Karir   

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini


Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 1

Ketika kita mendengar seorang bocah kecil menguasai 10 bahasa dengan lancar, atau siswa SD yang bisa berhitung dengan cepat dan tepat, kita langsung bertanya : apakah mereka terlahir dengan talenta yang ajaib? Lahir langsung jadi manusia cerdas seperti itu?

Banyak mitos dan kebohongan yang memperbodoh masyarakat. Semua itu jelas sebuah ketidakbenaran, namun sebagian orang terus mempercayainya. Nyatanya, anggapan bahwa kecerdasan itu bawaan tidak sepenuhnya benar.

Justru yang benar adalah semua manusia memiliki potensi untuk jadi cerdas. Inilah konsep pertama dan terutama yang harus dipegang. Semua anak bisa jadi pintar dan berhasil secara intelektual maupun akademik.

Lantas apa yang membuat sebagian orang terlihat sangat cerdas, sedang yang lain biasa-biasa saja? Ada yang bahkan tidak naik kelas, selalu mendapat nilai jelek dan terus menerus gagal ujian.

Inilah rahasianya. Orang-orang cerdas melakukan kebiasaan dan tindakan yang berbeda dari mereka yang biasa-biasa saja. Itulah kenyataan yang harus diterima, namun jarang diketahui.

Lantas apa kebiasaan, kondisi dan sistem yang mampu melahirkan orang-orang cerdas, pandai serta bermutu? Berikut adalah rahasia terbesar yang seharusnya diketahui oleh siapa saja agar tak terus hidup dalam ketidaktahuan yang selama ini menyelimuti mereka.

Orang Cerdas Suka Membaca

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 3

Membaca adalah salah satu anugerah terbesar umat manusia. Dengan adanya kemampuan baca tulis, spesies kita mampu berkembang dengan baik. Literasi memungkinkan adanya transfer ilmu, perkembangan sastra serta lompatan pengetahuan yang tidak terkira.

Sayang sekali bahwa banyak orang masih tidak suka membaca. Mereka menganggap aktivitas ini melelahkan, tidak berguna, pasif dan kurang menantang. Padahal mereka hanya malas. Orang cerdas suka membaca, maka kemampuan, wawasan, pengetahuan dan kepandaian mereka meningkat dengan cepat.

Baca juga  5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda

Dalam sebuah artikel berjudul 7 Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar, catatanadi.com mengungkapkan bagaimana membaca merupakan sebuah aktivitas dengan berbagai benefit yang luar biasa.

Jikalau membaca terasa membosankan, maka ada beberapa hal yang salah. Mungkin orang salah memilih buku, membaca di saat yang tidak tepat, tidak tertarik dengan topik yang dibahas atau memang tidak merasa perlu untuk membaca.

Inilah kesalahan terbesar sebagian besar orang rata-rata. Mereka terlalu pemilih. Mereka akan dengan mudah mengatakan bahwa topik ini tidak berhubungan dengan kehidupan, profesi dan ambisi mereka. Sedang orang cerdas membaca apa saja. Elon Musk suka membaca, begitu pula dengan orang-orang hebat lainnya. Bahkan mereka memiliki waktu khusus untuk menikmati buku-buku tanpa gangguan.

 

Orang Cerdas Membangun Lingkaran yang Tepat

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 4

Jika ada seorang pria yang suka Liverpool, menggandrungi musik classic rock serta berasal dari Surabaya, maka dengan mudah ia mencari orang-orang yang terdiri dari sesama penggemar Liverpool atau penikmat musik klasik. Atau ketika merantau ia akan mencari mereka yang berasal dari kota yang sama.

Hal yang sama juga ada di dalam kehidupan semua orang. Kita membangun lingkaran karena dua hal : terpaksa atau punya kesamaan. Suka tidak suka, kita akan bergabung dengan orang-orang di kantor atau mereka yang berada di proyek yang sama dengan kita. Namun di luar itu, kita bisa memilih siapa sahabat-sahabat kita.

Jika ingin cerdas, memiliki visi yang jelas, berwawasan tinggi dan dekat dengan kesuksesan, maka carilah lingkarang yang terdiri dari orang-orang yang sama. Dengan lingkaran yang tepat, seseorang akan termaksimalkan potensinya.

Dunia olahraga, khususnya sepakbola adalah contoh terbaik mengenai hal ini. Banyak pemain hebat gagal bersinar di klub besar. Bukan karena tim itu abal-abal, tetapi hanya saja bukan lingkaran yang tepat untuk mereka. Thierry Henry gagal bersinal di Juventus, tetapi begitu pindah ke London, si pangeran Perancis berhasil membuat Arsenal jadi klub yang sangat ditakuti.

Baca juga  Kejernihan Pikiran Awal Kesuksesan

Memilih lingkaran yang tepat merupakan langkah awal yang baik. Jangan sampai justru berada di tengah gerombolan para toxic yang hanya mampu merendahkan serta menggunjing orang lain. Mereka sangat tidak bermanfaat.

 

Orang Cerdas Tidak Takut Membuat Kesalahan

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 5

Practice makes better. Itulah semboyan yang selalu dipegang oleh orang cerdas. Thomas Alva Edison berkali-kali gagal dan bahkan sempat bangkrut, tetapi ia tidak menyerah. Kesalahan adalah sebuah pencarian untuk mendapatkan kebenaran dan kesuksesan.

Jangan takut membuat kesalahan. Mencoba adalah sebuah tindakan untuk memastikan apakah wawasan dan pengetahuan yang dimiliki sudah cukup mumpuni. Mereka yang tidak pernah mencoba justru memenjarakan potensi yang dimiliki.

Bill Gates tidak takut untuk mencoba. Perjalanan karirnya tak selalu mulus. Namun pada akhirnya semua harus mendongakan kepala ke atas untuk bisa melihatnya berkibar di puncak.

Hal yang sama juga bisa kita pelajari dai Jack Ma. Seorang mantan pengangguran dari keluarga sangat miskin di Cina. Ia mencoba segalanya untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggrisnya ataupun insting bisnisnya. Kini, dia menjadi contoh sukses seorang bocah miskin yang bangkit dari keterpurukan lalu jadi salah satu orang terkaya di planet ini.

 

Orang Cerdas Selalu Bekerja Keras

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 6

Orang cerdas tidak mau berpuas diri. Mereka akan terus menjaga hasrat untuk selalu ingin lebih baik lagi. Mereka belajar. Mereka berjuang. Mereka meningkatkan kualitas diri mereka.

Maka jangan heran akan selalu ada orang cerdas yang membaca buku di perpustakaan, mendaftar kursus bahasa Perancis, membeli kartu anggota klub penelitian ilmiah atau berlangganan website edukasi berbayar. Mereka tak mau berpuas diri.

Baca juga  Tips pemula untuk menjadi seorang photographer

Inilah ciri orang cerdas berikutnya sekaligus sesuatu yang bisa dikembangkan oleh semua orang yang juga ingin menjadi lebih pandai dari sebelumnya. Sekali seseorang berpuas diri maka potensinya untuk meningkat akan berhenti.

Jadi jelas bahwa bukan pembawaan lahir yang membuat orang cerdas sempurna. Faktor itu tidak absolut. Keinginan dan motivasi besar mereka adalah modal yang jauh lebih penting.

Seorang yang cerdas akan selalu memfokuskan diri pada cita-citanya, pada ambisinya. Bukan membiarkan potensinya mati sia-sia dalam pemikiran dan alam bawah sadar mereka. Mereka berani mengejar apa yang mereka idam-idamkan serta seiring dengan hal itu menjadi lebih pintar lagi dan lagi.

Marie Curie habis-habisan dalam upayanya menyelesaikan pendidikan. Sebagai wanita di jaman itu, tantangan dan hambatan meraih pendidikan tinggi sangat besar. Apakah ia menyerah pada nasibnya sebagai seorang perempuan yang ditindas sistem kolot? Tidak! Ia berhasil dan bahkan dunia mengganjarnya dengan dua kali Nobel. Dia adalah orang pertama yang berhasil meraih dua kali Nobel untuk dua bidang berbeda. Sesuatu yang sangat sulit dicapai lelaki manapun juga di planet ini.

Albert Einstein juga adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Dia seorang yang fokus dan pantang menyerah. Semangatnya membara dan ambisinya memandunya untuk meraih kesuksesan besar.

Jikalau Anda mampu menempatkan ambisi positif serta berjuang meraihnya dengan sungguh-sungguh maka kesuksesan akan menjadi milik Anda. Wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki juga akan berkembang dengan pesat, sehingga secara otomatis Anda menjadi orang cerdas berikutnya.

Manusia Tidak Terlahir Pintar, Mereka Menjadi Cerdas Karena Melakukan Hal Ini 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments