Karir   

Proses Kuliah Online Widyatama


 kuliah online widyatama

Selama pandemi, hampir semua instansi pendidikan menerapkan daring atau belajar online dari rumah masing-masing. Anda cukup menyediakan modal kuota dan ponsel untuk mendapatkan materi kuliah dari pendidik.

Tak heran apabila mereka mengeluhkan kuota yang boros tetapi hal tersebut wajib diterapkan agar penularan virus tidak marak. Kampus Widyatama juga kini memudahkan mahasiswanya dalam sistem perkuliahan.

Proses Kuliah Online Widyatama 1

Proses kuliah online widyatama yang diberikan yaitu

  1. Pembelajaran Hybrid

Pada proses ini, kuliah dilakukan dengan dua cara yaitu tatap muka sebanyk 25% dan sistem online sebanyak 75%. Untuk pertemuan pertama dilakukan pengenalan dari dosen kepada mahasiswa, sesama mahasiswa dan pemberian materi selama 1 semester ke depan. Tatap muka kedua dilakukan untuk memberikan tes UTS, dan tatap muka ketiga dilakukan UAS. Nah, dengan demikian, para mahasiswa tetap aman belajar selama pandemi tanpa kecewa karena membayar full tetapi tidak bisa kuliah tatap muka.

  1. Pembelajaran yang Direkam

Disebut juga dengan Asynchronous Learning yaitu sebuah metode pembelajaran online yang diberikan oleh dosen dengan materi sesuai dengan konsep rekaman lewat video, presentasi atau bentuk handout yang bisa dikirm lewat sebuah grup pembelajaran yang diinginkan. Proses belajar ini memang dirasakan menjenuhkan tetapi sisi baiknya adalah materi yang diberikan sangat lengkap sehingga mahasiswa tidak perlu kebingungan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.

Dosen memberikan detil setiap penjelasan mata kuliah tanpa risiko tertular.

  1. Pembelajaran secara Langsung
Baca juga  Cara Memperoleh Uang dari Kegiatan Menulis

Merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online tetapi dengan zoom meeting, tatapan muka antara dosen dengan mahasiswa akan terjadi dalam layar penuh. Dosen akan menerangkan materi dan menerima pertanyaan yang diajukan setelah selesai. Ketika ada mahasiswa belum paham akan materi tertentu maka di akhir sesi penjelasan dosen bisa mengumpulkan semua pertanyaan dan menjawabnya satu per satu.

Mahasiswa wajib fokus karena dosen yang menjelaskan tidak bisa mengulang kembali materi yang telah diberikan kecuali mahasiswa merekamnya.

  1. Pembelajaran dengan Kolaborasi

Ketika awal masuk kuliah, saat perkenalan dilakukan, dosen akan membagi jumlah mahasiswa ke dalam bentuk kelompok. Masing-masing kelompok wajib punya leader atau ketua, nah tugas ketua ini adalah memberikan materi berasal dari dosen untuk dibagikan. Ketika ketua sudah paham dengan isi kuliahnya, dia wajib mengajarkan ke teman lainnya.

Dosen wajib memberikan penjelasan kepada ketua kelompok dengan tatap muka ketika materi kuliahnya dirasakan sulit, maka pemilihan ketua ini sebaiknya dikhususkan untuk mereka yang punya kemampuan akademik lumayan.

  1. Sistem Mandiri
Baca juga  3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan

Untuk sistem belajar mandiri ini mahasiswa dibekali dahulu dengan LMS yang akan menyesuaikan dengan kecepatan dan waktu masing-masing. Tidak semua mahasiswa yang masuk ke kampus widyatama punya kesamaan waktu, ada kalanya mereka sedang bekerja sambilan di sore hari sehingga paginya dipakai untuk melakukan kuliah online.

Kendati demikian, dosen akan memberikan materi sesuai dengan jurusan yang diambil. Setiap materi kuliah akan dikemas secara manual dan diberikan secara online.

  1. Sistem Personal

Merupakan sebuah cara belajar online yang menyesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan mahasiswa lewat bantuan teknologi informasi. Dalam hal ini, dosen telah mempersiapkan segala materi selama 2 semester dan diberikan penuh kepada mahasiswa untuk dipelajari sesuai dengan jadwal, dan kelegaan waktu masing-masing.

Metode ini cocok dipakai untuk mahasiswa yang bekerja full time di luar kuliah. Tugas dikumpulkan di akhir pekan sehingga tidak mengganggu waktu kerja mahasiswa.

Proses Kuliah Online Widyatama 2

Mungkin banyak pihak yang mengeluhkan kuliah online atau daring ini tidak efektif dalam menerima materi tetapi di kampus kami menerapkan banyak metode belajar online yang bisa dipilih dan hasilnya tetap maksimal layaknya kuliah tatap muka. Metode yang kami pakai selalu baru dan terjalin sistem komunikasi dua arah yang begitu dekat. Jika mahasiswa kurang paham dengan materi bisa menghubungi rekan sejawat sejurusan atau langsung bertanya dengan dosen pengampunya.

Untuk mendapatkan berbagai program belajar yang mendukung, Anda bisa masuk dan registrasi ke halaman Widyatama. Setiap situs akan menghubungkan Anda dengan dosen pengampu. Kualitas pembelajaran tetap akan terukur dengan baik berkat metode dan layanan maksimal.

Proses Kuliah Online Widyatama 3

Baca juga  Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket