Karir   

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja & Fungsinya


surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja menjadi bukti bahwa seseorang pernah atau sedang bekerja secara profesional di sebuah perusahaan. Surat ini adalah bukti tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan dan memiliki fungsi penting untuk berbagai keperluan. Lantas, seperti apa surat keterangan kerja yang benar? Yuk, simak penjelasannya.

Fungsi Surat Kerja

Sebelum membahas komponen pada surat kerja, kamu harus mengetahui apa saja fungsi surat kerja.

Syarat Pengajuan Kredit

Surat keterangan kerja adalah salah satu syarat dalam dokumen pengajuan kredit. Baik itu pinjaman dari bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Melalui surat kerja ini, kreditur dapat membuktikan profesinya dan besaran gaji yang diterima setiap bulan melalui slip gaji. Dari slip gaji dan surat kerja inilah, pihak bank atau lembaga keuangan akan memberi keputusan besaran pinjaman yang dapat diambil.

Pengajuan Beasiswa

Saat ini tidak sedikit beasiswa yang memasukkan surat kerja ke dalam persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Surat ini berfungsi untuk membuktikan bahwa pelamar beasiswa memiliki pengalaman kerja sesuai dengan kualifikasi yang diberikan.

Syarat Masuk Perguruan Tinggi untuk Kelas Khusus Karyawan

Bagi karyawan yang hendak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta, biasanya akan diminta untuk melampirkan surat keterangan kerja. Kelas khusus karyawan ini biasanya dilangsungkan ketika sore atau malam hari.

Proses Pelamaran Kerja

Surat kerja juga dibutuhkan dalam pelamaran kerja. Biasanya tingkatan yang membutuhkan surat kerja adalah level supervisor, manager, dan level di atasnya. Surat inilah yang menjadi bukti bahwa pelamar kerja memiliki pengalaman kerja dalam kurun waktu tertentu. Melalui surat kerja ini pula, pelamar dapat membuktikan kemampuan dan track record-nya.

Pencairan Dana Asuransi

Setiap perusahaan lazimnya memiliki asuransi bagi karyawannya. Asuransi ini bisa berbentuk asuransi kesehatan dan tabungan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Nah, untuk bisa mencairkan asuransi kesehatan setelah pensiun atau pengunduran diri, dibutuhkan beberapa dokumen yang jadi persyaratan. Salah satunya adalah surat kerja dari perusahaan.

 

Baca juga  Cara Membuat Kata Pengantar Laporan

 

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja & Fungsinya 1

Pada dasarnya, surat keterangan kerja diterbitkan oleh pihak perusahaan. Untuk bisa mendapatkan surat kerja, karyawan hanya perlu mengajukan permintaan ke HRD. Kendati demikian, beberapa perusahaan menyerahkan tugas pembuatan surat kerja kepada karyawan yang bersangkutan. Setelah surat kerja selesai dibuat, barulah surat tersebut disahkan dengan cap dan tanda tangan dari pemimpin perusahaan.

Dalam pembuatan surat kerja yang benar terdapat beberapa komponen yang harus disertakan. Supaya kamu tidak keliru sewaktu diminta membuat surat keterangan kerja, berikut ini beberapa komponen penting yang tidak boleh dilewatkan.

  • Kop surat
Baca juga  6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan

Surat kerja haruslah mempunyai kop surat yang terletak di atas dan bawah surat. Kop surat terdiri dari nama perusahaan, logo, alamat, dan kontak perusahaan tempatmu bekerja.

  • Nomor dan perihal surat
  • Tanggal dibuatnya surat kerja

Ada dua bagian yang bisa digunakan untuk menempatkan tanggal dibuatnya surat kerja. Yakni bagian atas maupun bawah surat. Pada bagian atas, tanggal pembuatan surat bisa diletakkan setelah nomor dan perihal surat. Sementara di bagian bawah, tanggal pembuatan surat kerja diletakkan sebelum tanda tangan pimpinan perusahaan.

  • Identitas diri pemimpin perusahaan
Baca juga  Cara Membuat & Contoh Kata Pengantar yang Baik

Sebagai pemberi pernyataan, identitas diri pemimpin perusahaan pun harus dicantumkan. Identitas ini terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan jabatan.

  • Identitas karyawan

Identitas karyawan yang bersangkutan terdiri dari nama, alamat, e-mail, nomor telepon, jabatan, dan lama waktu bekerja.

  • Keterangan penilaian dari pemberi pernyataan

Surat keterangan kerja haruslah memuat penilaian dari pemberi pernyataan atas jabatan tersebut. Begitu pula ketika karyawan tersebut mengundurkan diri, alasan berhenti bekerja bisa dicantumkan dalam surat kerja.

  • Tanda tangan pimpinan perusahaan

Komponen terakhir adalah tanda tangan dari pimpinan perusahaan sebagai pemberi pernyataan. Tanda tangan dapat diperkuat dengan adanya cap perusahaan.

Setelah mengetahui fungsi dan komponen apa saja yang terdapat dalam surat kerja, kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat surat keterangan kerja yang benar, pastikan semua komponennya terlampir, ya.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja & Fungsinya 2

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan