipatuhi. Struktur tersebut tidak jauh berbeda dengan penulisan-penulisan pada umumnya yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

  1. Pembukaan

Di dalam bagian pembukaan ini, yakni di paragraf pertama dan kedua berisi ucapan syukur dari penulis yang sudah berhasil menyelesaikan penulisan laporan tersebut. Ucapan terima kasih biasanya akan dimulai dari jabatan yang paling tinggi hingga yang paling rendah secara urut.

  1. Isi
Baca juga  Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri

Di bagian isi ini terdapat gambaran mengenai isi dari proposal yang Anda buat. Biasanya akan dimulai dengan menuliskan judul dari laporan Anda menjelaskan secara singkat, padat, dan jelas. Karena kata pengantar tidaklah ditulis sampai berlembar-lembar. Satu lembar saja sudah cukup.

  1. Penutup

Untuk bagian penutup ini diisi dengan kalimat yang menyatakan permintaan maaf dari penulis jika di dalam penulisan tersebut ada kesalahan. Baik dari segi penulisan nama, gelar, hingga isi dari laporan itu sendiri.

 

Hal Yang Tidak Perlu Dimasukkan Dalam Kata Pengantar Laporan

Karena penulisan kata pengantar laporan yang terbatas, sehingga ada beberapa hal yang seharusnya tidak Anda tulis di dalam kata pengantar. Jika terlalu banyak hal yang tidak penting untuk dimasukkan, maka akan membuat kata pengantar tersebut tidak berfungsi dengan baik. Di sisi lain keberadaan kata pengantar bisa memberikan gambaran pada membaca sebelum membacanya lebih dalam di bagian isi.

Dengan begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari ketika menuliskan kata pengantar ini. Pastikan Anda tidak menulisnya terlalu panjang. Upayakan untuk tidak menulis lebih dari dua halaman yang membuat pembaca harus berlama-lama membaca kata pengantar. Lalu pengucapan terima kasih sebaiknya tidak diucapkan pada banyak orang. Tetapi pilihlah orang yang benar-benar membantu Anda saja. Sehingga tidak banyak menghabiskan halaman hanya untuk mengucapkan terima kasih.

Dan yang tidak kalah penting adalah penggunaan bahasa formal. Mengingat bahwa pembaca laporan Anda bisa dari berbagai kalangan, baik teman-teman Anda, dosen, dan sebagainya. Lalu ada kemungkinan jika proposal tersebut akan diletakkan di perpustakaan yang bisa dibaca secara umum oleh siapa saja. Jadi, selain sesuai dengan prosedur, penggunaan bahasa formal juga menampilkan bahwa tulisan Anda kredibel dan profesional.

Dengan begitu, meski kata pengantar laporan merupakan bagian yang jarang dibaca, namun tetaplah harus ditulis sebaik mungkin. Sehingga laporan Anda bisa jadi secara utuh dan sempurna serta menjadi laporan yang bisa menunjukkan kredibilitasnya di hadapan pembaca.

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan 2

Baca juga  Cara Memperbesar Ukuran PDF Dengan Mudah

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan