Karir   

Pentingnya Kata Pengantar untuk Makalah Anda


 kata pengantar untuk makalah

Daftar isi

Siapa saja yang tidak pernah mengalami membuat makalah? Tentu semua orang yang pernah sekolah atau kuliah pasti mengalaminya. Dalam membuat makalah pastinya Anda juga harusnya sudah tahu bahwa di sana ada bagian penting yang harus ditulis yaitu kata pengantar untuk makalah. Kata pengantar ini tentunya sangat penting sebagai pembuka dari makalah itu sendiri.

Walaupun sebenarnya di dalam praktiknya lembar kata pengantar ini sangat diabaikan oleh pembaca namun tetap harus diperhatikan betul-betul. Kata pengantar sangat penting bagi para pembuat makalah apalagi di sana ada unsur penilaian dari guru atau dari dosen yang membimbing Anda.

Bagi orang yang memiliki intelektual pastinya tidak akan melewatkan kata pengantar sebab di sini ada beberapa informasi penting yang juga tak kalah penting diperhatikan. Misalnya adalah siapa pembuat makalah, mengapa mereka membuat makalah, apa harapan penulis dari makalah ini, dan lain sebagainya. Namun tak jarang pula banyak orang beranggapan membaca kata pengantar hanya membuang-buang waktu saja.

Memang kita tidak pernah bisa mengontrol orang lain apakah ingin membaca atau tidak. Akan tetapi sebagai seorang penulis makalah entah dibaca atau tidak yang namanya kata pengantar sudah satu paket dengan makalah tersebut dan tidak boleh terlepas kan. Lalu bagaimana cara membuat kata pengantar itu?

Dalam membuat kata pengantar, Anda harus mengetahui apa saja bagian dan bagaimana penulisan atau sisi dari setiap bagian itu sendiri. Ya, bagian-bagian kata pengantar juga sangat sederhana yaitu terdiri dari:

Pembuka

Bagian dari kata pengantar untuk makalah yang pertama adalah pembuka. Pada bagian pembuka Anda bisa menuliskan beberapa kalimat pembuka. Anda bisa menuliskan rasa terima kasih kepada Tuhan dan juga beberapa orang yang mendukung pembuatan makalah. Untuk menuliskan orang-orang yang berkontribusi di dalam makalah Anda juga tidak bisa sembarangan. Anda harus mengurutkannya dari yang jabatannya paling tinggi.

Biasanya, pembuka kata pengantar ini terdiri dari dua paragraf sehingga Anda bisa menggunakannya dan mengungkapkan kata-kata pembuka lebih luas lagi. Pembuka ini sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi diri Anda sendiri dan juga pihak yang membantu sehingga makalah bisa selesai dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

 

Baca juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik & Benar

Isi

Pentingnya Kata Pengantar untuk Makalah Anda 1

Yang berikutnya adalah isi. Pada bagian ini Anda bisa mengungkapkan apa saja isi dari makalah Anda secara garis besar. Apa yang menjadi inti dari penelitian Anda bisa diungkapkan di sana. Dengan ini maka para pembaca akan tahu apa bahasan selanjutnya yang bisa dibaca oleh para pembaca ini. Akan mengarah ke mana makalah ini, dan apa tujuan penulis menulis makalah ini.

Namun ingat, kata-kata yang digunakan harus yang singkat dan tidak bertele-tele. Usahakan isi yang Anda buat ini sesuai dengan makalah itu sendiri akan tetapi jika digabung dengan struktur yang lain tidak perlu lebih dari satu halaman, jadi perlu diingat untuk membuat yang isinya padat dan jelas.

 

Baca juga  Beberapa Rintangan Besar dalam Menulis & Cara Mengatasinya

Penutup

Dan yang terakhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini Anda bisa menuliskan berbagai hal sebagai penutup kata pengantar sekaligus membuka lembaran maka Anda. Pada tahap ini Anda bisa mengungkapkan kalimat permintaan maaf apabila di dalam makalah masih banyak kekurangan yang mungkin hanya kecik tetapi sangat berarti.

Ungkapkan juga bahwa kritik dan saran juga diterima untuk pembuatan makalah yang lebih baik. Sampaikan pula harapan bagi para pembaca agar makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka. Pada bagian bawah bisa Anda tuliskan tempat dan waktu penulisan makalah agar lebih jelas untuk dibaca pembaca.

Itulah ketiga bagian utama dari kata pengantar untuk makalah yang mana di sana terdapat beberapa informasi pembuka dan menjadi pengantar pembaca untuk membaca keseluruhan makalah. Kini Anda seharusnya Anda bisa membuatnya sendiri. Anda kini tidak perlu lagi bingung membuatnya bagaimana dan harus seperti apa. Pada umumnya memiliki format yang sama hanya beberapa kata-kata saja yang diganti sesuai dengan makalah yang Anda miliki. Semoga beberapa informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna untuk kita semuanya.

Pentingnya Kata Pengantar untuk Makalah Anda 2

Baca juga  Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan