Karir   

Pengertian dan Contoh Teks Diskusi


 contoh teks diskusi

Contoh teks diskusi dibuat sebagai bahan diskusi yang mana menjadi kegiatan seru, sebab membahas topik tertentu yang bisa melatih kemampuan Anda dengan tema diskusi yang diulas. Pasalnya, aktivitas diskusi ini Anda akan memperoleh ilmu pengetahuan baru dari diskusi tersebut. Adanya teks diskusi bertujuan sebagai panduan terhadap topik diskusi yang diurai.

Sebelum menampilkan beberapa contoh tentang teks diskusi itu seperti apa. Pertama-tama yang akan dijelaskan adalah pengertian teks diskusi. 

Pengertian Teks Diskusi

Adapun pengertian diskusi ialah suatu pertemuan ilmiah dimana Anda dapat bertukar pikiran terhadap sebuah masalah. Sementara teks diskusi adalah teks yang berisi pemikiran dari kedua pihak, pendapat ini terbagi jadi dua, yakni pendapat yang pro dan kontra terhadap konflik pada topik yang didiskusikan.

Di tahap ini dinamakan dengan masalah yang disertai opini, disitulah terjadinya sebuah diskusi pada isu atau persoalan yang berhubungan dengan topik antara pihak pro dan kontra. Pendapat pro merupakan pihak yang sejalan dengan tema yang dibahas.

 

Contoh Teks Diskusi Berbagai Topik

Pengertian dan Contoh Teks Diskusi 1

Contoh Mengenai Internet dan Dunia Pendidikan

Keberadaan internet saat ini memberi banyak keuntungan dari sisi manapun bagi masyarakat secara luas. Kemudahan dalam mendapatkan informasi dari manapun entah itu positif atau negatif dapat diperoleh melalui jaringan internet tentunya. Segala kalangan bisa mengambil manfaatnya termasuk pelajar. Bagi pelajar pun internet memiliki pengaruh positif dan negatif.

Untuk efek positif bagi pelajar, membuat para murid bisa mendapatkan banyak ilmu yang dapat dipelajari melalui bantuan internet. Sebagian besar tugas sekolah sekarang ini lebih cenderung dikerjakan menggunakan internet. Terlebih disaat pandemi ini, akan tetapi yang mesti dijaga ialah pelajar memakai internet ini harus lebih bijak.

Kendati demikian, internet pun bisa memberi dampak buruk untuk pelajar misalkan konten judi, sara, pornografi, dan lainnya. Apalagi situs-situs seperti ini makin mudah ditemukan di internet. Terlebih lagi situs ini tidak hanya mempengaruhi pengguna internet dewasa, tapi kalangan pelajar juga. Hal ini terjadi karena situs tersebut diduga dikunjungi pula oleh pelajar yang kebanyakan masih dibawah umur.

Oleh sebab itu, perlu adanya himbauan untuk semua pihak ikut menyelesaikan masalah tersebut. Terutama para orang tua dan guru supaya bekerja sama untuk mencegah pengaruh negatif yang muncul dari internet. Setidaknya Anda mengawasi anak-anak dan memilihkan konten yang berkualitas di internet.


Contoh Tentang Menanggulangi Sampah

Sudah sejak lama persoalan sampah menumpuk memang sangat mengganggu. Terlebih sampah sendiri dapat menimbulkan dampak yang tidak baik. Seperti dapat menyebabkan penyakit atau banjir. Di sejumlah wilayah masalah penanggulangan sampah ini pun menjadi bahasan penting. Hal ini menjadi perdebatan yang terjadi sejak dulu.

Menurut sebagian besar orang, sampah sesuatu hal yang tidak dibutuhkan lagi. Karena itu sudah sepatutnya bila sampah-sampah itu cepat dimusnahkan dengan dibakar. Akan tetapi, berbeda bagi pecinta alam, dengan membakar sampah cuma menimbulkan problem baru. Asap dari pembakaran itu akan menimbulkan polusi udara, sehingga membuat lapisan ozon menipis.

Bagi penggiat serta aktivis lingkungan, dalam mengatasi sampah ini bisa dilakukan menggunakan sistem daur ulang atau komposting. Dimana sampah-sampah organik berupa sisa buah, daun, ranting, dan lainnya dapat dimanfaatkan kembali untuk dibuat kompos. Sementara sampah non organic dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan.


Contoh Perihal Virus Corona

Hampir sebagian besar penduduk di dunia terkena virus Corona atau Covid-19. Apalagi virus ini telah banyak memakan korban, tentunya kondisi ini harus ditangani dengan serius dan cepat. Keberadaan virus ini di Indonesia pun masih masif, terlebih lagi kebanyakan para warga acuh terhadap protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah. 

Adapun yang menanggapi keberadaan Covid-19 ini sebagai sebuah teguran dari Tuhan untuk menyadarkan umat manusia. Sejalan dengan hal itu, akan lebih baik lagi bila seluruh warga tetap mematuhi aturan pemerintah setempat. Jadi, kurangilah kegiatan di luar rumah serta selalu terapkan PHBS. 

Di satu sisi Virus Corona memberi manfaat untuk masyarakat dimana Anda bisa jadikan ini teguran dan senantiasa ingat pada Tuhan serta selalu bersyukur. Namun disisi lainnya virus ini banyak merugikan masyarakat, misalnya banyak warga yang menjadi pengangguran dan bahkan banyak penderita virus Covid-19 yang meninggal dunia karena virus kasat mata ini.

Penjabaran di atas merupakan pengertian serta contoh diskusi secara singkat. Dari uraian ini dapat Anda jadikan acuan dalam pembuatan contoh teks diskusi yang akan Anda buat untuk kelompok diskusinya. 

Pengertian dan Contoh Teks Diskusi 2

Baca juga  5 Dampak Negatif Jika Bekerja Terlalu Berlebihan

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket